5 Tool Gratis Untuk Membuat Postingan Gambar Media Sosial – Beberapa tahun lalu, media sosial seperti Facebook hanyalah dipergunakan sebagai ajang untuk update “status” berupa apapun yang dianggap layak untuk dibagikan.

Selain itu, media sosial juga mampu mendekatkan yang jauh, berinteraksi dengan teman lama hingga orang yang tidak dikenal, dan digunakan sebagai dokumentasi kegiatan sehari-hari.

Fungsi media sosial, seiring berjalannya waktu, tentu saja berubah.

Hal tersebut sangat kental terasa bila dibandingkan dengan keadaan sekarang. Bukan hanya sebagai tempat untuk menyalurkan pendapat, memamerkan aktivitas harian, melainkan juga untuk kegiatan bisnis.

Bagi digital marketer, media sosial merupakan wadah yang sangat potensial untuk menarik pelanggan.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun

Oleh karenanya, fungsi media sosial sedikit demi sedikit bergeser dari yang dulunya murni untuk kegiatan yang sarat akan makna ‘sosial’ hingga kini menjadi ajang untuk memasarkan bisnis.

Apabila Anda sering berkutat dalam memanfaatkan media sosial untuk kepentingan bisnis, tentu Anda tahu betapa pentingnya postingan visual berupa gambar atau video untuk menarik minat dan engagement dari audience Anda.

BACA JUGA:  Cara Mencari Password WiFi Dengan CMD di Windows

Tidak banyak digital marketer yang mengerti desain, dan tidak semua orang mampu membayar jasa desainer grafis untuk membuatkan postingan gambar di media sosial.

Baca Juga: Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Komputer atau Laptop Tanpa Software

Bila Anda saat ini mengelola media sosial Anda secara mandiri untuk kepentingan bisnis, misalnya, tentu Anda harus bisa menghasilkan postingan visual yang menarik. Ada 5 tool gratis yang bisa membantu Anda dalam hal ini, sebagai berikut:

5 Tool Gratis Untuk Membuat Postingan Gambar Media Sosial

1. Canva

Postingan Gambar Media Sosial - canva

Canva sudah membantu jutaan digital marketer mandiri untuk membuat postingan gambar media sosial yang pastinya keren. Apapun kebutuhan Anda, di media sosial manapun itu, Canva menyediakan template dan asset grafis yang siap untuk digunakan.

Yang paling saya sukai dari Canva adalah karena alat ini bisa digunakan secara gratis dan kita hanya perlu membayar apabila kita menggunakan asset grafis seperti foto, vector, dan sebagainya yang memang premium.

Baca Juga: 5 Software Edit Gambar dan Foto Gratis untuk Windows

Kita bahkan bisa mengupload asset grafis kita sendiri untuk kemudian didesain menggunakan Canva. Baik itu untuk Facebook Cover, Facebook Post, Instagram, dan lain sebagainya, kita bisa membuat postingan gambar media sosial yang begitu menarik dengan Canva.

BACA JUGA:  5 Fitur Tersembunyi Windows 10 yang Menarik Untuk Digunakan

2. Pablo

Postingan Gambar Media Sosial - pablo (1)

Bila Anda sudah mengenal Buffer sebelumnya, maka Anda mungkin sudah mengenal Pablo. Fungsi dan cara kerjanya mirip dengan Canva, hanya saja Pablo bisa digunakan tanpa harus mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu.

Baca Juga: Trik Youtube: Trik di Balik URL Youtube yang Harus Digunakan

Ini artinya siapapun bisa membuat postingan gambar media sosial yang menarik tanpa harus registrasi alias on-the-go. Fitur yang dimiliki oleh Pablo ini juga terhitung lengkap, dan yang lebih menariknya, semua fitur yang tersedia sangat mudah untuk digunakan.

3. PicMonkey

Postingan Gambar Media Sosial - picmonkey1

Selanjutnya ada PicMonkey. Sama seperti yang lain, tool ini juga gratis untuk digunakan, hanya dengan ketentuan Free Trial.

Bila pun Anda ingin menggunakan seluruh fitur sebagai pelanggan Premium, PicMonkey ini terhitung murah karena hanya dihargai paket berlangganan sebesar $4 per bulan.

Baca Juga: 15 Persiapan Sebelum Mendaftar Google Adsense yang Wajib Anda Terapkan

Sebagai premium user, pengguna PicMonkey berhak untuk mengakses seluruh fitur yang tersedia seperti filter yang mirip dengan milik Instagram, touch-up ala Photoshop, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  Membangkitkan Kepercayaan Diri Dalam Blogging

4. PhotoVisi

Postingan Gambar Media Sosial - photovisi

Bila Anda hanya ingin membuat gambar berupa kolase, PhotoVisi ini sangat layak untuk dicoba. Fitur dan penggunaannya memang sederhana, tetapi jangan kaget bila Anda bisa membuat postingan gambar media sosial yang keren.

Ada banyak desain kolase yang disediakan. Anda hanya tinggal mengupload foto, mengorganisir layout, dan memberikan sedikit edit yang kemudian bisa membuat foto Anda terlihat lebih keren.

5. Recite

Postingan Gambar Media Sosial - recite

Bila Anda sering membagikan quote motivasi atau inspiratif kepada audience Anda di media sosial, Recite ini sangat cocok untuk Anda.

Saat menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan quote utama dan dilengkapi dengan penulis/tokohnya. Setelah itu atur desainnya sesuai keinginan Anda kemudian generate. Anda tentu saja bisa mendownload-nya untuk kemudian diposting di media sosial.

Baca Juga: 11 Tips Agar Blog Cepat Terindeks Google

Nah, itulah 5 tool gratis untuk membuat postingan gambar media sosial. Sangat memudahkan, bukan? Apa tool gratis favorit yang ingin Anda rekomendasikan?

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here