Blogwalking dan Manfaatnya: 5 Tips Blogwalking – Bagi blogger, pemula maupun pro, pasti sudah mengenal istilah blogwalking, yang setiap blogger pasti sudah pernah melakukannya. Sedikit penjelasan bagi yang belum tahu apa itu blogwalking, blogwalking adalah tindakan mengunjungi blog lain, baik melalui mesin pencari, refferral links, media sosial, maupun langsung mengetik nama blog yang dituju di browser.

Blogwalking mengandung banyak sekali manfaat, sadar atau tidaknya kita saat melakukannya. Setiap blogger tentu saja memiliki blog favoritnya masing-masing, dan kemungkinan besar secara rutin blogger tersebut pasti melakukan blogwalking di blog favoritnya tersebut.

Di balik tindakan sederhana blogwalking itu sendiri, ada banyak sekali manfaatnya untuk para blogger. Beberapa di antaranya adalah:

Manfaat Blogwalking Untuk Blogger

1. Menghasilkan Ide Baru

Inilah tips blogwalking utama yang sering dimanfaatkan blogger ketika blogwalking. Blogger membuka artikel blogger lain karena hendak menangkap informasi yang disampaikan lewat artikel tersebut. Informasi tersebut kita butuhkan, atau mungkin tertarik untuk kita baca, sehingga kita mau meluangkan waktu (dan bandwidth internet) untuk membuka artikel tersebut.

Dari situlah kita bisa menghasilkan ide baru untuk tulisan di blog kita. Selain ide baru untuk tulisan, kita juga bisa mendapatkan ide baru terkait dengan desain blog, menu blog, widget, dan segala hal yang berhubungan dengannya, entah itu tata letak menu dan widget, dan sebagainya.

2. Memperluas Koneksi

Ada jutaan blog yang aktif di Indonesia dari jutaan blogger aktif di baliknya. Dari jutaan itu, kitalah bagian di dalamnya. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memperluas koneksi dengan blogger-blogger yang blognya Anda sukai. Jangan sungkan untuk sekedar menyapanya lewat kolom komentar di bawah postingannya, atau di buku tamu jika disediakan. Tips blogwalking yang satu ini sangat penting untuk diterapkan.

Kemungkinan besar si pemilik blog akan mengunjungi kembali blog Anda sebagai tanda terima kasihnya karena Anda sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan meninggalkan komentar di artikelnya. Di sini, besar kemungkinan Anda dan si pemilik blog akan lebih mudah saling mengenal. Selain itu, punya teman sesama blogger adalah hal penting untuk mendukung popularitas blog Anda dan Anda sendiri sebagai blogger. Lakukan blogwalking untuk memperluas koneksi.

BACA JUGA:  Blogging Seperti Pro, Mulai Dari Sekarang

3. Memperdalam Gaya Penulisan

Tidak sedikit blogger yang selalu mengeluh soal gaya penulisannya. Atau, tidak sedikit pula mereka yang takut menjadi blogger aktif karena merasa tidak percaya diri dengan gaya penulisannya. Hal ini bisa diperbaiki dengan blogwalking, tentu saja.

Apa yang bisa Anda manfaatkan dengan blogwalking dalam hal ini? Alasan utamanya adalah, kemungkinan besar Anda menyukai sebuah blog karena desain, informasi yang disampaikan, dan gaya penyampaian informasi tersebut yang mudah Anda tangkap dan menarik untuk dibaca. Pelajarilah caranya menyampaikan informasi tersebut, dalam hal ini yang dimaksud adalah pelajarilah gaya penulisannya.

Apa yang membuat gaya penulisannya menarik? Anda tidak usah takut untuk menirunya, dan kombinasikan dengan gaya penulisan blogger lain, hingga pada akhirnya Anda akan menemukan gaya penulisan Anda sendiri.

4. Cara Menyampaikan Informasi yang Baik

Ada ribuan bahkan jutaan artikel yang dipublikasikan lewat media di internet setiap hari. Dari jutaan artikel tersebut, kemungkinan besar ada ribuan informasi yang sama yang disampaikan, tetapi cara menyampaikan informasinya saja yang berbeda-beda (kecuali blogger copy-paste).

Mengapa Anda lebih memilih untuk membaca salah satu blog/website untuk satu topik yang juga disampaikan oleh ribuan blogger lainnya? Ya, mungkin karena sumber tersebutlah yang pertama kali Anda lihat ketika membuka internet. Tetapi ada hal signifikan lain yang menyebabkan kenapa Anda lebih memilih untuk membaca informasi dari salah satu website.

Hal tersebut karena cara blogger tersebut dalam menyampaikan informasi menarik perhatian Anda, tentu saja dengan judul yang menarik, deskripsi yang baik dan didukung oleh feature image yang catchy. Anda bisa mempelajari cara menyampaikan informasi yang baik dari blogger yang menulisnya, dan hal ini sangat bergantung ketika Anda memanfaatkan blogwalking.

BACA JUGA:  7 Hal Agar Pengunjung Blog Menyukai Blog Anda

Itulah blogwalking dan manfaatnya yang harus Anda ketahui. Nah, sekarang bagaimana tips blogwalking yang baik?

5 Tips Blogwalking

1. Berkomentar Di Setiap Artikel yang Anda Baca 

Berkomentarlah di blog lain dengan nama dan URL blog Anda yang valid. Hal ini agar Anda mudah dikenal dan dikunjungi balik oleh sang pemilik blog dan pengunjung blog lain. Pastikan Anda membaca seluruhnya dan memahami inti dari artikel yang hendak Anda komentari. Berkomentarlah sesuai dengan isi, boleh pendapat tambahan atau kritikan, jangan hanya mengatakan ‘artikel menari’, atau ‘thanks’.

Sang pemilik blog kemungkinan besar tidak tertarik dengan komentar seperti itu dan tak terpikir untuk mengunjungi blog Anda. Berkomentarlah dengan baik, sesuai dengan isi artikel, menggunakan nama asli Anda, dan tempatkan URL pada kolom yang disediakan (bukan di kolom isi komentar karena nanti akan dianggap spam). Berkomentar di setiap artikel yang Anda baca juga bisa membantu Anda mendapatkan backlink dengan mudah dan gratis.

Bacaan Rekomendasi: Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Mudah dari Mesin Pencari

2. Pelajari Tata Letak Menu, Widget, dan Menu Apa Saja yang Ditempatkan Di Dalam Blog Tersebut

Di berbagai blog yang sudah populer ada saja menu dan widget yang tidak terpikir oleh kita dalam menggunakannya di blog kita. Penempatan menu dan widget tersebut tentu saja memiliki alasan. Pelajarilah menu dan widget yang mereka gunakan, apa kegunannya, penting atau tidak dipasang di blog kita, dan di mana mereka menempatkannya. Pelajari juga tata letak menu yang ada, yang tentu saja ditempatkan agar mudah diakses oleh pengunjung.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Google Fonts di WordPress

3. Pahamilah Mengapa Blog Tersebut Menjadi Populer

Tentu ada alasan di balik popularitas sebuah blog. Pahami apa yang mereka sajikan sehingga blog tersebut menjadi populer, bahkan Anda sendiri suka dengan blog tersebut. Cari dan pahamilah alasannya mengapa blog tersebut populer. Popularitas sebuah blog terutama didukung oleh topik dan informasi yang disampaikan, frekuensi update-nya, kandungan nilai dari informasi yang disajikan, tampilan, dan sebagainya.

4. Pelajari Kata Kunci yang Digunakan dan Buat Variasinya

Hal ini sangat penting dilakukan untuk kepentingan SEO untuk blog Anda. Ketika Anda menemukan sebuah informasi lewat kata kunci  yang Anda ketik di Google, kliklah informasi dari blog yang terdapat di bagian paling atas hasil pencarian Google tersebut. Kaitkan kata kunci yang Anda gunakan di Google tadi, kemudian seberapa besar kata kunci tersebut digunakan di artikel yang ada di urutan pertama tadi.

Jika sudah, Anda bisa menggunakan kata kunci tadi untuk bersaing dengan blog tersebut, tentu saja Anda harus membuat variasinya agar Anda bisa lebih mudah bersaing dengannya.

5. Pahami Cara Blogger Tersebut Memonetasi Blog-nya

Metode yang sering digunakan blogger untuk memonetasi blog-nya adalah dengan menempatkan iklan. Cari tahu darimana iklan tersebut, dan siapa agen di balik penyediaan iklan tersebut. Kebanyakan blogger Indonesia menggunakan jasa Idblognetwork, dan Anda bisa meniru cara memonetasi blogger tersebut.

Selain dengan iklan, ada juga yang memonetasi blog-nya dengan artikel review, affiliate, dan sebagainya. Pahami bagaimana ia mengimplementasikan metode tersebut dan terapkan di blog Anda.

Itulah hal-hal yang bisa saya sampaikan mengenai blogwalking dan manfaatnya, juga tips blogwalking yang harus Anda ketahui. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

Ilustrasi: skysoft.co.id

SHARE
Artikel SebelumnyaUpdate Kupon Diskon Niaga Hoster April 2014
Artikel SelanjutnyaMembuat Blog yang Menghasilkan
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

5 KOMENTAR

  1. Blogwalking merupakan hal yang tidak bisa kita lupakan ya sob, sebab selain mendulang trafik, ternyata blogwalking termasuk strategi tepat untuk mendapatkan banyak pengunjung dan teman :D.

  2. nice info
    dlu masih sering blgwalking dan hasilnya banyak teman2 bloggerku, skrang dah jarang krna kesibukan.
    menulis pun kadang disempat2in aja klo punya waktu hehe..
    Salam Kenal

TINGGALKAN KOMENTAR