Google.com
Google.com

7 Cara Mudah Mendapatkan Pengunjung Blog – Mendapatkan pengunjung blog yang lebih banyak dari yang biasanya merupakan hal yang harus dilakukan agar aktivitas blog kita terus berjalan. Untuk apa Anda nge-blog jika tulisan Anda tidak ada yang baca? Hal inilah yang membuat sebagian orang berhenti nge-blog.

Dalam tulisan ini, saya membagikan 7 cara mudah mendapatkan pengunjung blog agar kita tidak lagi malas nge-blog dan juga untuk menjadikan blog kita lebih populer. Tentu faktor pengunjung blog sangat penting untuk mengukur apakah aktivitas blogging kita terbilang sukses atau tidak. Saya juga masih berupaya melakukan cara ini karena blog saya pun masih baru dan tulisan di dalamnya pun masih sedikit.

Nah, inilah 7 cara mudah mendapatkan pengunjung blog tanpa harus membayar perusahaan pengiklan untuk mempromosikan blog kita:

1. Manfaatkan Yahoo! Answer

Sadar atau tidak, kehadiran social bookmarking blog seperti Infogue dan lintas.me serta forum-forum besar lainnya tidak membuat Yahoo! Answer menjadi sepi. Di Indonesia, pengguna Yahoo! Answer masih ramai dan masih cukup populer dibandingkan dengan pengguna forum-forum online yang memang sudah sangat populer.

Saya yakin Anda masih memiliki akun email yahoo. Manfaatkanlah Yahoo! Answer untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka yang berkaitan dengan tulisan di dalam blog Anda. Ada ratusan bahkan ribuan pertanyaan yang bisa Anda jawab dengan memanfaatkan tulisan di dalam blog Anda. Jawablah pertanyaan mereka dan berikan link tulisan di blog Anda sebagai sumber/referensi jawaban Anda.

Selain itu pantaulah apa yang mereka tanyakan. Jika Anda menggunakan blog dengan topik yang bebas dan apa yang mereka tanyakan itu menarik bagi Anda, maka tulislah sebuah artikel di blog Anda dan jawablah pertanyaan mereka dengan memasukkan menyertakan link tulisan yang sudah Anda tulis tadi.

BACA JUGA:  Cara Melaporkan Tulisan Copy-Paste ke DMCA

2. Social Bookmarking

Jika Anda yakin bahwa tulisan Anda sangat menarik dan berkualitas, maka gunakanlah social bookmarking untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Di Indonesia, saat ini social bookmarking yang sangat terkenal adalah Lintas.me dan juga Infogue. Manfaatkan kedua social bookmarking tersebut dan usahakanlah menulis konten yang kira-kira berpeluang menjadi headline di kedua social bookmarking tersebut.

Selain berpeluang besar mendapatkan pengunjung blog yang lebih banyak, Anda juga berpeluang mendapatkan backlink yang berkualitas. Dengan menautkan alamat URL blog Anda ke dalam social bookmarking, blog Anda berpeluang mendapatkan pagerank yang tinggi karena Anda mendapatkan backlink dari social bookmarking yang berpagerank tinggi.

3. Manfaatkan Forum Online

Sama seperti 2 poin di atas, manfaatkanlah forum online untuk mempromosikan tulisan di dalam blog Anda. Pengguna forum online di Indonesia sudah sangat banyak dan forum online pun sudah sangat populer di negeri ini. Sama seperti menggunakan Yahoo! Answer, manfaatkan forum online dengan mencari pertanyaan-pertanyaan yang kebetulan sudah Anda tulis di dalam blog Anda. Atau buatlah thread baru khusus untuk membicarakan topik yang Anda tulis di dalam blog Anda agar Anda lebih mudah sekalian berpromosi.

