SeniBerpikir_Kepercayaan Diri Dalam Blogging, bloggingMembangkitkan Kepercayaan Diri Dalam Blogging – Sadarlah bahwa tidak semua blogger memiliki kepercayaan diri dalam mengelola blog-nya. Sebaliknya, justru banyak blogger dan calon blogger yang masih tidak percaya diri untuk terus mengelola blog yang harusnya menjadi kebanggaannya.

Ada beberapa hal yang membuat kepercayaan diri dalam blogging tak juga tumbuh:

1. Bakat Menulis, karena setiap blog memang membutuhkan tulisan sebagai bentuk deskripsi hal yang ingin disampaikannya kepada pembaca di luar sana.

2. Kualitas Konten, lebih dulu mengira bahwa konten blog-nya tidak berkualitas dan tidak mengandung manfaat bagi pembaca.

3. Pandangan/Komentar Negatif, paling ditakutkan karena banyak sekali orang yang tidak suka dikritik atau dikomentari secara negatif dari orang-orang.

Banyak kekhawatiran yang mengganggu setiap orang, terutama blogger yang akan selalu menghadapi banyak orang terkait konten yang diberikannya kepada orang-orang melalui blog. Kekhawatiran tersebut justru membuat kepercayaan diri dalam blogging tak kunjung tumbuh untuk terus berkarya lewat blog. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui untuk meningkatkan kembali kepercayaan diri dalam blogging:

BACA JUGA:  Tips Untuk Mempercepat Loading Blog

1. Tulisan Anda Tidak Harus Sempurna

Ingatlah, ketika kita membagikan tulisan kepada pembaca melalui blog, kita sebenarnya berbagi informasi yang kita tahu dengan ikhlas terlepas dari kepentingan komersil melalui blog yang juga kita pikirkan. Tetapi bukan kepentingan komersillah yang kita kejar sebenarnya, tetapi niat untuk berbagi dan menyebarluaskan informasi agar semakin banyak orang yang mengetahuinya.

Apapun yang penting menurut Anda tidak usah takut untuk menceritakannya kepada orang lain. Untuk sampai ke blog Anda, tentu ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para pembaca Anda sehingga benar-benar sampai ke blog Anda dan membaca tulisan Anda. Dan Anda harus berpikir ulang kenapa pembaca bisa sampai dan mau membaca tulisan Anda.

Tidak ada yang mengharuskan Anda untuk membuat tulisan yang sempurna. Ingat, kita sedang menulis di blog bukan menulis karya ilmiah yang harus memenuhi berbagai persyaratan. Jadi jangan biarkan bakat menulis Anda menjadi halangan untuk tetap mengembangkan blog Anda.

2. Sangat Wajar Tulisan yang Tidak (Akan Pernah) Sempurna Jika Dikritik

BACA JUGA:  Tips Blogging Saat Anda Kekurangan Ide

Tidak ada hal yang sempurna. Tidak ada pula tulisan yang sempurna. Tulisan Anda dan saya memang tidak sempurna dan tidak akan pernah sempurna, sama seperti tulisan-tulisan lainnya. Bukankah wajar jika tulisan kita dikritik? Kenapa kita takut dengan kritikan? Semua hal sudah ada yang mengkritik, jadi kenapa tulisan kita yang tidak sempurna tidak boleh dikritik? Blogger yang sudah sangat terkenal dan sangat sukses pun tak lepas dari kritikan kok.

Dan lagi pula, jika ada kritikan yang Anda dapat dari pembaca blog Anda, bukankah itu bagus? Berarti mereka benar-benar membaca dan mendalami tulisan Anda sehingga mampu memberikan kritik, bukan? Jika mereka tidak menikmati isi blog Anda maka mereka akan pergi begitu saja dari blog Anda, tidak akan membuang-buang waktu untuk memberikan komentar. Jadi janganlah jadikan kritikan menjadi halangan untuk menumbuhkan kepercayaan diri dalam blogging.

3. Menulis dan Menulislah Terus!

Jika kepercayaan diri dalam blogging sudah putus maka usailah sudah! Anda hanya perlu mengingat, jika Anda sudah memulai maka teruslah memulai. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana nasib blog kita nanti jika kita tak terus mengelolanya. Jika kepercayaan diri dalam blogging sudah berhenti maka Anda sudah pasti mengetahui nasib blog Anda, terabaikan begitu saja.

BACA JUGA:  Start a Blog #2: Pilih Niche Blog Anda

Teruslah menulis dan berikan yang terbaik bagi pembaca Anda. Tetaplah percaya diri untuk pemikiran dan tulisan Anda sendiri. Intinya teruslah menulis dan hargai tulisan Anda sendiri.

Setiap blogger akan menghadapi banyak sekali tantangan dalam mengembangkan blog-nya. Yang perlu kita lakukan hanyalah membangkitkan kepercayaan diri dalam blogging dan hadapi setiap tantangan tersebut.

SHARE
Artikel SebelumnyaCiri – Ciri Cewek PHP
Artikel Selanjutnya5 Hal Dasar Blogging
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR