10 Cara Mempromosikan Blog dan Meningkatkan Trafik

10 Cara Mempromosikan Blog dan Meningkatkan TrafikSetiap profesi yang dilakukan pasti memiliki kendala di dalamnya, tidak terkecuali seorang blogger.

Untuk mempromosikan blog dapat dilakukan pada berbagai platform online, seperti media sosial, komunitas dan forum lainnya. 

Bagi blogger pemula, ada 10 cara mempromosikan blog dan meningkatkan trafik yang bisa dipelajari dan dilakukan dengan mudah.

10 Cara Mempromosikan Blog dan Meningkatkan Trafik

Guest Blogging di Blog yang Populer

Wajar jika blog baru tingkat trafiknya masih sangat sepi. Untuk mengantisipasi itu semua, Anda harus menghadirkan tamu atau orang lain dari situs yang populer, hal ini biasa disebut guest blogging.

Baca Juga: 11 Topik Blog Terpopuler yang Disukai Pembaca

Manfaat menghadirkan guest blogging ini tidak hanya dilakukan untuk melempar tautan di bagian bawah postingan.

Sebaliknya, Anda bisa menawarkan sesuatu kepada orang lain yang membuat mereka ingin mengunjungi blog sehingga bisa meningkatkan trafik blog Anda.


Perbarui dan Tingkatkan Konten

Memperbarui postingan yang sudah Anda publikasi memang tidaklah mudah. Namun, hal ini dapat membantu meningkatkan trafik dengan keseluruhan sebesar 25,71 persen dan akan menambah jumlah pengunjung setiap tahunnya.

Baca Juga: 5 Taktik Efektif Dalam Mempromosikan Blog

Mengganti visual atau gambar akan menambah nilai plus pada konten Anda. Sedangkan untuk isinya, bisa memasukkan suatu topik yang kredibel, praktis dan emosional. Semua ini dilakukan agar pengunjung situs web merasa bahwa mereka harus membacanya.


Integrasikan Blog dengan Linkedln

LinkedIn memiliki platform profesional untuk memposting artikel (LinkedIn Pulse). Kebanyakan pengguna masih jarang membicarakan tentang fitur Linkedln ini.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Dengan WordPress

Dengan kata lain, cara mempromosikan blog ini masih belum banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar blogger.

Faktanya, Anda bisa mendapatkan trafik dalam jumlah besar, tergantung dengan pembahasan blog Anda sendiri, dari jaringan pertemanan Anda di LinkedIn.

Potensi memposting ulang konten pada Linkedln Pulse sangatlah besar, sebab sebagian orang kurang memahami tata cara yang benar. Ketika Anda mempublikasikan suatu hal, postingan Anda bisa menjadi trending topik atau muncul di daftar pencarian paling atas.


Posting Konten di Grup Facebook Populer

Bergabung dalam sebuah komunitas di Facebook merupakan salah satu cara menaikkan trafik terbaik. Sangat besar kemungkinan postingan Anda akan dikunjungi banyak orang. Untuk memudahkan promosi, pastikan Anda mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh admin grup.

Cara ini juga memungkinkan untuk menjangkau calon pembaca sesuai dengan minatnya. Sebelum mempromosikan postingan Anda, pastikan bergabung pada grup yang memiliki kaitan dengan topik dan konten blog. Ini dilakukan untuk mempermudah pencarian dan memperluas jangkauan.


Berkolaborasi Dengan Blogger Lain

Anda perlu menjalin hubungan baik dengan sesama blogger, guna menciptakan kerja sama dalam membuat atau berbagi konten masing-masing melalui tautan.

Berkolaborasi dengan blog lain juga mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Ini karena mendapatkan konten luar biasa untuk di posting dan meningkatkan trafik blog data pengunjung setelah melakukan kerjasama.


Ubah Konten Blog Menjadi Video Youtube

Cara untuk mempromosikan blog dan meningkatkan trafik berikutnya ialah modifikasi konten blog Anda semenarik mungkin.

Baca Juga: Tambah Penghasilan dengan 10 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Salah satunya dengan mengubah postingan menjadi video kemudian mengunggahnya di Youtube. Hal ini bisa dilakukan karena dianggap cukup untuk menarik para pengguna media sosial.

