SeniBerpikir_Kepercayaan Diri Dalam Blogging, blogging5 Langkah Awal Membuat Blog – Puluhan bahkan ratusan juta blog maupun website telah berhasil di-online-kan oleh pengelolanya hingga hari ini. Ratusan juta juga nama domain yang digunakan oleh website tersebut.

Dalam artikel kali ini, saya mencoba memberikan tips mengenai langkah awal membuat blog sebelum Anda benar-benar meng-online-kan blog Anda dan siap dikunjungi oleh ribuan visitors setiap harinya.

Dunia teknologi informasi saat ini sudah berkembang sangat pesat, dan berpengaruh pada perkembangan bisnis, dan karena itulah blog maupun website merupakan hal yang penting untuk dibangun dan dikelola, demi mendongkrak popularitas produk dari bisnis yang dijalankan.

Untuk itu, jika Anda berniat membangun sebuah website, setidaknya ada 5 langkah awal membuat blog yang akan saya deskripsikan berikut ini:

5 Langkah Awal Membuat Blog

1. Tentukan Niche Untuk Blog Anda

Niche maksudnya adalah topik atau pun kategori sebagai hal utama sebelum memulai membuat blog. Tentukan dulu niche yang akan Anda isi untuk blog Anda, usahakan konsisten terhadap niche tersebut.

Dalam hal ini ketahuilah niche apa yang paling disukai oleh netter, kemudian pelajarilah hal tersebut, apakah Anda sanggup menyuguhkan berbagai artikel sesuai dengan niche tersebut? Niche juga akan mempengaruhi kata kunci yang nantinya Anda gunakan dalam artikel yang Anda tulis, dan tentu akan sangat berpengaruh pada SEO.

Beberapa waktu lalu saya sudah menulis artikel tentang 5 Topik Blog yang Disukai Pembaca, silahkan dibaca dan semoga berguna bagi Anda.

BACA JUGA:  10 Tips Termudah Agar Blog Diterima Google Adsense

2. Pilih Platform Blog Anda

Blogspot merupakan platform blog yang sangat terkenal karena bisa dibilang muncul sebagai salah satu pelopor platform blog bersama dengan WordPress. Setelah dibeli oleh Google, Blogspot menjadi salah satu platform blog yang banyak digunakan dan meninggi popularitasnya, apalagi terintegrasi dengan layanan publik milik Google seperti Gmail, Youtube, Google+, dan sebagainya.

Dari platform blog yang sekarang ini sudah tersedia, saya pribadi lebih merekomendasikan WordPress, karena lebih mudah dikontrol dan didukung oleh ribuan developers yang bergerak di bidang pengembangan plugins dan themes.

Baca Juga:

3 Alasan Mutlak Kenapa CMS WordPress yang Terbaik

Perbandingan Blog WordPress.com & WordPress.org

10 Hal Penting Setelah Menginstall WordPress

3. Tentukan Nama dan Beli Top Level Domain (TLD)

Domain maksudnya nama alamat blog Anda, seperti blog ini domainnya adalah Seniberpikir.com. Tentukan nama domain yang paling cocok dengan bisnis atau pun niche yang akan Anda kelola. Usahakan pula agar nama domain tersebut cocok dengan kata kunci/niche blog Anda, misalnya blog Anda ber-niche Musik, maka tidak ada salahnya memilih nama domain yang ada kata ‘Musik’ di dalamnya.

BACA JUGA:  Meningkatkan Track Record Website dengan Search Engine Optimization (SEO)

Setelah Anda menemukan nama domain yang tepat dan sesuai dengan selera Anda, maka silahkan beli nama domain tersebut di beberapa perusahaan penyedia TLD, seperti GoDaddy, NameCheap, atau milik lokal seperti NiagaHoster atau pun Masterkey.

Baca Juga:

5 Alasan Anda Butuh Blog Dengan Nama Domain Sendiri

Domain .com dan .info Murah Dari CrazyDomains

4. Pilih Hosting yang Berkualitas

Hosting menjadi sebuah ‘lapak’, ruang, atau pun pondasi blog Anda dan mengatur seluruh lalu lintas dan storage data yang ada di blog Anda. Maka dari itu pilihlah hosting yang benar-benar berkualitas agar mampu dengan stabilnya mengatur lalu lintas pengunjung di blog Anda.

Saya pribadi menganjurkan hosting lokal sekaliber Idhostinger atau pun NiagaHoster. Saat ini sudah setahun saya menggunakan Idhostinger dan saya sendiri merasa puas dengan pelayanannya yang baik, cepat tanggap, server kuat dan cepat, serta penyimpanan unlimited juga bandwidth unlimited.

Untuk NiagaHoster, saya rekomendasikan karena hosting tersebut merupakan bagian dari Idhostinger, dan setelah saya review (baca review-nya DISINI) ternyata apa yang ditawarkan sangat menggiurkan. Hosting ini dibangun dengan teknologi server baru dan berada di Indonesia, tepatnya di Jakarta, sehingga tidak usah khawatir untuk masalah harga dan loading.

BACA JUGA:  Cara Mengganti Blogspot Dengan Nama Domain Pribadi

NiagaHoster juga memberikan diskon untuk pemesanan domain, cukup gunakan kode kupon ini: a-HOST-211 untuk mendapatkan diskon official dan memuaskan dari mereka. Perusahaan hosting tersebut sangat cocok untuk membantu Anda memulai langkah awal membuat blog.

Baca Juga:

Cara Menginstall WordPress Langsung di Hosting

5. Tentukan Template/Theme Anda

Usahakan pilih template/theme premium untuk blog Anda. Meskipun Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli sebuah template/theme premium, tetapi Anda akan dimanjakan dengan desain yang berkualitas, mudah dikustomisasi, dan juga bebas virus dan update.

Memang benar terdapat banyak sekali template/theme gratis dengan desain yang bagus di luar sana, tetapi untuk urusan virus, kita akan selalu direpotkan dengan theme gratisan tersebut. Tetapi tidak semua theme gratisan mengandung virus atau malware atau sejenisnya. Jadi, tergantung pilihan Anda.

Itulah 5 langkah awal membuat blog dari Seni Berpikir. Adakah yang saya lewatkan dari daftar di atas? Silahkan ditambahkan jika ada, dan semoga bermanfaat bagi Anda yang hendak membuat blog.

4 KOMENTAR

  1. Apakah jika topik blog kita tidak teratur, misal ada macam2 gimana? apkkah itu berdampak buruk di SEO ?

    btw visit yah http://www.anypost.tk/

      • hosting itu semacam sebuah “penampung” segala lalu lintas dan daya blog kita. Misalnya, blog SeniBerpikir ini dibuat dengan CMS WordPress, tetapi tidak menggunakan embel2 blabla.wordpress.com karena bukan wordpress.com lagi yg nge-hosting blog ini, melainkan saya sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR