Mempercepat Loading Blog (Google.com)
Mempercepat Loading Blog (Google.com)

Tips Untuk Mempercepat Loading Blog – Mempercepat loading blog merupakan hal berikutnya yang harus dilakukan oleh blogger setelah mengisi blog dengan tulisan yang berkualitas, mendapatkan pengunjung, dan hal penting lainnya yang wajib Anda penuhi.

Setelah Anda memenuhi hal-hal di atas, maka ada baiknya Anda berpindah ke tahap mengenai kecepatan loading blog Anda.

Sadar atau tidak, ketika orang yang mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google mengetikkan keyword dan kemudian mengarahkannya ke dalam blog Anda, maka blog Anda hanya punya waktu sekitar 10 detik untuk membiarkan pengunjung tersebut menunggu.

Artinya, kebanyakan pengguna internet menginginkan informasi yang mereka cari di internet bisa mereka dapatkan dengan cepat. Jika mereka terhubung ke dalam blog Anda, biasanya mereka hanya punya waktu 10 detik untuk menunggu loading blog Anda terbuka sepenuhnya. Jika lebih dari 10 detik, mereka pergi dan mencari informasi di blog lainnya.

Hal ini akan mengurangi kredibilitas blog Anda dan akan membuat blog Anda sepi pengunjung. Kualitas blog Anda juga akan berkurang di mata Google dan mesin pencari lainnya, sehingga tingkat SEO blog Anda beserta pagerank-nya bisa berkurang. Untuk itu Anda perlu melakukan berbagai optimasi atau pembaharuan untuk mempercepat loading blog Anda.

Pertama, coba cek seberapa cepat loading blog Anda dengan menggunakan Google PageSpeed Insights atau GTMetrix. Masukkan URL blog Anda ke masing-masing situs tersebut dan lihatlah berapa nilai kecepatan Anda dari 1-100.

BACA JUGA:  Cara Mengetahui Segalanya Tentang Website Tertentu

Secara umum untuk mempercepat loading blog berdasarkan perangkat tersebut, cukup cek saja hal-hal apa saja yang disarankan. Kedua perangkat tersebut akan menampilkan nilai dan kecepatan blog Anda dan menyebutkan/menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu Anda perbaharui untuk mempercepat loading blog Anda.

Di dalam tulisan ini saya akan membantu Anda untuk mempercepat loading blog dengan memberikan tips untuk mengoptimasi blog Anda.

Inilah tips untuk mempercepat loading blog dari saya:

1. Pilih Webhosting yang berkualitas

Jika Anda menggunakan situs dengan hosting sendiri, maka pilihlah hosting dengan kapasitas CPU yang bagus. Jangan hanya menilai hosting dari kapasitas memori dan bandwidth yang diberikan. Coba pelajari seberapa besar batasan penggunaan CPU yang mereka sediakan.

Jika server tersebut menyediakan sedikit saja ruang untuk blog Anda, maka response time yang diterima blog Anda akan mempengaruhi kecepatan blog Anda menjadi semakin lambat.

2. Gunakan Theme yang Simple dan Cepat.

Ada banyak sumber yang menyediakan theme gratisan. Anda mungkin tertarik dengan theme yang berpenampilan keren apalagi gratis. Namun Anda tidak tahu bahwa tampilan yang keren saja akan menghadirkan fitur-fitur kompleks sehingga banyak struktur yang harus diproses oleh pengunjung blog Anda sehingga membutuhkan waktu lebih untuk terbuka secara keseluruhan.

Gunakan theme yang simple. Biar simple tapi bersahabat bagi pengunjung. Ada banyak theme simple tapi keren dan juga mendukung kecepatan proses loading, seperti misalnya Swift Basic wordpress theme.

BACA JUGA:  Pentingnya Profesionalisme Sebagai Blogger

3. Optimasikan Penggunaan Gambar

Optimasikan penggunaan gambar di dalam blog Anda. Terkadang Anda sesuka hati mendownload gambar untuk ditempatkan di blog Anda tanpa memperdulikan ukuran file gambar tersebut. Sebelum Anda menuploadnya ke dalam postingan Anda, ada baiknya Anda merubah ukurannya terlebih dahulu. Atau mengkompres gambar tersebut menjadi tipe “Web”.

Selain itu Anda dapat menggunakan plugin Wp-Smush It untuk mengoptimalkan ukuran gambar. Jika di halaman utama blog Anda terdapat banyak sekali gambar dengan berbagai ukuran, maka Anda perlu menggabungkannya ke dalam satu CSS Sprite. Baca instruksinya melalui mbah Google 😀

4. Minimalkan Penggunaan Plugin

Khusus Anda pengguna CMS wordpress, ada baiknya Anda mengurangi penggunaan plugin karena akan berdampak pada proses loading blog Anda. Plugin akan membuat hosting bekerja lebih keras sehingga membutuhkan waktu ekstra untuk bekerja pada server sehingga berdampak pada kecepatan blog Anda.

Install saja plugin yang memang betul-betul berguna untuk blog Anda seperti All in SEO Pack atau WordPress SEO by Yoast, dan sebagainya. Untuk mempercepat loading blog Anda, saya sarankan untuk menggunakan plugin W3 Total Cache atau WP Super Cache. Salah satu dari kedua plugin tersebut memiliki dampak yang sangat signifikan dalam mempercepat loading blog Anda.

Plugin Related Posts lainnya, Jetpack, dan plugin-plugin yang tidak terlalu berguna lainnya tidak usah diinstall karena ternyata dapat memberatkan server hosting Anda.

5. Tampilkan Lebih Sedikit Postingan di Halaman Utama Blog Anda

BACA JUGA:  Cara Memasang Favicon di Blog

Menampilkan lebih sedikit postingan di homepage blog Anda ternyata memiliki pengaruh untuk mempercepat loading blog Anda. Tampilkan 4-6 postingan di homepage blog Anda dengan mode summary (bukan full post).

6. Jangan Tiru Tampilan Blog Lain

Mungkin Anda menyukai tampilan blog lain dengan berbagai alasan, misalnya karena mereka menggunakan slider di homepage blog mereka, mereka menggunakan plugin related posts dengan tampilan thumbnail di setiap postingan blog mereka, menggunakan plugin komentar yang bagus, dan sebagainya.

Jangan tiru tampilan mereka. Mungkin mereka memiliki cara-cara khusus atau pengetahuan lebih mengenai cara-cara mengoptimalkan database, JavaScript, CSS, dan sebagainya. Atau mereka menggunakan hosting dengan kapasitas yang lebih besar dari Anda, sehingga blog mereka lebih kuat menanggung proses kompleks dari konten blog mereka.

Intinya, Anda harus sadar hosting apa yang Anda gunakan dan sejauh mana pengetahuan Anda untuk mempercepat blog Anda dengan edit database, JavaScript, CSS, dan berbagai jenis coding lainnya.

Itulah tips untuk mempercepat loading blog dari saya. Apa ada yang kurang? Atau ingin menambahkan? Jangan sungkan untuk menggunakan kotak komentar di bawah ini. Anda juga bisa mendapatkan tips dari sumber lainnya yang berkaitan untuk mempercepat loading blog.

Setelah Anda melakukan berbagai optimasi dengan bantuan tips di atas, silahkan cek kembali kecepatan loading blog Anda di Google PageSpeed Insights dan GTMetrix. Salam blogger 😀

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR