5 hal yang Bikin Visitor Tidak Betah di Blog Anda – Pernah mampir ke blog yang dipenuhi dengan berbagai macam iklan?

Saya sering, dan tidak suka. Mungkin Anda juga. Apa yang saya lakukan jika menemukan blog demikian? Close tab.

Jika saya saja sampai melakukan close tab demikian, maka bukan tidak mungkin ada puluhan bahkan ratusan pengunjung yang saat membuka blog tersebut juga melakukan hal yang sama. Tidak peduli berkualitas atau tidaknya artikel yang ada didalamnya.

Masalah buat webmaster? Tidak juga, unique visitor sudah bertambah saat blog tersebut ter-load saat dibuka. Tapi bounce rate-nya bakal menjadi tinggi.

Baca Juga: Membangkitkan Kepercayaan Diri Dalam Blogging

Webmaster yang memperhatikan nilai bounce rate pasti tidak akan mau bounce rate blog-nya tinggi, maka biasanya diatur supaya visitor tidak cuma buka satu halaman di blog-nya, tapi terus klik artikel yang lain, dan lainnya.

Ingin pengunjung blog Anda betah? Perhatikan 5 hal yang bikin visitor tidak betah dalam suatu website, dan lakukan kebalikannya.

5 hal yang Bikin Visitor Tidak Betah di Blog Anda

1. Penuh Dengan Iklan

Benar, iklan adalah salah satu cara mencari ‘receh’ dari website Anda. Namun bukan berarti dipersilahkan untuk mengusik pengunjung Anda.

Baca Juga: 6 Ide Topik Untuk Memulai Blog Bagi Wanita

Ingat, user cenderung menghindari iklan, maka hanya taruh iklan di tempat strategis, sesuai dengan warna sekitarnya, dan relevan dengan artikel / website yang tengah dibaca. Bukan dengan cara memaksa visitor untuk mengklik iklan tersebut.

Baca Juga: Ikuti Tips Ini Agar Diterima Google Adsense

Jika design website Anda kurang mumpuni untuk penempatan iklan, gunakanlah jasa web design, sudah banyak jasa web design di Indonesia yang bisa Anda gunakan, minta agar dibuatkan design website yang memiliki spot khusus untuk iklan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Agar pendapatan dari iklan tetap jalan, dan pengunjung tidak merasa dijejalkan iklan. Jika pengunjung naik kan bisa menerima jasa review juga, duit lagi.

2. Terdapat Widget Player yang Auto Play

Pengunjung mengakses blog Anda untuk membaca artikel yang ada didalamnya, bukan untuk mendengarkan playlist yang Anda sukai. Percayalah, mereka memiliki playlist kesukaan mereka sendiri. Jadi tolong buang itu widget auto play.

Baca Juga: Tips Blogging: 7 Hal Penting yang Bisa Dimanfaatkan Setiap Blogger

3. Load Halaman Blog Lama

Ini balik lagi ke widget. Minimalkan widget yang berada di blog Anda. Terutama widget yang berasal dari website luar, semacam Facebook dan Twitter, karena bila Anda memiliki keduanya di blog Anda, maka saat pengunjung membuka halaman blog Anda sebenarnya dia juga mengakses Facebook dan Twitter juga.

Baca Juga: Tips Mempercepat Loading Blog

Ini membuat load halaman blog Anda menjadi lebih lama. Dan blog yang lama untuk diakses akan diingat untuk tidak dibuka kembali.

4. Hanya Berisikan Teks

Berikan gambar. Pengunjung akan lebih mudah menangkap maksud post Anda jika disajikan contohnya berupa gambar. Ketiadaan gambar dalam post Anda, akan membuat kesalahpahaman, juga akan membuat pengunjung malas untuk berkunjung kembali.

Baca Juga: Cara Mencari Gambar Langsung Dari Dashboard WordPress

5. Post Tidak Menarik

Jutaan blog yang ada di Indonesia saja, kenapa pengunjung harus membaca blog Anda yang tidak menarik, sementara diluar sana masih banyak blog menarik yang masih bisa dibaca? Untuk itu buatlah post menarik agar post Anda mengandung nilai lebih bagi pembaca.

Baca Juga: 6 Rahasia Blogging yang Bisa Anda Ambil dari Jurnalis

Ke-5 alasan user tidak menyukai blog ini bisa jadi panduan Anda dalam membuat blog yang nyaman untuk user. Kenyamanan user bisa membuat mereka tidak segan untuk mem-bookmark, me-Like, follow, circle, bahkan mensubscribe blog Anda.

Baca Juga: 11 Topik Blog Terpopuler yang Disukai Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.