Sebelum mengubahnya menjadi video, sebaiknya Anda memilih postingan yang memiliki kualitas terbaik. Konten dalam situs Youtube juga akan lebih mudah mendapatkan ranking di Google di banding website baru dan mendapatkan trafik dari mesin pencari.


Penjangkauan Super Personal

Selain membagikan konten di media sosial, Anda harus menjalin sebuah hubungan personal dengan para pembaca.

Baca Juga: Belajar SEO: 10 Tips SEO Ampuh Untuk Blog Baru

Hal ini bisa dilakukan melalui email atau biasa disebut dengan surel marketing. Penelitian penjangkauan ini menemukan bahwa ada 32% pesan yang mendapat balasan.

Menghubungi pengunjung melalui email dirasa lebih efektif dibanding dengan membagikan di media sosial.

Untuk meyakinkan pembaca blog membagikan alamat emailnya, Anda bisa menambahkan tombol subscribe dan tawarkan konten eksklusif seperti infografik atau ebook gratis. 


Tinggalkan Komentar yang Bermanfaat di Blog Lain

Hal ini dirasa cukup sederhana, namun memberikan efek yang luar biasa. Ini perlu dilakukan oleh para blogger pemula, untuk membantu mengenalkan postingan mereka kepada orang lain dan memberikan kesan positif pada blog yang dikomentari. 

Memberikan komentar positif pada orang lain bisa mendatangkan trafik dengan dua cara. Pertama, Anda dapat menjalin hubungan yang baik dengan pemilik blog. Kedua, juga bisa berdiskusi dengan pengunjung lainnya dalam komentar. 


Gambar Media yang Menarik

Keunikan tampilan konten juga memiliki pengaruh besar. Sebelum memposting pada media sosial, ada baiknya mempromosikan blog dengan membuat gambar dengan semenarik mungkin.

Baca Juga: 10 Langkah Penting Dalam Mencari Peluang Usaha Online

Misalnya, menampilkan data dalam bentuk bagan. Hal ini mempengaruhi minat pengunjung blog untuk melihat konten di dalamnya.

Dimensi pada gambar juga harus menyesuaikan platform media sosial, seperti pada Twitter, Facebook dan Linkedln. Namun, membutuhkan sedikit usaha ekstra guna mencapai hasil maksimal.


Publikasi Postingan pada Waktu yang Tepat

Pasti Anda pernah mendengar istilah “Time is Money”. Bagi blogger pemula, sebaiknya lakukan eksperimen terlebih dahulu agar dapat menentukan waktu mana yang tepat untuk mengunggah postingan barunya.

Baca Juga: 10 SEO Tools Gratis yang Harus Dicoba

Pemilihan waktu yang tepat juga bisa mempengaruhi minat pengunjung blog. Pastikan untuk memilih jam dan hari berbeda dalam setiap postingan, agar pembaca tidak merasa bosan serta tidak terkesan melakukan spam pada situs web.

Kebanyakan bagi blogger pemula masih belum mengerti dan menjalankan teknik yang baik dalam mempromosikan situs. Dengan mempratikkan 10 cara untuk mempromosikan blog dan meningkatkan trafik diharap bisa membantu Anda dalam meningkatkan trafik blog.

Kontributor
Kontributor di website Seni Berpikir. Menulis beragam hal seputar teknologi, bisnis online, blogging, SEO, WordPress dan masih banyak lagi.

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

Belajar SEO: 10 Tips SEO Ampuh Untuk Blog Baru

Belajar SEO: 10 Tips SEO Ampuh Untuk Blog Baru - Keberhasilan dari sebuah blog biasanya ditandai dengan jumlah pengunjung/pembaca, pengikut hingga penghasilan yang berhasil didapatkan...

Memperkenalkan Google Sitelinks! Apa itu Google Sitelinks?

Memperkenalkan Google Sitelinks! Apa itu Google Sitelinks? - Keberadaan Google Sitelinks di hasil pencarian mesin pencari terbesar dunia, Google, sudah sangat populer dan membuat...

10 Situs Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog

10 Situs Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog - Ada banyak sekali gambar di internet, tetapi ketahuilah bahwa tidak semua gambar yang beredar di internet bisa Anda...

1 KOMENTAR

  1. Terimakasih Mas.
    Tulisan yang menginspirasi.
    Seneng juga kalo tulisan dibaca banyak orang jadi bermanfaat.

    Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ikuti Kami!

1,370FansLike
795FollowersFollow
210SubscribersSubscribe

Terpopuler

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!