Cara Mudah Mendapatkan Topik Tulisan Blog – Banyak sekali orang yang mulai berhenti blogging karena sulit mendapatkan topik untuk tulisan blog-nya. Tak sedikit pula yang mulai jarang atau malah berhenti sama sekali karena tak juga mendapat ide atau pun topik untuk tulisannya.

Setiap blogger memang ada kalanya merasakan hal di atas. Tetapi ada banyak sekali cara untuk mengatasinya. Ketakutan terbesar blogger atau pun penulis lainnya adalah, mungkin saja, takut tulisannya tidak disukai oleh pembaca. Perlu diketahui bahwa, tidak ada cara cepat agar tulisan kita dibaca. Terlebih lagi tidak ada cara cepat untuk mengetahui apakah topik yang kita angkat menjadi tulisan menarik bagi pembaca atau tidak.

Tetapi ada banyak cara mudah untuk mendapatkan topik tulisan blog yang HARUS Anda ketahui. Tergantung bagaimana cara Anda menyampaikan topik tersebut kepada pembaca Anda. Tentu Anda harus melakukan riset ke berbagai media untuk menghasilkan tulisan yang komplit dari segi fakta yang ada. Pun begitu, jika Anda ‘hanya’ merasa kesusahan di bagian pencarian topik untuk tulisan Anda, maka teruslah membaca artikel ini.

BACA JUGA:  Review Hosting Bluehost: Hosting Murah dan Terbaik

Anda selama ini mungkin saja menulis apapun yang Anda suka. Tulisan Anda mungkin dibaca dan disukai oleh beberapa orang yang sepaham atau pun memiliki ketertarikan yang sama dengan Anda.

Menulis di blog tidak hanya sesimpel itu. Ada kalanya Anda harus mencari topik yang ‘mudah’ disukai oleh banyak orang, tidak harus semua orang. Hal-hal yang berbau kontroversi, fakta menarik maupun unik, hal-hal ‘gratisan’, dan beberapa contoh lain seringkali mampu menangkap banyak perhatian dari pencari informasi.

Nah, langsung ke intinya, bagaimana cara mudah mendapatkan topik tulisan blog yang ‘mudah’ disukai banyak orang?

1. Media Sosial

Yang inilah sumber topik tulisan blog yang paling sering digunakan oleh blogger, amatir maupun profesional. Kenapa? Di Indonesia saja, berapa jumlah akumulasi pengguna Facebook, Twitter, Path, dan sebagainya? Sangat banyak, bukan?

Dari sana, ada banyak sekali hal-hal baru yang dibicarakan banyak orang. Mulai dari kontroversi, tragedi, hal-hal lucu, dan sebagainya. Gunakanlah apa yang sedang dibicarakan banyak orang sebagai topik tulisan blog Anda. Lakukan riset terlebih dahulu sebelum benar-benar mengangkatnya menjadi sebuah tulisan. Mudah sekali, bukan?

BACA JUGA:  5 Taktik Efektif Dalam Mempromosikan Blog

2. Perbanyak Membaca Meme

Meme? Apa itu? Anda tahu 9gag? Gambar-gambar penuh maksud dan arti itulah disebut dengan Meme. Membaca atau pun sekedar melihat gambar tanpa tulisan di Meme sangat membantu mendapatkan tulisan blog.

Orang-orang menyukai Meme karena makna sarkastiknya, dan fakta-fakta yang selama ini kita alami tapi tak kita sadari seutuhnya. Buatlah topik tulisan blog yang memiliki esensi seperti yang disampaikan oleh Meme.

3. Tanyakan Hal Menarik Kepada Pembaca Blog Anda

Ada banyak hal yang belum diketahui orang. Karena itulah orang-orang sekarang ini sering menggunakan teknologi informasi seperti internet untuk mendapatkan informasi yang mereka cari. Itu pun tak semua informasi yang mereka butuhkan bisa mereka dapatkan di internet.

Karena itulah, tanyakan kepada pembaca blog Anda di akhir setiap postingan. Mereka akan dengan senang hati menanyakan hal-hal yang belum mereka ketahui. Rajinlah membalas komentar di blog Anda. Biasanya ada banyak hal yang ditanyakan melalui komentar. Apa yang mereka tanyakan, jawablah dengan postingan di blog Anda.

BACA JUGA:  Anda Punya Website Mobile Friendly? Ini Cara Mengetahuinya

Mungkin masih banyak cara mudah mendapatkan topik tulisan blog yang Anda ketahui, bersedia kah Anda membagikannya melalui kolom komentar?

TINGGALKAN KOMENTAR