Fungsi dan Cara Membuat Gravatar di WordPress – Bagi pengguna WordPress, gravatar tampaknya sudah sangat familiar dan rata-rata penggunanya sudah memilikinya. Namun, rata-rata bukan berarti semuanya. Faktanya, masih banyak juga pengguna WordPress yang belum membuat Gravatar untuk blog-nya. Tips WordPress kali ini akan difokuskan pada pembahasan tentang Gravatar dan cara membuat Gravatar di WordPress.

Apa Itu Gravatar?

Globally Recognized Avatar atau Gravatar merupakan avatar/foto profil yang berbasis pada email pengguna yang bisa digunakan di mana pun Gravatar tersebut di-support. Gravatar berfungsi untuk menampilkan identitas Anda lewat foto profil. Gravatar bisa secara otomatis muncul ketika Anda menggunakan email Anda yang sebelumnya terdaftar di blog/website atau forum tertentu yang mendukung Gravatar itu sendiri, umumnya website atau forum yang berbasis WordPress.

Fungsi Gravatar bagi Pengguna WordPress

Menggunakan Gravatar bisa membantu Anda menampilkan foto profil di banyak website ketika Anda membuat thread di forum-forum tertentu, ketika memasukkan tanggapan/komentar, membuat kolom tentang penulis, dan sebagainya.

Menggunakan Gravatar ketimbang avatar biasa berfungsi untuk menampilkan foto profil Anda di berbagai website tanpa harus berulang-ulang mengupload foto profil yang berbeda-beda, dan hal tersebut tentu saja memudahkan kita ketimbang harus mengupload foto lagi dan lagi ketika membangun sebuah profil.

BACA JUGA:  Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan

Tampilan Gravatar kira-kira seperti ini:

  • Di kolom komentar ketika komentar kita di-publish:

Cara Membuat Gravatar di WordPress - 3

Cara Membuat Gravatar di WordPress - 1

 

Menggunakan satu alamat email ketika Anda membuat Gravatar, dan menggunakan email yang sama ketika Anda mendaftar ke website-website/forum tertentu yang mendukung Gravatar, avatar Anda akan secara otomatis tampil dan tidak perlu mengupload foto profil lagi.

Cara Membuat Gravatar di WordPress

Setelah Anda memahami apa itu Gravatar dan fungsinya bagi kita pengguna WordPress, sekarang tentu saja kita lanjut ke bagian cara membuatnya. Yang Anda perlukan hanyalah email dan foto profil. Berikut cara membuat Gravatar di WordPress:

1. Mendaftar. Masuk ke https://en.gravatar.com/ dan klik Get Your Own Gravatar, masukkan email Anda dan lanjut ke tahap berikutnya.

Cara Membuat Gravatar di WordPress - 4

2. Konfirmasi dan Login ke akun Gravatar Anda. Setelah memasukkan email dan mendaftar, Anda akan menerima email berisi konfirmasi. Seperti biasa, klik link konfirmasi tersebut dan login ke dalam akun Gravatar Anda.

3. Upload foto profil Anda. Sekarang saatnya Anda mengupload foto profil pilihan Anda. Anda juga bisa menambahkan beberapa alamat email lainnya dan memasang foto profil untuk alamat email masing-masing. Di dalam panel ini akan terdapat 4 pilihan yang berbeda untuk mengupload foto profil Gravatar Anda.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Google Fonts Tanpa Plugin

Cara Membuat Gravatar di WordPress - 5

Anda bisa mengupload foto profil Anda dari PC (Upload New), dari URL, dari foto-foto yang sudah pernah Anda upload, atau bahkan langsung dari webcam Anda. Setelah foto sukses terupload, Anda bisa meng-crop foto profil Anda sesuai keinginan. Atur posisi crop dan klik Crop and Finish jika sudah.

4. Tentukan rating untuk Gravatar Anda. Karena tidak semua website yang mendukung Gravatar memiliki tipe yang sama, Anda harus menetapkan rating untuk foto Anda sehingga Gravatar bisa otomatis menentukan apakah Gravatar Anda ditampilkan di suatu website atau tidak.

Cara Membuat Gravatar di WordPress - 6

Begini penjelasan untuk masing-masing rating:

  • G rated: cocok untuk semua tipe website dan semua tipe pengguna.
  • PG rated: gravatar yang digunakan memiliki isyarat atau gestur yang sifatnya kasar, provokatif dari segi berpakaian, dan sedikit bersifat kasar.
  • R rated: gravatar yang digunakan bersifat senonoh dan keras, adanya ciri-ciri kekerasan intens yang tersirat di dalamnya, foto telanjang, atau foto yang berhubungan dengan aktivitas narkotika.
  • X rated: gravatar ini sungguh tidak layak muncul di publik, terlebih di website manapun karena berisi pornografi yang ekstrim dan kekerasan yang sangat mengganggu.
BACA JUGA:  Cara Memindahkan Blog Wordpress ke Wordpress Self-Hosting

Nah, saya pastikan dan menjamin Anda semua memiliki gravatar dengan rating G, yang aman digunakan di semua jenis website/forum.

5. Selesai. Anda sudah selesai mempraktekkan cara membuat Gravatar di WordPress. Sekarang saatnya uji coba apakah Anda benar-benar sudah berhasil membuat Gravatar atau belum, misalnya berkomentar di artikel ini lewat form di bawah.

Penutup

Meskipun penggunaan Gravatar sudah sangat umum dan sangat biasa bagi pengguna WordPress pada umumnya, namun kenyataannya tidak semua orang tahu tentang penggunaannya dan masih banyak pengguna WordPress yang masih belum memiliki Gravatar. Saya masih sering menemukan komentator yang menggunakan WordPress, namun Gravatarnya tidak muncul di komentarnya. Itulah cara membuat Gravatar di WordPress yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

  1. terima kasih atas informasinya…sebelumnya saya sudah memiliki gravatar namun belum di berikan rating , mungkin karena itulah profit saya tidak tampil .

TINGGALKAN KOMENTAR