(Google.com)
(Google.com)

5 Cara Efektif Menghasilkan Tulisan Berkualitas – Menghasilkan tulisan berkualitas merupakan impian setiap blogger agar blog-nya lebih banyak pembaca setia dan blog-nya menjadi cepat terkenal. Banyak orang takut tidak bisa menghasilkan tulisan berkualitas karena ia merasa tidak punya bakat dalam menulis. Hal itu juga mempengaruhi dirinya dan kemudian merasa jenuh untuk melanjutkan aktivitas blogging. Di sisi lain, bahkan sebelum menulis pun kebanyak blogger sudah jenuh dan terkesan malas untuk menjadikan idenya menjadi sebuah tulisan hingga akhirnya terjadilah tindakan copy-paste.

Bagi kita pemula atau belum cukup pengalaman sebagai blogger, ada 5 cara efektif menghasilkan tulisan berkualitas yang patut kita coba. Apa-apa saja 5 cara efektif untuk menghasilkan tulisan berkualitas? Berikut:

1. Pengaruhi Pembaca dengan Judul Tulisan Anda

Sebelum pembaca membaca sebuah tulisan, hal pertama yang menarik perhatian mereka adalah judul tulisan tersebut. Banyak orang akan menjadi penasaran dengan isi tulisan Anda dengan judul yang unik yang akhirnya mengarahkan mereka untuk mebaca tulisan Anda. Buatlah judul yang unik, judul yang merepresentasikan cara-cara tentang berbagai hal yang Anda kuasai, judul yang kontroversial, judul tentang sesuatu yang sedang tren, judul tentang perbandingan suatu hal dengan hal lain (misalnya: Kelebihan WordPress dibandingkan Blogger), dan sebagainya.

Intinya Anda harus perhatikan betul judul untuk tulisan Anda karena judul yang paling menarik perhatian pembaca untuk membaca tulisan tersebut. Meskipun tulisan Anda bagus tetapi judul yang Anda pakai sangat biasa atau basi, pembaca tidak tertarik dengan tulisan Anda padahal mereka bahkan belum membaca satu paragraf pembuka pun dari tulisan Anda. Bagian ini menjadi langkah pertama menghasilkan tulisan berkualitas.

BACA JUGA:  Tips Blogging: Hal-Hal Penting Yang Wajib Anda Penuhi

2. Lakukan Riset Sebanyak Mungkin ke Berbagai Sumber Tentang Topik yang Anda Tulis

Hal ini mempengaruhi penguasaan topik tulisan yang akan Anda tulis. Lakukanlah riset sebanyak mungkin karena hal tersebut lebih memudahkan Anda untuk mengembangkan ide dan alur tulisan Anda seluas mungkin. Dengan banyaknya riset yang Anda lakukan maka Anda semakin menguasai topik yang Anda tulis. Hal itu membuat tulisan Anda tidak terkesan asal-asalan karena Anda menguasai betul topik tersebut. Dengan melakukan riset sebanyak mungkin maka Anda dapat menghasilkan tulisan berkualitas tidak hanya untuk blog Anda tapi juga untuk berbagai jenis penulisan lain seperti essay, creative-writing, suara mahasiswa di koran, dan sebagainya. Tulisan berkualitas bisa dibuat jika Anda 80%+ menguasai topik yang Anda angkat untuk ditulis.

3. Ketahuilah Kebutuhan Pembaca

Apa yang dibutuhkan oleh pembaca? Apa yang mereka cari sehingga Anda mengharapkan agar mereka menemukannya di blog Anda? Cari tahulah apa kebutuhan pembaca. Buatlah blog Anda menjadi target ke pembaca yang memiliki kebutuhan mengenai suatu topik. Banyak orang menyukai musik dan memerlukan hal terbaru tentang musik, maka tulislah tentang musik. Banyak orang mencari tips kesehatan di luar sana, cobalah tulis tips kesehatan jika Anda menguasainya. Intinya cari tahu apa yang mereka butuhkan.

BACA JUGA:  5 Hal Penting Menjadi Guest Blogger

Perbanyaklah mengunjungi media internet lainnya dan bacalah salah satu artikel yang paling banyak dikomentari. Baca komentarnya, jika mereka mengharapkan jawaban atau jalan keluar atas suatu topik maka tulislah jawaban tersebut di blog Anda. Lakukan langkah 1 dan 2 di atas sebelumnya. Dengan mengetahui kebutuhan pembaca maka Anda akan lebih mudah membuat tulisan berkualitas yang benar-benar dibutuhkan banyak orang.

4. Promosikan Tulisan Anda

Setelah Anda mengetahui kebutuhan pembaca Anda dan sudah memiliki jawabannya, lakukan promosi. Anda bisa mempromosikan tulisan Anda untuk menjawab kebutuhan pembaca yang ada di forum online, dan media online lainnya. Lakukan promosi melalui media sosial. Terkadang banyak teman Anda yang mengupdate status facebook atau tweet di twitter mengenai sesuatu yang mereka butuhkan. Silahkan jawab kebutuhan mereka dan promosikan tulisan Anda kepada mereka. Mereka akan sangat berterima kasih kepada Anda dan hal ini dapat membantu proses PDKT Anda dengannya jika memang Anda sedang PDKT :p Rajinlah memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan tulisan berkualitas yang sudah Anda buat. Jika tidak ada yang baca, walaupun tulisan berkualitas sudah berhasil Anda buat maka tetap saja sia-sia.

BACA JUGA:  Cara Mengetahui Apakah Website Anda di-Banned Google Adsense

5. Buat Tulisan yang Mudah dan Enak Dibaca

Jangan terlalu banyak menggunakan istilah-istilah asing atau istilah ilmiah yang jarang diketahui orang banyak. Ingat siapa target Anda. Selain itu kurangi kepadatan paragraf yang Anda gunakan. Buatlah paragraf dengan isi baris maksimal 5 kalimat. Jangan terlalu panjang karena pembaca umumnya menjadi malas terlebih dahulu karena menganggap tulisan Anda terlalu panjang.

Dengan paragraf yang padat dan panjang, maka tulisan Anda akan terkesan begitu panjang dan membuat pembaca lebih dulu merasa malas. Selain itu jangan membuat ukuran tulisan yang terlalu besar atau pun terlalu kecil agar tulisan lebih enak dibaca. Intinya buatlah tulisan yang mudah dan enak dibaca dengan cara Anda sendiri karena jika tidak maka sebagus apapun tulisan mengenai suatu topik yang Anda tulis tidak akan banyak pembacanya dan malah dianggap tidak berkualitas.

Itulah 5 cara efektif menghasilkan tulisan berkualitas yang untuk sementara bisa saya bagikan. Saya juga sedang berupaya untuk mengaplikasikan 5 cara tersebut di dalam blog ini. Mari sama-sama belajar đŸ˜€

SHARE
Artikel SebelumnyaCara Memasang Kotak Facebook Fan Page
Artikel SelanjutnyaCara Menaikkan Peringkat Alexa Rank
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR