10 SEO Tools Gratis yang Harus Dicoba

10 SEO Tools Gratis yang Harus DicobaKetika Anda sudah mulai bosan dalam mengelola website yang sepi akan pembaca, jangan terburu untuk putus asa.

Sebab, kini dengan kemajuan teknologi pengelola suatu laman dapat melejitkan angka pengunjung tersebut.

Dengan berbagai upaya dan usaha dalam meningkatkan persentase pengunjung, terdapat 10 SEO tools gratis yang harus dicoba guna membantu Anda mengelola website.

Ini dilakukan agar terus meningkatkan eksistensi dalam menghadirkan sebuah konten.

10 SEO Tools Gratis yang Harus Dicoba

Ubersuggest

Menggunakan Ubersuggest, Anda bisa melakukan riset keyword untuk mengembangkan artikel yang akan diunggah ke blog masing-masing.

Baca Juga: 10 Kursus Online Terbaik Untuk Belajar SEO di Udemy

Cara menggunakannya cukup mudah, masuk ke situs dan tuliskan di kolom pencarian kata kunci tersebut.

Kemudian, akan muncul beberapa kata yang sesuai dengan tipikal pencarian terbanyak dari pemakai Google.

Mulai dari presentase, persaingan, kompetisi hingga beberapa blog yang memakai kata kunci terkait. Bagaimana? Tertarik menggunakan SEO audit ini?


Plugin SEO WordPress

WordPress menjadi software utama yang digunakan oleh mayoritas website yang ada di dunia. Karena itu, ada banyak sekali orang maupun sumber daya yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kinerja website berbasis WordPress, terutama dari segi SEO.

Plugin WordPress berfungsi untukmemperluas WordPress secara fungsional sehingga dapat website berbasis WordPress bisa digunakan untuk keperluan yang jauh lebih banyak.

Baca artikel berikut untuk menemukan plugin SEO WordPress terbaik:


Keywordtool.io

Apabila Anda seorang pelaku usaha online, pemilik bisnis ataupun pengelola konten, tentu hal utama menjadi target adalah ingin memaksimalkan pengunjung dalam mengunjungi, membaca dan kemudian membeli suatu produk ataupun layanan di dalamnya.

Baca Juga: 11 Tips Agar Blog Cepat Terindeks Google

Situs ini sebagai alat bantu untuk melakukan riset keyword. Tidak perlu menggunakan versi premium yang membuat Anda berfikir pengeluaran.

Cara menggunakannya, cukup ketikkan kata kunci yang dikehendaki pada kolom pencarian dan kemudian tools akan memberi beberapa pilihan yang sesuai.


Keyword Planner

Sebagai upaya pemaksimalan publikasi situs pada blog Anda, jangan melewatkan layanan riset keyword gratis dengan menggunakan SEO tools gratis dari Google Keyword Planner.

Baca Juga: Meningkatkan Track Record Website dengan Search Engine Optimization (SEO)

Cara menggunakannya juga terbilang sangat mudah. Klik perintah “Mulai Sekarang” pada laman utama.

Beberapa saat kemudian, pengguna akan diminta memasukan kata kunci apa yang diinginkan. Ketikkan dengan benar dan klik perintah “selanjutnya”.

Kemudian Anda akan mendapatkan rekomendasi beberapa kata pendukung untuk artikel SEO berdarkan jenis konten tersebut.


Google Trends

Menganalisa berbagai tren saat ini dan di masa lampau kini semakin mudah dilakukan melalui Google Trends. Alat tersebut akan menampilkan peluang terbesar yang bisa diterapkan pada bisnis atau konten blog Anda.

Baca Juga: Apa Itu Google BERT? Mengenal Algoritma Terbaru Google BERT

Meski tidak spesifik digunakan sebagai SEO tools, namun Google Trends kerap dilakukan untuk memprediksi apa yang akan viral dan populer di masa mendatang berdasarkan data saat ini dan data historis di pencarian Google.

Dengan begitu, Anda bisa membuat konten blog berdasarkan hasil analisa data Anda dan kemudian mengoptimalkannya dari segi SEO dan mempromosikannya di media sosial.


SEO Review Tools

Salah satu dari 10 SEO tools gratis yang harus dicoba ini, SEO Review Tools, dapat membantu Anda dalam memeriksa suatu konten yang terindikasi duplikat atau pun membedakan sebuah URL.

Baca Juga: Cara Kerja Mesin Pencari Google: 3 Fundamental SEO

Baik secara spesifik dari berbagai halaman plagiasi lainnya. Meskipun terbilang gratis, namun ada beberapa keterbasan di beberapa layanan. 

