Meningkatkan Track Record Website dengan Search Engine Optimization (SEO) – Berbicara tentang strategi digital marketing tentu tidak akan terlepas dari Search Engine Optimization (SEO).

Secara sederhana, SEO adalah proses yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan traffic kunjungan dengan memanfaatan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari.

Salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan pengguna internet adalah Google sehingga optimasi website umumnya mengikuti Google Guidelines dengan asumsi bahwa apabila performa website baik di mata Google maka akan sejalan dengan mesin pencari lainnya seperti Yahoo maupun Bing.

Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis.

Meningkatkan Track Record Website dengan Search Engine Optimization (SEO)

Pengguna internet menggunakan mesin pencari baik untuk sekedar mendapatkan informasi, membeli barang, atau mencari jasa yang dibutuhkan. Dengan memaksimalkan hasil pencarian kata kunci terkait dengan produk atau jasa, maka kita bisa meningkatkan track record website dengan kaidah SEO tersebut.

BACA JUGA:  Google Hummingbird, Algoritma Terbaru Pencarian Google

Hadirnya informasi produk atau jasa perusahaan di halaman pertama sangat berpeluang bagi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan.

Kelebihan dari optimasi kata kunci pada mesin pencari adalah adanya minat atau ketertarikan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan melalui kata kunci yang digunakan oleh calon pelanggan.

Dengan adanya minat dan hasil pencarian yang relevan maka produk dan jasa yang ditawarkan akan menjawab kebutuhan calon pelanggan. Hasil dari mesin pencari google terbagi menjadi dua : hasil pencarian organik, dan iklan (ditandai dengan logo ads).

Search Engine Optmization sendiri bekerja untuk memaksimalkan hasil pada hasil pencarian organik, sehingga website perusahaan bisa berada di halaman pertama hasil pencarian google.

Bisa dibayangkan potensi besar yang akan didapat apabila produk atau jasa perusahaan Anda tampil di halaman pertama google. Banyaknya jumlah pencarian kata kunci tersebut dan probabilitas jumlah klik yang akan mendatangkan omzet tentu dapat dihitung dengan metode berikut :

· Jumlah pencarian kata kunci “jual genset” = 100.000 / hari

Apabila perusahaan Anda menjual genset dan muncul pada halaman pertama maka :
1% dari 100.000 akan melakukan klik ke website perusahaan anda yaitu : 1000 klik
Dan dari 1000 pengunjung adalah potensi pelanggan, kemungkinan besar setidaknya 1% membeli genset dari website Anda. Dengan tampil di halaman pertama google maka potensi setidaknya menjual 100 genset sehari sudah dapat dipastikan.

BACA JUGA:  5 Cara Membangun Konten SEO dalam Bisnis Online

Search engine optimization atau SEO perlu dilakukan oleh mereka yang memahami betul kinerja sistem pencari sehingga dapat melakukan analisa supaya website perusahaan sesuai dengan google guidelines selain itu ada juga metode-metode off page atau di luar struktur website yang perlu dilakukan agar kata kunci yang di targetkan dapat optimal.

Dalam melakukan SEO juga sangat diperlukan pengetahuan yang mendalam perihal teknik yang digunakan, jangan sampai teknik yang digunakan justru membuat website Anda di banned oleh google sehingga tidak dapat ditemukan di hasil pencarian.

Apabila Anda tidak mempunyai waktu untuk mempelajari secara mendalam teknik SEO yang aman dan efektif tidak ada salahnya menyerahkan SEO website anda ke digital agency yang berpengalaman dan didukung oleh tim yang ahli seperti indotrading.com, sehingga website anda akan memiliki performa baik tanpa harus khawatir terkena penalti dari google.

TINGGALKAN KOMENTAR