Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Komputer atau Laptop Tanpa Software – Untuk sekarang, bersandingan dengan media sosial sekelas Facebook dan Youtube, Instagram menjadi salah satu media sosial paling populer dan paling sering digunakan.

Media sosial ini sangat populer, terutama di kalangan anak-anak muda, di mana kesederhanaan tampilan dan pemakaiannya menjadi salah satu aspek yang membuatnya begitu digandrungi.

Baca Juga: Cara Melihat Foto Instagram yang Paling Banyak Like

Mayoritas kita, saya dan Anda, mungkin hampir setiap hari membuka aplikasi ini, di mana pun dan kapan pun.

Selain memamerkan foto terbaik, media sosial ini pun juga tak luput dari pemanfaatan dari segi bisnis.

Hanya saja, tidak semua orang suka mengerjakan segala sesuatu dengan smartphone yang memiliki ‘keterbatasan’ dalam pemakaian, termasuk urusan upload foto ke Instagram.

Baca Juga: Mengubah Instagram Menjadi Galeri Virtual Reality: Lihat Foto-Foto Instagram Anda Sebagai Museum Virtual Reality

Penggunaan komputer atau laptop kerap dianggap memberikan kesempatan untuk lebih ‘leluasa’ dalam mengerjakan suatu hal, apalagi di era digital seperti sekarang ini.

Nah, bagi Anda yang memang lebih sering berurusan dengan komputer atau laptop dalam kegiatan sehari-hari namun masih lebih ingin bermain Instagram terutama untuk upload foto ke Instagram, tutorial ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda.

BACA JUGA:  8+ Video Youtube yang Paling Banyak Mendapat Dislike

Baca Juga: Cara Download Foto Instagram di Android, iOS dan PC

Cara upload foto ke Instagram lewat komputer atau laptop sebenarnya sangat sederhana. Bila Anda selama ini mengetahui bahkan sudah pernah menerapkan berbagai metode menggunakan bantuan software tambahan, kali ini Anda akan mengetahui bagaimana cara upload foto ke Instagram lewat komputer atau laptop tanpa bantuan software tambahan khusus.

Baca Juga: Instwogram: Menggunakan 2 Akun Instagram di Satu Smartphone Android

Lupakan software tambahan seperti Bluestack, Gramblr, dan emulator lainnya. Anda hanya perlu menggunakan software yang selama ini pastinya sudah familiar bagi Anda. Tertarik, kan? Saya yakin Anda sejauh ini sudah sangat tertarik untuk mengetahui caranya.

Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Komputer atau Laptop Tanpa Software

1. Siapkan Google Chrome

Software yang kita gunakan dalam tutorial adalah Google Chrome. Pastinya sudah sangat familiar bagi Anda, bukan? Bahkan Anda mungkin memang menggunakan Google Chrome sebagai browser default. (Download Google Chrome jika belum menggunakannya)

2. Login ke Akun Instagram Anda

Buka Chrome dan buka website Instagram, lalu silakan login ke dalam akun Anda seperti biasa.

Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Komputer atau Laptop Tanpa Software - 1

3. Manfaatkan Tool Inspect Element

Setelah login ke dalam akun Instagram Anda, masuk ke halaman profil Anda kemudian silakan klik kanan di bagian kosong atau tekan Ctrl + Shift + I. Ini akan membuka panel Inspect Element.

BACA JUGA:  Kudunyahoo, 'Musuh Terkini' Yahoo

Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Komputer atau Laptop Tanpa Software - 4

 

 

Setelah panel Inspect Element muncul, klik opsi Toggle device toolbar seperti yang ditunjuk pada gambar di atas atau tekan shortcut Ctrl + Shift + M.

Tool tersebut sejatinya menjadi senjata web developer untuk memeriksa dan mengatur responsivitas tampilan website pada perangkat mobile. Ini juga yang menjadi senjata kita dalam tutorial ini.

4. Pastikan Resolusi Layar adalah Responsive

Pastikan bahwa opsi layar yang dipilih merupakan Responsive dengan kadar 100%. Lihat gambar berikut sebagai acuan:

Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Komputer atau Laptop Tanpa Software - 5

Anda juga dapat mengubah ukuran layar secara manual dengan mengganti angka di masing-masing kotak (width x height).

5. Klik Icon Kamera Seperti di Mobile

Bila Anda sudah sampai ke tahap ini dan kembali ke tab berisi akun Instagram Anda di Chrome, tampilannya kurang lebih mirip seperti tampilan Instagram di mobile pada umumnya, bukan? Di sinilah trik utamanya.

Baca Juga: How to Download Photos and Videos on Instagram

Seperti halnya pada mobile, cara upload foto ke Instagram lewat komputer atau laptop dengan metode ini sangat sederhana, yakni dengan mengklik icon kamera di tengah bawah. Lihat gambar di bawah ini:

Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Komputer atau Laptop Tanpa Software - 6

6. Pilih Gambar yang Ingin Diupload

Pop up akan muncul seperti ketika Anda hendak save atau upload file dari browser. Pilih folder untuk gambar yang ingin Anda upload ke Instagram lewat komputer atau laptop.

BACA JUGA:  6 Aplikasi Ini Bisa Membuat Baterai Android Jadi Boros

Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Komputer atau Laptop Tanpa Software - 7

7. Edit Gambar, Tambah Caption, dan Upload Foto Ke Instagram Lewat Komputer atau Laptop!

Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Komputer atau Laptop Tanpa Software - 8

Sama seperti normalnya Anda hendak mengupload foto ke Instagram, di tahap ini Anda hanya perlu memberikan sentuhan terakhir sebelum foto Anda tampil ke publik dan follower Anda.

Edit foto, tambahkan caption atau tag akun lain, kemudian upload foto ke Instagram Anda melalui PC.

Baca Juga: Perkenalkan Aplikasi Steller: Berbagi Cerita Secara Visual

Nah, hingga tahap ini, Anda tentunya sudah berhasil mengupload foto ke Instagram melalui PC. Sangat sederhana bukan?

Lewat metode ini, Anda yang selama ini lebih sering menggunakan PC ketimbang smartphone bisa tetap eksis mengupload foto ke Instagram melalui PC Anda, terutama bagi Anda yang merupakan pengguna setia Chrome.


Alternatif:

Apabila Anda tetap keukeuh ingin menggunakan software tambahan namun memilih yang lebih ringan, coba gunakan aplikasi Windows seperti InstaPic.

Download Gratis


Nah, itulah cara upload foto ke Instagram lewat komputer atau laptop. Bagaimana menurut Anda? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! Jangan lupa untuk membagikan tutorial ini kepada rekan-rekan Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here