Tips SEO Untuk Desain Blog – SEO menjadi aspek penting yang menjadi acuan dalam perkembangan sebuah blog. Apapun kepentingan pengembangan blog tersebut tentu tidak bisa lepas dari optimisasi SEO (search engine optimization) agar dapat ditolong oleh mesin pencari dalam hal pencarian trafik, sekaligus lebih ramah bagi mesin pencari dan bisa mendapatkan pagerank yang tinggi.

Di samping mengisi konten dengan artikel, desain blog juga menjadi elemen penting hingga sejauh mana perkembangan blog tersebut. Desain menjadi ciri khas sendiri setiap blog, apapun theme/template yang digunakan. Tetapi ada berbagai acuan yang harus kita gunakan agar penggunaan desain yang kita terapkan di blog kita juga tidak mengganggu optimisasi SEO yang sedang kita perjuangkan.

Kebanyakan orang mungkin mengira bahwa SEO itu bisa dioptimasi hanya dengan mengumpulkan backlink, menggunakan keyword yang tepat, dan sebagainya. Namun, ternyata desain blog yang dipakainya juga ternyata berpengaruh pada sejauh mana tingkat kualitas SEO yang selama ini ia bangun. Maka dari itu jangan heran jika blog Anda sudah memiliki Alexa Rank yang ‘ramping’, sudah memiliki banyak backlink berkualitas, keyword yang tepat dan banyak dicari, namun Google Pagerank Anda masih jauh dari dugaan dan harapan Anda.

Salah satu hal yang membuatnya mungkin adalah desain blog yang Anda terapkan di dalam blog Anda. Desain blog yang saya maksud idealnya wajib memenuhi kriteria di bawah ini pada umumnya:

BACA JUGA:  Tips SEO Dasar: Membuat Artikel SEO Friendly

Faktor-faktor di atas sebagian besar mempengaruhi tingkat perkembangan SEO Anda mewakili desain blog yang Anda terapkan. Coba periksa dulu apakah theme/template yang Anda gunakan saat ini sudah  mengandung 5 elemen tersebut? Jika belum atau malah belum mengerti apa-apa saja itu, silahkan baca keterangannya masing-masing di bawah ini:

Menu Navigasi Blog

Menu navigasi memang tidak secara langsung mempengaruhi SEO. Namun, kejelasan menu navigasi (seperti menu horizontal di bawah judul blog mengenai setiap kategori di blog Anda) disukai oleh robot mesin pencari seperti Google yang selalu merayapi konten baru yang tersedia di blog Anda. Menu Navigasi juga diharuskan oleh Google ketika Anda ingin mengajukan diri untuk mendaftarkan Google Adsense dengan alasan untuk mempermudah pengunjung Anda mencari-cari artikel yang mereka butuhkan di blog Anda, .

Loading Blog

Kecepatan loading blog Anda akan lebih disukai oleh mesin pencari. Intinya, robot mesin pencari akan selalu mendatangi blog Anda setiap ada konten baru, dan memeriksa apa saja yang perlu dioptimalisasi jika Anda sudah mendaftarkannya di Google Webmaster. Alasan mesin pencari menyukainya karena, mesin pencari memasukkan sebuah konten ke dalam hasil pencarian karena dibutuhkan oleh pencari informasi, dan pencari informasi pada umumnya lebih nyaman dengan sebuah blog yang memiliki loading cepat ketika dibuka.

BACA JUGA:  5 Topik Blog yang Disukai Pembaca

Matt Cutt (ahli SEO Google) juga mengatakan bahwa loading blog mempengaruhi SEO suatu blog, walaupun tidak sebesar pengaruh tulisan yang berkualitas. Jadi jika Anda memiliki tulisan yang berkualitas di dalam blog Anda, kenapa membiarkannya lambat ketika hendak diakses?

Breadcrumb

Breadcrumb ini menunjukkan bagaimana jalur lintas sebuah artikel bisa diakses oleh pengunjung blog. Pada dasarnya, breadcrumb juga tampil di mesin pencarian, yang memudahkan pengunjung untuk mengetahui di bagian mana (kategori mana) artikel itu tersimpan, dan kemudian akan memudahkan mereka sampai kesana. Breadcrumb juga digunakan untuk optimasi SEO sebuah blog, oleh karena itu breadcrumb menjadi bagian penting sebuah theme/template blog. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang breadcrumb atau ingin membuatnya untuk blog Anda, silahkan baca tulisan saya: Fungsi dan Cara Membuat Breadcrumb.

Sitemap

Elemen ini harusnya sudah diketahui oleh setiap blogger. Sitemap merupakan sesuatu yang sangat penting bagi sebuah blog, yang benar-benar harus dipenuhi. Sitemap merupakan sebuah daftar isi apa-apa saja yang ada di dalam blog Anda. Oleh karena itu, sitemap menjadi kebutuhan tersendiri oleh blog Anda, dan robot mesin pencari, terutama bagi pengunjung Anda agar lebih mudah membongkar isi blog Anda. Sitemap memberikan kemudahan bagi robot mesin pencari untuk mengindeks konten blog Anda agar masuk ke dalam hasil pencarian, sehingga memiliki Sitemap merupakan kewajiban bagi setiap blogger dan perjuangan SEO-nya. Silahkan baca Cara membuat Sitemap.

BACA JUGA:  5 Langkah Awal Membuat Blog

Content Area

Content Area itu maksudnya wilayah dimana konten penting Anda diletakkan di bagian blog Anda. Kebanyakan blogger lebih suka ukuran sidebar yang lebih besar, agar lebih leluasa meletakkan berbagai widget (sebagian besar widget yang kurang penting) dan iklan untuk meraup uang. Google sangat menganjurkan agar content area lebih diperbesar ukurannya, karena pengunjung datang bukan untuk melihat iklan, widget, dan elemen pendukung lainnya, melainkan ingin melihat konten yang mereka cari di blog Anda.

Itulah tips SEO untuk desain blog yang bisa saya bagikan di tulisan ini. Keindahan desain blog memang suatu kelebihan tersendiri dari sebuah blog, namun efektivitasnya dalam SEO ternyata jauh lebih penting ketimbang terlihat bagus tapi struktur SEO-nya carut-marut. Itulah tips yang bisa saya berikan sekarang ini, selamat mencoba! đŸ˜€

SHARE
Artikel Sebelumnya5 Plugin SEO WordPress Terbaik
Artikel SelanjutnyaCara Menginstall WordPress Langsung di Hosting
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR