Cara Membuat Website Perusahaan (Company Profile) – Sebuah website saat ini merupakan kebutuhan primer bagi setiap bisnis.

Ramai, perusahaan atau bisnis kini sudah mulai berbondong-bondong mengambil eksistensi atau pun beroperasi sebagian atau seluruhnya secara online, utamanya melalui website sendiri.

Maka dari itu, kepemilikan sebuah website merupakan sesuatu yang mandatory, dalam artian keharusan agar mampu bersaing dalam pasar yang dinamis, meningkatkan kepercayaan pelanggan/calon pelanggan, dan tentunya meningkatkan penjualan.

Jadi, bagaimana sebenarnya cara membuat website perusahaan? Tentu, ada banyak sekali tipe website perusahaan yang saat ini ada, entah itu company profile sebuah perusahaan, portofolio sebuah bisnis/agensi, hingga website berupa toko online yang secara aktif menjual berbagai produk bisnis ke para pelanggan.

Khusus dalam artikel kali ini, kita berfokus pada cara membuat website perusahaan dengan tipe company profile, dengan panduan yang dibuat semudah mungkin untuk dipraktekkan oleh siapapun, termasuk Anda.


5 yang Perlu Disiapkan Sebelum Memulai

Berikut hal-hal penting yang harus Anda siapkan sebelum membuat website perusahaan Anda:

1. Domain

Bagian pertama dan yang paling esensial adalah dengan memilih nama domain yang tepat. Domain ini nantinya akan menjadi alamat website utama.

Pastikan bahwa domain tersebut masih tersedia, dan selagi tersedia, Anda harus segera membelinya sebelum dibeli oleh orang lain dan Anda tidak lagi bisa menggunakannya.

Baca Juga: Cara Memilih Nama Domain yang Tepat

Di banyak penyedia layanan domain dan hosting, domain bisa didapatkan secara gratis karena sudah termasuk dalam pembelian paket hosting yang tersedia.


2. Hosting WordPress

Karena kita akan menggunakan CMS WordPress, maka penting bagi Anda untuk memilih platform penyedia layanan hosting yang mendukung atau dioptimalkan khusus untuk website berbasis WordPress.

Salah satu provider hosting yang menyediakan paket hosting WordPress (dioptimalkan khusus untuk website berbasis WordPress) adalah Exabytes.

Silakan buka website resmi Exabytes Indonesia (https://www.exabytes.co.id/) kemudian buka menu WordPress Hosting.

Pilih paket hosting yang paling sesuai dengan anggaran Anda dari pilihan paket yang tersedia seperti di bawah ini:

harga hosting wordpress exabytes

Setelah menentukan paket hosting yang sesuai, silakan mulai lakukan pemesanan, masukkan nama domain pilihan Anda (karena setiap paket hosting WordPress yang ada sudah termasuk biaya domain), dan selesaikan langkah selanjutnya.

Mulai Dengan Exabytes


3. Tema WordPress Gratis Maupun Berbayar

Di repositori WordPress, terdapat ribuan tema WordPress gratis siap pakai, yang bisa Anda gunakan untuk website perusahaan Anda nantinya.

Bila menurut Anda tidak ada tema yang sesuai, Anda juga bisa membeli tema WordPress berbayar di berbagai marketplace seperti Envato Elements hingga Themeforest.


4. Logo Perusahaan

Agar terlihat lebih resmi sedari awal pembuatan website, sebaiknya Anda sudah mempersiapkan logo perusahaan terlebih dahulu untuk website Anda nantinya.

Logo perusahaan yang digunakan untuk sebuah website biasanya memiliki orientasi gambar dengan bentuk horizontal.

Agar lebih variatif atau berjaga-jaga, tergantung dari elemen website Anda nantinya, ada baiknya Anda menyiapkan logo dengan dua variasi warna, yakni warna terang untuk background header website yang gelap dan warna gelap untuk background header website berwarna terang.


5. Konten (Gambar dan Copywriting yang Dibutuhkan)

Ada baiknya Anda juga sudah harus menyiapkan konten yang dibutuhkan nantinya, seperti gambar dan copywriting.

Sebenarnya, pada tahap development, Anda bisa mengisi website dengan konten dummy yang bisa Anda dapatkan dari sumber-sumber online lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Resume Online atau CV Online dengan WordPress

Bila Anda ingin segera mempublikasikan website (launching) agar bisa diakses oleh semua orang, ada baiknya konten sudah siap sedari awal sehingga tinggal dimasukkan ke dalam website perusahaan Anda.

Hal-hal lainnya seperti URL media sosial, formulir “Hubungi Kami”, dan lain lain sebagainya bisa Anda lengkapi setelahnya.


Cara Membuat Website Perusahaan (Company Profile) dengan WordPress

Nah sekarang, setelah semua ‘bahan baku’ sudah siap, sekarang mari kita mulai tutorial tentang cara membuat website perusahaan (Company Profile) dengan WordPress.

I. Install WordPress

Setelah Anda membeli paket hosting dari Exabytes (atau penyedia lain), Anda akan diberikan akses ke cPanel atau panel tipe lain untuk aktivitas pembuatan website.

Khusus untuk hosting di Exabytes, Anda akan diberikan akses cPanel. Silakan login cPanel (dengan username dan password yang diberikan).

Kemudian, silakan cari menu Softaculous. Setelah itu, klik WordPress, lihat gambar berikut:

cara membuat blog wordpress self-hosted - 2

 

Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi deskripsi tentang WordPress itu sendiri. Di halaman tersebut, silakan cari dan klik tombol Install Now, seperti gambar berikut:

cara membuat blog wordpress self-hosted - install WordPress di cPanel

Selanjutnya, Anda akan dihadapkan pada proses penting dalam membuat website perusahaan WordPress self-hosted. Di bagian ini Anda harus menentukan data dan mengisi informasi untuk website perusahaan WordPress Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Proses Instalasi WordPress

1. Software Setup

cara membuat blog wordpress self-hosted - software setup

  • Choose Protocol: Bagian ini memiliki opsi http:// & http://www. dan https:// & https://www. Bila website Anda memiliki SSL, maka Anda bisa memilih opsi https:// atau https://www.
    Untuk www. sendiri, tentukan apakah Anda lebih memilih URL website perusahaan Anda menggunakan www. atau tidak.
  • Choose Domain: Bila Anda memesan beberapa domain sekaligus pada saat membeli hosting, silahkan pilih ke domain yang mana WordPress akan diinstall dalam tahap ini.
  • In Directory: Bila Anda mengisi opsi ini, maka WordPress akan diinstall ke dalam sebuah direktori sesuai dengan nama yang Anda isikan. Nantinya, website perusahaan Anda tidak akan bisa diakses melalui domain utama, melainkan harus ke URL yang lengkap dengan nama sub-directory.
    Misalnya, di opsi ini Anda mengisi dengan website perusahaan. Bila nama domain yang Anda pesan adalah domainsaya.com, maka WordPress yang Anda install saat ini hanya bisa diakses melalui http://domainsaya.com/website perusahaan.
    Bila Anda mengisinya dengan layanan, maka hanya bisa diakses melalui http://domainsaya.com/layanan. Begitu seterusnya.
    Saya sarankan untuk mengosongkan opsi ini agar website perusahaan WordPress self-hosted Anda bisa diakses melalui domain utama tanpa mengarah ke sub-directory, kecuali bila Anda memang sengaja membuat website perusahaan tambahan.

2. Site Settings

cara membuat blog wordpress self-hosted - site settings

  • Site Name: Isikan dengan nama perusahaan Anda.
  • Site Description: Semacam tagline atau motto. Boleh dikosongkan terlebih dahulu karena bisa diedit kemudian.
  • Enable Multisite (WPMU): Jangan diceklis bila Anda hanya ingin membuat satu website perusahaan tunggal saja.

3. Admin Account

cara membuat blog wordpress self-hosted - admin account

Bagian ini merupakan informasi mengenai login Anda sebagai administrator utama website perusahaan WordPress self-hosted Anda.

  • Admin Username: Bagian ini nyaris tidak bisa diganti. Jadi pikirkan username untuk kepentingan login.
  • Admin Password: Isikan password yang kuat agar website perusahaan Anda tidak mudah diretas.
  • Admin Email: Masukkan email utama Anda. Bila perlu, silahkan pilih email yang sudah terdaftar dengan Gravatar.

4. Choose Language

Pilih bahasa utama untuk website perusahaan Anda. Terdapat juga Bahasa Indonesia, jadi akan semakin memudahkan Anda dalam mengoperasikannya.

5. Select Plugins

Silahkan pilih plugin WordPress mana yang ingin Anda install di website WordPress self-hosted Anda bersama-sama dengan WordPress itu sendiri

NB: Lewatkan bagian Advanced Options jika Anda kurang paham.

6. Select Theme

Di bagian ini, sama seperti select plugins, Anda bisa memilih theme WordPress untuk diinstall sekaligus dengan WordPress. Pilih theme WordPress terbaik yang bisa Anda temukan di situ.

Sebelum mengklik Install, pastikan Anda mengisi form Email installation details to : dengan email utama Anda. Hal ini agar Anda memiliki backup informasi yang akan dikirimkan ke email yang ditunjuk.

Setelah itu silahkan klik tombol Install. Tunggu beberapa saat hingga WordPress selesai terinstall. Biasanya tidak memakan waktu lama.

Setelah proses instalasi selesai, itu artinya Anda sudah berhasil membuat website perusahaan WordPress self-hosted dan sudah resmi memiliki website perusahaan WordPress self-hosted dengan alamat domain sendiri.

Namun, cara membuat website perusahaan dengan WordPress ini belum selesai hingga Anda berhasil melakukan konfigurasi dasar untuk website baru Anda.


II. Setup Website Perusahaan Anda

Sekarang, website perusahaan Anda secara teknis sudah dapat diakses, tetapi memang belum selesai dan tentu tampilannya masih kacau.

Anda tentunya perlu mengkonfigurasi website perusahaan Anda yang baru saja dibuat. Konfigurasi sederhana berikut bisa Anda lakukan:

1. Login ke Dalam Dasbor Website Anda

Akses dasbor website perusahaan Anda lewat URL domainsaya.com/wp-admin dan masukkan username + password yang di tahap sebelumnya sudah Anda tentukan.

2. Aktifkan Tampilan “Under Construction”

Dalam tahap pembuatan, ada baiknya Anda mengaktifkan tampilan “Under Construction” agar proses pembuatan dan pengembangannya tidak bisa dilihat oleh orang lain selain Anda (yang memiliki akses ke dalam dasbor WordPress).

Kemudian, install plugin gratis bernama Under Construction lewat menu Plugins => Add New. Ikuti tutorial berikut untuk mengaktifkan tampilan “Under Construction” lewat plugin tersebut.

3. Atur Layout/Tampilan Website Perusahaan dengan Tema WordPress

Di langkah sebelumnya, Anda sudah disarankan untuk menentukan tema WordPress gratis maupun berbayar. Standarnya, dalam setiap instalasi WordPress, Anda akan secara otomatis dipasangkan tema WordPress gratis bawaan CMS itu sendiri.

Bila memungkinkan, pilihlah tema WordPress yang mendukung plugin page builder seperti Elementor, WPBakery Page Builder (Visual Composer), dan sebagainya.

Setelah itu, Anda bisa menentukan tampilan website perusahaan Anda dengan fitur drag-and-drop yang disediakan sehingga akan jauh lebih mudah bagi Anda.

4. Isi Website Anda dengan Konten

Proses pembuatan website perusahaan berupa company profile akan sangat mudah dan jauh lebih cepat diselesaikan bila tadinya Anda sudah menyiapkan berbagai konten terkait.

Bila pun belum, Anda bisa menggunakan konten dummy seperti Lorem Ipsum untuk copywriting dan gambar gratis yang bisa Anda dapatkan dari website semacam Unsplash dan Pexels.

Pada langkah #3 di atas, Anda bisa mengatur layout sembari mengisinya dengan konten. Paling tidak, di tahap ini, Anda sudah bisa mendapatkan gambaran terkait bagaimana tampilan website perusahaan (company profile) Anda nantinya.

5. Selesaikan Proses Pembuatan Website Perusahaan

Setelah selesai mengatur tampilan dan mengisi website Anda dengan konten yang sesuai, kini saatnya Anda menyelesaikan proses pembuatan website perusahaan Anda dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Hapus Post, Page dan Komentar Bawaan
  2. Hapus plugin dan theme (terutama yang bawaan) yang tidak terpakai
  3. Ubah struktur permalink website Anda lewat menu Settings => Permalinks dan pilih struktur Post name
  4. Install plugin penting Contact Form 7 dan Yoast SEO
  5. Daftarkan website perusahaan Anda di Google Search Console dan Google Analytics

Setelah selesai, jangan lupa non-aktifkan plugin Under Construction yang Anda gunakan di langkah #2 dan coba lihat seperti apa tampilan akhir website perusahaan Anda.


Penutup

Sampai pada tahap ini, Anda sudah berhasil membuat website perusahaan (company profile) untuk bisnis Anda, bisnis apapun dengan jenis apapun. Mudah sekali, bukan?

Itulah tutorial sederhana tentang cara membuat website perusahaan (company profile) menggunakan WordPress self-hosted yang bisa Anda coba sendiri sekarang juga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Mulai Dengan Exabytes

hostinger hosting terbaik


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.