Plugin WordPress Untuk TypographyTypography merupakan salah satu elemen penting bagi sebuah desain. Apalagi untuk sebuah website, di mana website lebih dominan diisi dengan teks, dan typography yang tepat akan menghasilkan desain yang tepat pula.

Memilih font yang tepat merupakan salah satu cara yang paling baik untuk meningkatkan kualitas desain sebuah website. Dan ada banyak sekali font gratis yang bisa kita gunakan (dengan masing-masing lisensinya).

Baca Juga: 25 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Digunakan

Selain font, bagian lain dari typography dapat mendongkrak desain website Anda. Bagi pengguna WordPress, Anda bisa menggunakan beberapa plugin WordPress berikut untuk meningkatkan desai typography website Anda.

8 Plugin WordPress Untuk Typography

1. Google Font Manager

Sebagai raksasa internet dunia, Google ternyata menyediakan koleksi font yang bisa kita gunakan dengan gratis. Dan koleksi font dari Google pun memiliki keunikan, bisa dikatakan bagus, tentu tergantung selera.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Fonts Tanpa Plugin

Nah, plugin WordPress Google Font Manager ini membantu Anda untuk memilih font mana yang ingin Anda gunakan dari koleksi Google Fonts yang ada.

BACA JUGA:  WordPress Quick Tip: Menambahkan Featured Image Secara Otomatis

Anda bisa mencarinya sesuai judul bahkan bisa digunakan untuk preview, seperti apa nantinya tampilan teks di website Anda jika menggunakan font tersebut. Setelahnya Anda bisa memilih font tersebut untuk digunakan di seluruh elemen website Anda.

2. Easy Google Fonts

Plugin WordPress yang satu ini sebenarnya fungsinya sama saja seperti yang di atas. Menariknya, plugin ini akan menambahkan satu opsi di panel Customizer dashboard Anda di mana Anda bisa memilih atau mencoba Google Font tertentu dan bisa melihat hasilnya secara live preview, seperti biasa ketika mengkonfigurasi tampilan front-end website dengan Customizer.

3. Typekit Fonts for WordPress

Jika Anda sudah lama bergelut di bidang desain grafis, sepertinya Anda sudah akrab dengan Typekit. Gudangnya beragam font keren ini juga bisa diintegrasikan dengan website Anda berbasis WordPress. Gunakan plugin ini dan tentukan font mana yang ingin Anda gunakan. Anda nantinya hanya perlu mengintegrasikan kode font tersebut di panel plugin ini.

4. Simple Pull Quote

Di bagian-bagian tertentu dalam artikel Anda, Anda mungkin suka menyisipkan quote. Tergantung theme WordPress yang digunakan, jika satu teks tertentu diformat dalam bentuk quote, teks itu akan memiliki desain atau bentuk yang berbeda dibanding teks lain.

BACA JUGA:  Cara Memasang Background di Wordpress

Baca Juga: Cara Mengetahui Theme WordPress yang Digunakan

Namun, quote biasa akan berbeda dengan pull quote. Jika theme WordPress Anda tidak membedakan quote biasa dan pull quote, Anda bisa menggunakan plugin WordPress Simple Pull Quote untuk mencobanya sekaligus meningkatkan typography website Anda.

5. Zeno Font Resizer

 

Theme WordPress yang Anda gunakan mungkin memiliki opsi untuk merubah ukuran font, atau Anda juga bisa merubahnya secara manual dengan CSS. Tetapi ukuran yang tepat bagi Anda belum tentu tepat bagi pembaca website Anda.

Baca Juga: Cara Mengintegrasikan Font Awesome di WordPress

Dengan plugin ini Anda bisa memberikan kemudahan bagi pembaca Anda untuk merubah ukuran font artikel di website Anda sesuai dengan keinginan mereka. Ini juga tentu akan semakin membuat artikel di website Anda menjadi lebih readable.

6. EndNotes

Jika artikel yang Anda tulis di website Anda memiliki referensi atau sumber, plugin ini bisa Anda manfaatkan untuk menambahkan footnote dengan mudah di setiap artikel yang Anda tulis.

BACA JUGA:  Cara Memasang Google Translate di Wordpress

7. TinyMCE Advanced

Ketika menulis artikel baru di WordPress, Anda mungkin sudah sangat akrab dengan TinyMCE. Untuk menambahkan fiturnya atau memudahkan Anda untuk mengorganisir opsi yang sudah ada, Anda bisa menggunakan plugin ini.

8. Subtitles

Sama seperti namanya, plugin WordPress yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menambahkan subjudul baru di bawah judul artikel Anda. Perlu digunakan jika Anda ingin memberikan deskripsi singkat mengenai apa yang dibahas di artikel tersebut.

Penutup

Meningkatkan desain typography di website Anda yang berbasis WordPress tidaklah sulit. Semua plugin yang tertera di atas bisa digunakan dengan sangat mudah, dan tentunya gratis. Adakah plugin WordPress untuk typography yang Anda rekomendasikan selain yang di atas? Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR