4 Hal Penting Ketika Mengganti Theme WordPress – Kebanyakan blogger sering merasa kurang puas dengan desain blog-nya, terutama desain yang diberikan oleh theme blog-nya. Khusus pada tulisan ini mari kita berbicara mengenai theme wordpress self-hosted saja.

Dari beberapa kasus, ada banyak kesulitan tersendiri ketika kita melakukan pergantian theme wordpress kita. Memang ada banyak sekali theme wordpress yang tersedia dan siap untuk didownload secara gratis. Itulah faktor utama mengapa kita sering mengganti theme. Juga, kurang puasnya kita dengan tampilan blog kita ketika menggunakan suatu theme. Diperkuat pula dengan beratnya loading blog akibat theme tersebut, dipenaruhi pula dengan kurang lengkapnya ‘fasilitas’ pendukung desain blog yang diberikan theme seperti custom header, custom menus, widget, footer, space iklan, dan sebagainya.

Ketika Anda mengganti theme wordpress self-hosted Anda, saya rekomendasikan untuk melakukan berbagai hal berikut ini untuk tetap pada performa baik, seperti:

1. Backup

Ya, inilah tahapan yang paling penting ketika Anda berniat mengganti theme. Backup terlebih dahulu isi blog Anda berbasis wordpress self-hosted dan silahkan mengganti theme.

BACA JUGA:  11 Tips Agar Blog Cepat Terindeks Google

2. Simpan Kode Widget 

Ketika Anda mengganti theme, kemungkinan besar kode widget yang Anda implementasikan di theme lama akan hilang atau tidak beraturan tempatnya, karena desain theme yang lama dan yang baru bisa saja akan sangat berbeda. Untuk itu simpanlah semua kode widget Anda sebelum mengganti theme. Kita theme baru sudah diinstall maka tinggal tempatkan lagi kode-kode widget tersebut pada tempatnya yang menurut Anda cocok.

3. Cek Plugin yang Anda Gunakan

Ada beberapa theme yang langsung mendukung fitur tertentu yang sebelumnya sudah Anda install dengan plugin. Karena itu setelah mengganti theme, ada baiknya Anda mengecek plugin yang Anda gunakan satu per satu dengan cara membandingkannya dengan fitur yang diberikan oleh si theme baru. Biasanya fitur tersebut terdapat di bagian Appearance, dan Theme Options jika ada. Kebanyakan theme baru saat ini langsung mendukung space iklan dan juga social share. Untuk itu silahkan langsung uninstall saja plugin yang sudah tersedia di theme baru Anda agar tidak membuat server berat dan loading blog Anda menjadi lama.

BACA JUGA:  Cara Membuat Facebook Reactions di WordPress

4. Cek Semua Link yang Mengarah Pada Blog WordPress Anda

Link yang dimaksud disini adalah link yang mengarah ke berbagai halaman blog Anda seperti link ke About Me, Daftar Isi, dan sebagainya. Hal ini terhitung penting. Pergantian theme terkadang membuat rancu beberapa link penting menuju blog Anda. Cek semua link apakah masih berfungsi atau sudah tidak lagi.

Itulah 4 hal penting ketika mengganti theme wordpress yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

SHARE
Artikel Sebelumnya5 Tips Untuk Memulai Blogging
Artikel Selanjutnya7 Hal Agar Pengunjung Blog Menyukai Blog Anda
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

4 KOMENTAR

  1. Memang mengganti theme itu mudah, namun perlu persiapan yang matang diantaranya yang sudah agan sebutkan di atas tadi. Mungkin nanti malam saya mantap untuk ganti theme 😀

  2. Mau nanya mas,
    Kira2 berapa besar efek seo dari template ya?
    Terus kalau keseringan ganti template berpengaruh tidak pada seo mas?

TINGGALKAN KOMENTAR