Start a Blog #1: Apakah Blogging Cocok Untuk Anda? – Kalimat pertama yang harus saya sampaikan kepada Anda dalam artikel ini adalah, “Jangan buang waktu Anda dalam blogging jika Anda tidak tahu apakah blogging cocok untuk Anda atau tidak.”

Ada banyak sekali tujuan dalam blogging, termasuk beberapa yang Anda miliki sehingga Anda berpikir untuk memulai aktivitas blogging. Tetapi, jangan pernah memulai blogging dengan ekspektasi bahwa Anda akan sukses dengannya atau mendapatkan penghasilan daripadanya jika Anda tidak tahu apakah blogging cocok untuk Anda atau tidak.

Maka dari itu Seni Berpikir berusaha membantu Anda untuk mengetahui apakah blogging cocok untuk Anda atau tidak. Berikut hal-hal nyata yang menjadi bahan pertimbangan dari aktivitas blogging jika Anda:

1. Menikmati Waktu Menggunakan Internet

Anda harus berkomitmen terhadap tujuan Anda dalam hal blogging, sehingga Anda perlu menikmati waktu Anda yang terbuang dalam menggunakan internet. Dalam penggunaan internet yang saya maksudkan di sini adalah, umumnya melakukan riset terhadap niche/topik blog yang menarik dan memiliki potensi bisnis, kata kunci yang baik, hingga riset lain terhadap pengetahuan yang berhubungan dengan topik yang akan Anda angkat.

BACA JUGA:  Start a Blog #4: Memilih Platform Blogging yang Tepat

Selain itu, blogging tidak berhenti begitu saja ketika Anda selesai melakukan riset, menulis artikel dan mempublikasikannya melalui blog Anda, tetapi juga Anda harus melakukan promosi artikel tersebut, mengikuti berita/informasi terbaru yang berhubungan dengan topik blog Anda, dan hal-hal lainnya yang berkaitan erat dengan internet. Jadi Anda harus menikmati waktu Anda menggunakan internet.

2. Anda Suka Menulis

Anda tidak perlu menjadi penulis terlebih dahulu sebelum menjadi blogger. Dalam dunia blogging, Anda hanya perlu menyukai aktivitas menulis, karena sebagian besar aktivitas blogging adalah menulis. Perbanyaklah menulis di blog sehingga nantinya secara perlahan Anda dapat menemukan gaya berbahasa sendiri dalam menyampaikan informasi lewat blog Anda. Pelajari juga penggunakan tanda baca.

3. Angkat Topik yang Anda Sukai

Anda tidak perlu menjadi seorang expert terlebih dahulu dalam memilih topik blog yang akan Anda angkat. Mungkin ketika Anda ahli dalam suatu topik, itu akan jauh menjadi lebih baik sebelum memulai. Tetapi tidak harus menjadi ahli dahulu, cukup mengangkat topik yang Anda sukai sehingga dalam tahap pengembangan blog Anda, secara perlahan Anda juga dapat menjadi ahli dalam topik yang Anda sukai tersebut. Anda nantinya akan memiliki alasan untuk terus melakukan riset tentang topik yang Anda sukai, sehingga lama-kelamaan Anda memiliki wawasan luas mengenai topik tersebut.

BACA JUGA:  7 Essential Tips to Start Blogging

4. Anda Mampu Berkomitmen Terhadap Aktivitas Blogging

Blogging membutuhkan waktu yang relatif lama sebelum Anda bisa sukses dengannya. Anda harus mampu berkomitmen terhadap aktivitas blogging tersebut. Akan ada banyak waktu yang terbuang, energi, fokus, hingga momen di mana Anda harus memotivasi diri Anda sendiri.

5. Percaya Diri

Ada kalanya Anda ingin menuliskan opini atau pandangan tentang fenomena tertentu lewat blog Anda. Untuk itu Anda harus punya rasa percaya diri yang tinggi guna pandangan Anda dapat tersalurkan lewat blog Anda dengan baik. Juga, Anda harus percaya diri pada gaya bahasa Anda lewat artikel yang Anda tulis. Tuliskan saja terlebih dahulu hasil riset Anda, suatu saat Anda sendiri bisa mengedit tata bahasa yang tertuang di dalamnya.

6. Anda Harus Siap Mengambil Risiko

Akan Anda banyak blogger di luar sana yang mengangkat tema seperti yang ingin Anda angkat di blog Anda, sehingga mau tidak mau Anda harus bersaing. Blogging memiliki banyak risiko, mulai dari waktu, energi, fokus, dan uang (menyewa domain dan hosting, theme, hingga promosi). Untuk itu Anda harus memiliki komitmen untuk siap mengambil risiko yang ada. Apalagi, banyak blogger yang sudah jauh lebih terkenal daripada Anda nantinya, sehingga Anda harus bersaing dengan mereka.

BACA JUGA:  6 Ide Topik Untuk Memulai Blog Bagi Wanita

Jadi dengan demikian, apakah blogging cocok untuk Anda?

TINGGALKAN KOMENTAR