Selain itu Anda juga bisa menautkan link situs Anda di forum-forum besar seperti Kaskus, DetikForum, KompasForum, VivaForum, dan sebagainya untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Pagerank dari forum-forum online tersebut tentu tinggi, jadi Anda juga berpeluang meningkatkan pagerank dengan menghasilkan backlink dari forum-forum tersebut.

BACA JUGA:  Membuat Blog yang Menghasilkan

4. Penulis Tamu

Menjadi penulis tamu di blog orang lain merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung blog sekaligus mempromosikan blog Anda. Pengguna internet tentu berharap mendapatkan tulisan yang berkualitas sehingga mereka akan betah membaca dan suatu saat akan kembali ke dalam blog yang berisi tulisan yang berkualitas.

Nah, ketika pengunjung membaca tulisan di suatu blog dan ternyata tulisan itu Anda yang menulisnya sebagai penulis tamu di blog tersebut, maka pengunjung kemungkinan besar akan berkunjung ke dalam blog Anda untuk membaca tulisan-tulisan Anda yang lainnya.

Jika Anda mau berkontribusi menjadi penulis tamu di blog ini, silahkan langsung saja kesini.

5. Twitter

Pengguna Twitter di Indonesia sudah sangat banyak. Twitter juga sudah sangat populer di Indonesia, dilihat dari jumlah tweet yang tercipta setiap detiknya. Untuk itu buatlah sebuah akun twitter jika Anda belum memilikinya, lalu promosikanlah tulisan Anda di twitter.

Anda juga bisa memanfaatkan TwitterFeed untuk secara otomatis memposting setiap tulisan terbaru blog Anda melalui twitter Anda. Selain itu permudahlan pengunjung blog Anda untuk secara otomatis men-share tulisan Anda ke akun twitter mereka dengan menempatkan tombol share sosial media gratis di setiap tulisan Anda. Gunakan plugin tertentu yang Anda suka jika Anda menggunakan wordpress self-hosted.

BACA JUGA:  10 Hal Penting Setelah Menginstall Wordpress

Selain itu buat jugalah akun twitter khusus blog Anda agar dapat menjaring pengunjung tetap yang mem-follow akun twitter tersebut. Letakkan jugalah widget Twitter Anda di sidebar atau footer blog Anda agar pengunjung yang ingin lebih mudah membaca tulisan Anda dapat menemukannya via twitter.

6. Facebook

Manfaatkanlah Facebook sama seperti memanfaatkan cara memanfaatkan twitter di atas. Facebook merupakan sosial media yang paling banyak penggunanya di Indonesia. Jadi tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan facebook untuk mendapatkan pengunjung blog.

7. Berkomentar di Blog Orang Lain

Berkomentarlah di blog orang lain yang memperbolehkan Anda untuk memasukkan URL website/blog Anda. Dengan begitu, pemilik blog yang memoderasi blog Anda sebelum menerimanya akan melihat alamat URL blog Anda yang kemungkinan besar akan melakukan kunjungan balik.

Selain itu berkomentarlah dengan kalimat-kalimat yang baik dengan penjelasan yang berisi (berkualitas). Jika  pemilik blog dan juga pengunjung lain tertarik dengan komentar Anda, maka kemungkinan mereka akan mencari tahu siapa Anda dengan berkunjung ke blog Anda.

Jangan pernah melakukan spam dalam berkomentar di blog orang lain karena kemungkinan besar nama dan URL Anda akan dikenali dan dicap sebagai spammer, sehingga peluang Anda mendapatkan pengunjung blog dari komentar menjadi tertutup.

Sekian pembahasan saya mengenai 7 cara mudah mendapatkan pengunjung blog. Cara-cara tersebut ternyata sangat berguna bagi blogger pemula dan bagi pemilik blog yang blog-nya masih baru. 7 cara ini untuk sementara berhasil saya implementasikan untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Selamat mencoba! 😀

SHARE
Artikel SebelumnyaCara Menaikkan Peringkat Alexa Rank
Artikel Selanjutnya5 Hal Yang Membuat Blogger Berhenti Blogging
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR