Cara Membuat Resume Online atau CV Online dengan WordPress – Perkembangan teknologi informasi seperti sekarang merambat ke hampir semua aspek hidup.

Hampir semua hal ini terintegrasi dengan teknologi, tertuma teknologi digital. Contoh yang paling nyata adalah dunia informasi, bisnis, investasi, hingga personal branding.

Di dunia informasi kita pastinya sudah sadar betapa maraknya perkembangan informasi secara online berupa website maupun berita online, bisnis seperti toko online, dunia investasi seperti investasi online, dan lain sebagainya.

Nah, untuk urusan personal branding, sekarang ini banyak yang sadar betapa kuatnya pengaruh dunia internet dalam mendongkrak urusan personal branding.

Salah satunya dengan membuat resume online atau CV online, di mana calon klien/perusahaan bisa dengan mudah mengaksesnya dengan koneksi internet.

Resume atau CV online memang belum sepenuhnya bisa mengalahkan eksistensi resume cetak konvensional, tetapi bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan eksposur personal branding kita.

Bila Anda tertarik untuk membuat resume online sendiri, Anda bisa membuatnya dengan mudah. Ada beberapa metode yang bisa kita gunakan dalam artikel ini.

Dalam artikel ini, kita menggunakan CMS WordPress agar Anda bisa dengan mudah membuatnya, mengatur tampilan, mengisi konten, dan mudah untuk dikelola.

Sebelum memulai, ada baiknya Anda membaca artikel berikut terlebih dahulu:

Seperti apa cara membuat resume online dengan WordPress? Simak tutorialnya.


Cara Membuat Resume Online dengan WordPress

Ada 5 langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat resume online Anda dengan WordPress. Berikut langkah-langkahnya:

1Pilih dan Daftarkan Nama Domain

Langkah paling pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih dan mendaftarkan nama domain untuk resume online Anda.

Karena ini adalah resume online Anda pribadi, maka pilihan terbaik Anda adalah dengan memilih nama Anda sebagai nama domain.

Terkait pemilihan nama domain, bacaan berikut akan sangat membantu Anda:

Untuk lebih mudahnya, pilih saja nama Anda sendiri sebagai nama domain resume online Anda, seperti resume online saya yang bisa Anda temukan di halaman ini.

Nah, untuk penyedia layanan domainnya sendiri, Anda bisa pertimbangkan untuk membelinya di website rekomendasi saya seperti berikut:

Pilih harga termurah dan pastikan juga Anda mendapatkan fasilitas lain seperti WHOIS Data Protection, Domain Lock, dan sebagainya.

Atau, bila Anda ingin yang lebih murah dan lebih fleksibel, Anda juga bisa membeli domain lewat paket hosting. Membeli paket hosting tertentu sekarang ini sudah termasuk dengan harga domain. Simak bagian selanjutnya.


2Pilih dan Beli Paket Hosting

Nama domain tidak akan bisa mengudara tanpa ada hosting. Maka dari itu, sebelum membuat resume online, ada baiknya Anda menentukan hosting sebagai pondasi resume online Anda nantinya.

Baca Juga: Review Exabytes Indonesia: Hosting Terbaik dan Terjangkau

Setelah menentukan nama domain untuk resume online Anda, sekarang saatnya membeli sebuah paket hosting.

Untuk mendapatkan domain gratis, hosting berikut menyertakan nama domain gratis untuk setiap pembelian paket hostingnya, dan harganya pun terbilang cukup terjangkau:

Masing-masing penyedia layanan hosting di atas menyediakan paket hosting yang menyertakan domain secara gratis, selama berlangganan paket hostingnya.

Pilih paket hosting yang sesuai dengan anggaran Anda. Untuk website resume online yang bertipe statis, saya sarankan untuk membeli paket hosting berkapasitas cukup. Tentunya akan jauh lebih murah untuk kebutuhan website resume online.


3Install WordPress

Membuat Resume Online wordpress - install wordpress - softaculous

Nah sekarang, Anda hanya perlu menginstall WordPress di hosting Anda. Caranya sangat mudah.

Silakan cari fitur oneclick install atau Softaculous (atau script installer yang lain). Di situ, Anda bisa menemukan CMS WordPress dengan fitur oneclick install.

Untuk panduan lengkapnya, silakan baca panduan menginstall WordPress langsung di hosting.

Atau, untuk panduan komprehensifnya, silakan baca tutorial lengkap berikut:

Cara Membuat Website atau Blog dengan WordPress

Bila Anda lebih suka membuat  resume online dengan WordPress di localhost terlebih dahulu sebelum menguploadnya ke hosting, Anda juga bisa menggunakan FileZilla (baca panduan lengkap menggunakan FileZilla) ketika menguploadnya.


4Install Theme WordPress Khusus Resume Online

Meski ada banyak sekali theme WordPress yang bisa Anda kustomisasi untuk membuat resume online Anda tampak sesuai keinginan, ada baiknya Anda menggunakan theme WordPress yang memang khusus dibuat untuk resume online.

Theme tersebut bisa Anda dapatkan di WordPress Respository atau membeli versi premium di Themeforest.

Di Themeforest ada banyak sekali theme WordPress resume online dengan tampilan yang sangat profesional dan elegan, sehingga Anda bisa dengan leluasa memilihnya sesuai anggaran.

Nah sekarang, terlepas dari apapun theme pilihan Anda, sekarang ikuti cara menginstall theme WordPress berikut ini:

Cara Install Theme WordPress: Panduan Lengkap


5Konfigurasi Website Resume Online Anda

wordpress home page

Nah, setelah Anda berhasil menginstall WordPress dan menyiapkan theme WordPress khusus resume online, sekarang saatnya Anda mengkonfigurasi dan mengatur layoutnya.

Hal-hal yang perlu Anda konfigurasi antara lain sebagai berikut:

I. Mulai Atur Tampilan dan Layout Desain Anda

Setiap theme WordPress punya fitur yang berbeda-beda. Namun, dengan theme WordPress manapun Anda bisa membuat halaman khusus untuk digunakan sebagai beranda.

Setelah Anda login (dengan URL misalnya: http://namadomainanda.com/wp-login.php), di dasbor admin, silakan klik Pages => Add New.

Beri judul halaman tersebut, misalnya Beranda atau Home Page.

Bila Anda menggunakan plugin page builder semacam Elementor, Visual Composer, dan sebagainya, Anda bisa mengatur layout beranda dengan fitur drag and drop yang disediakan.

Ingat bahwa beranda ini adalah landing page dari resume online Anda. Jadi, desainlah halaman ini seperti Anda mendesain dan mengatur resume versi cetak seperti yang selama ini Anda lakukan. Bedanya hanyalah bentuk dan platform.

Bila Anda membeli theme dari Themeforest, Anda bisa menyamakan tampilan resume Anda dengan tampilan yang ada di demo yang sudah disediakan.

Atau, pergunakan fitur oneclick demo import yang umumnya tersedia di theme WordPress premium. Setelah mengimpor file demo, Anda tinggal mengganti kontennya sesuai keinginan Anda.


II. Jadikan Halaman Tersebut Menjadi Front Page

Setelah selesai mendesain halaman beranda tadi, sekarang saatnya membuatnya menjadi halaman Front Page.

Artinya, setiap kali orang mengakses nama domain utama Anda, halaman tersebut yang akan disuguhkan.

Caranya sangat mudah, yakni:

  1. Dari dasbor, klik Settings => Reading.
  2. Di bagian static page, pilih judul halaman yang barusan Anda buat.
  3. Klik tombol Save Changes bila sudah.
    Untuk lebih jelasnya, silakan lihat gambar di bawah ini:

wordpress front page

Sekarang, coba akses halaman depan website Anda. Bila resume online yang sudah Anda desain tampil, berarti di tahap ini Anda sudah selesai membuat resume online dengan WordPress.


III. Konfigurasi Seluruh Elemen yang Ditawarkan oleh Theme WordPress Anda

Mayoritas theme WordPress, terutama versi premium, terdapat panel pengaturan di dalamnya.

Panel tersebut berisi semua elemen yang didukung agar Anda bisa dengan mudah mengkustomisasinya, antara lain logo, skema warna, jenis font, dan masih banyak lagi.

cara membuat resume online wordpress

Konfigurasi semua elemen yang dibutuhkan sesuai keinginan Anda.


IV. Hal Penting Lain yang Harus Ada di Websiite Resume Online Anda

Layaknya resume atau CV pada umumnya, pembuatan resume adalah media untuk menjual kemampuan dan personal branding Anda.

Maka dari itu, elemen penting berikut ini harus ada di resume online Anda:

1. Link untuk Mendownload Resume

Bila Anda juga menyedian versi soft copy dari resume Anda, maka Anda mungkin perlu menyertakan link untuk mendownload resume tersebut.

Link tersebut dapat disematkan dalam bentuk tombol download sehingga orang akan tahu bahwa tombol tersebut bisa digunakan untuk mendownload resume Anda.

Contohnya seperti ini:

Resume of Walter Pinem

Dengan demikian klien/perusahaan yang tertarik untuk merekrut Anda bisa lebih tahu tentan rekam jejak Anda pada bidang tertentu.


2. Tampilkan Galeri Proyek yang Pernah Anda Geluti (Portofolio)

Perbedaan kontras antara resume tradisional dengan resume online Anda bahwa dengan resume online, Anda bisa memamerkan proyek yang pernah Anda kerjakan dalam bentuk galeri yang intuitif.

Contohnya seperti ini:

contoh portofolio online
contoh portofolio online

Bila Anda juga memiliki video dan audio (berupa podcast), Anda juga bisa memamerkannya bila memang relevan dengan keahlian/profesi Anda.


3. Pamerkan Keahlian

Sudah pasti, ini harus ada di setiap resume, baik konvensional maupun online. Jangan segan-segan menjual branding Anda dengan memamerkan keahlian.

Contohnya seperti ini:

contoh keahlian resume cv online

Dengan demikian, Anda bisa membangun personal branding yang baik di mata orang yang tertarik dengan keahlian Anda.


4. Tawarkan Jasa

Bila Anda menjual jasa dari keahlian yang Anda miliki, Anda juga bisa memanfaatkan website resume online Anda sebagai tempat untuk menjual jasa.

Contohnya seperti ini:

contoh jasa online

Jangan ragu menawarkan jasa bila memang Anda berniat untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari keahlian Anda.

Setiap proyek yang Anda ambil dari menjual jasa Anda bisa pula ditambahkan ke dalam portofolio di website resume online Anda.


5. Testimoni dari Klien/Perusahaan/Sosok yang Bersedia Mereferensikan Anda

Bila Anda pernah bekerja sama dengan orang atau perusahaan tertentu (tempat Anda bekerja sekarang maupun sebelumnya), minta testimoni mereka tentang keahlian Anda dan cantukan di website resume online Anda.


6. Permudah Orang untuk Menghubungi Anda

Tempatkan formulir/contact form agar setiap orang yang mengunjungi website resume online Anda dapat dengan mudah menghubungi Anda via email.

Atau, Anda juga bisa menggunakan plugin WordPress buatan saya, OneClick WhatsApp Hello, untuk mempermudah orang-orang menghubungi Anda langsung melalui WhatsApp.


7. Tampilkan Juga Prestasi yang Pernah Diraih

Yang ini juga tak kalah penting. Personal branding Anda akan semakin kuat dengan memamerkan prestasi yang pernah diraih, membuat orang semakin tertarik untuk berkolaborasi dengan Anda.


8. Bila Mungkin, Buat Halaman Blog dan Rutin Mempublikasi Tulisan

Pada dasarnya, WordPress adalah platform blogging, bahkan yang paling populer di dunia. Manfaat dari membuat resume online dengan WordPress adalah Anda bisa membuat banyak hal dalam satu wadah, salah satunya blog di dalam website resume online Anda.

Bila Anda tertarik, buatlah halaman blog di dalamnya dan rutin mempublikasikan tulisan mendalam sesuai dengan keahlian/bidang profesi Anda.


Penutup: Buat Website Resume Online Anda dengan WordPress

Sampai pada tahap ini, Anda tentunya sudah berhasil membuat resume online dengan WordPress. Anda pun bisa memamerkannya, memberitahu kenalan atau kolega, dan mempromosikannya lewat email signature maupun media sosial Anda.

contoh resume online wordpress
Contoh resume online WordPress

Untuk memaksimalkan website resume online yang barusan dibuat, Anda mungkin perlu memperdalam pengetahuan Anda tentang WordPress, dan bisa Anda mulai dengan panduan yang ada di halaman ini.

Bagaimana menurut Anda? Semoga berhasil membuat resume online dengan WordPress lewat tutorial ini!


Bacaan Lanjutan:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.