Untuk lebih memudahkan, gunakan browser Chrome dan Firefox. Masuk ke dalam link SEO Review Tools terlebih dahulu, kemudian pada halaman utama silahkan pilih layanan sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya mengecek untuk peringkat, klik saja “Rank Checker” dan tunggu beberapa saat hingga muncul penjelasannya.


Google Search Console

Salah satu andalan semua webmaster atau pemilik website adalah Google Search Console. Siapapun yang memiliki website patut mencoba SEO Tools yang satu ini, karena layanannya dapat diakses secara gratis.

Baca Juga: Cara Memverifikasikan Blog di Google Search Console

Di dalamanya terdapat berbagai fitur, seperti membantu memudahkan mengcrawl suatu situs, melihat data traffic google penelusuran dan menerima pemberitahuan saat terjadi spam.

Tidak hanya itu, melainkan juga mampu membantu dalam menemukan masalah pengindeksan, menampilkan secara rinci situs apa saja yang tertaut dengan milik Anda.

Selain itu, hal paling unggul ialah dapat memecahkan problem terkait AMP, kegunaan seluler dan masih banyak lagi.


Google SERP Tool

Jika Anda membutuhkan alat pengoptimalan dalam mencari “snipet” yang tidak berbayar alias gratis, maka SEO jenis Google Serp Tools patut dicoba. Pasalnya, link tersebut memberikan bentuk susunan judul pada halaman website secara tertera dan tertata. 

Baca Juga: Cara Mendapat Backlink Berkualitas Dari Google Search

Pada laman awal, nantinya akan menampilkan 3 kolom perintah yang harus diisi. Yakni terdiri dari halaman judul, URL dan deskripsi meta.

Anda harus memasukkan kata kunci pada website ke dalam bagian-bagian tersebut. Ini untuk melihat preview tampilan halaman web/blog di hasil pencarian Google.


Google PageSpeed Insights

Google sudah secara resmi menyatakan bahwa kecepatan loading sebuah website, terutama di perangkat mobile, merupakan salah satu indikator terpenting pencarian di Google. Artinya, kecepatan loading adalah elemen penting dalam SEO sebuah website.

Loading lama dalam website tidak hanya disebabkan dari gangguan jaringan saja. Elemen yang ada di dalam blog mulai dari aset visual, script, dan lain sebagainya bisa memperlambat blog apabila tidak dioptimalkan.

Anda bisa mengukur kecepatan loading blog Anda dengan Google PageSpeed Insights dan memperbaiki rekomendasi-rekomendasi perbaikan yang disebutkan pada hasil analisa kecapatan.

Anda juga bisa menggunakan alat lain seperti ThinkWithGoogle, Pingdom dan juga GTMetrix.


Website Penalty Indicator

Perlu diwaspadai ketika tampilan website Anda tidak dapat muncul di bagian utama pencarian. Bisa jadi telah dibanned oleh pihak Google. Untuk mengetahui kebenarannya, silahkan Anda mencobanya dengan memasukkan link Penalty Indicator di Google. 

Isikan semua kolom sesuai dengan perintah, tunggu beberapa saat. Kemudian, alat tersebut akan memberitahu Anda tentang apa saja yang menjadi indikasi sebuah website mengalami penalti.

Baca Juga: 10 Ukuran Banner Google Adsense dengan Rate PPC Tertinggi

Dari 10 SEO tools gratis yang harus dicoba di atas, Anda dapat memilih menyesuaikan penggunaannya berdasarkan keluhan, masalah atau kebutuhan lainnya. Ikuti langkah pada setiap perintah dengan benar dan nikmati hasil memuaskan di bidang pengelolaan website. 

Kontributor
Kontributor di website Seni Berpikir. Menulis beragam hal seputar teknologi, bisnis online, blogging, SEO, WordPress dan masih banyak lagi.

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

7 Kesalahan SEO yang Harus Dihindari Setiap Blogger

7 Kesalahan SEO yang Harus Dihindari Setiap Blogger - Mengapa tulisan blog Anda tak kunjung berada di halaman pertama Google Search? Dalam blogging, tulisan berkualitas...

Apa Itu Google BERT? Mengenal Algoritma Terbaru Google BERT

Apa Itu Google BERT? Mengenal Algoritma Terbaru Google BERT - Perkembangan dunia digital seperti sekarang ini memungkinkan manusia mencari segala informasi dari berbagai macam...

Google Hummingbird, Algoritma Terbaru Pencarian Google

Google Hummingbird, Algoritma Terbaru Pencarian Google - Setelah bergerak maju dengan istilah PageRank, Google Penguin, Google Panda, kali ini ini Google menghadirkan algoritma terbaru...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ikuti Kami!

1,370FansLike
795FollowersFollow
210SubscribersSubscribe

Terpopuler

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!