Cara Mengembalikan File yang Terhapus di PC dan Mac Dengan iBoysoft

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di PC dan Mac Dengan iBoysoft – Dalam keseharian, teknologi digital menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari di era modern ini, terutama selama kebijakan work from home (WFH) yang diberlakukan oleh mayoritas industri saat ini akibat pandemi COVID-19.

Saat mengoperasikan teknologi digital seperti laptop maupun komputer, ada kalanya kita tidak sengaja menghapus file tertentu. Padahal filter sebut sangatlah penting dalam pekerjaan kita.

Meskipun file yang tidak sengaja terhapus sering kita alami, tetapi tidak semua orang yang mengalaminya tahu bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus tersebut.

Dalam artikel ini, kita membahas tentang cara mengembalikan file yang terhapus di PC maupun Mac dengan bantuan software super ringan dari iBoysoft.


Apa Itu iBoysoft?

Sebelum membahas ke intinya, sebaiknya kita kenali terlebih dahulu apa itu iBoysoft. iBoysoft sendiri merupakan sebuah software ringan yang bisa digunakan mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus.

Software yang satu ini bisa beroperasi dengan baik di perangkat berbasis Windows maupun Mac.

Mungkin sudah banyak software sejenis yang menyediakan fitur yang sama, tetapi kelebihan lain dari iBoysoft adalah karena software yang satu ini terhitung sangat ringan dan mudah sekali untuk digunakan.


Fitur iBoysoft

Tidak hanya mengembalikan file yang hilang di drive internal laptop maupun komputer Anda, iBoysoft juga bisa membantu mengembalikan data dari drive external seperti dari USB, hardisk, SD card maupun flashdisk berformat NTFS, exFAT dan juga FAT32.

Menariknya lagi, bila Anda mengalami masalah ketika drive external tidak terbaca, iBoysoft juga bisa membantu Anda untuk mengambil seluruh data dalam format RAW sebelum drive external tersebut benar-benar hilang secara permanen.

Daftar fitur lengkapnya antara lain:

  • Mengembalikan dokumen berupa .docx, .pdf, .csv, .xlxs, .pptx dan file dokumen lainnya.
  • Mengembalikan file multimedia seperti audio, gambar/foto hingga video.
  • Mengembalikan file dengan format lainnya seperti .exe, .zip, .rar, dan sebagainya.
  • Mengembalikan data yang hilang dari drive internal maupun external seperti USB, flashdisk, hardisk, SSD, hingga SD card dan drive portable lainnya yang berformat NTFS, exFAT dan FAT32.
  • Mengembalikan data dari drive yang tidak terbaca/tidak bisa diakses atau yang sudah terformat.

Kenapa Anda Akan Sangat Membutuhkan iBoysoft?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kondisi dimana file terhapus secara tidak sengaja rutin terjadi dalam keseharian, sehingga untuk mengembalikannya, iBoysoft bisa menjadi solusi terbaik.

iBoysoft bisa memindai (scan) drive tertentu di komputer atau laptop Anda yang menjadi lokasi terakhir file tertentu yang sudah hilang.

Setelah itu, iBoysoft akan menampilkan hasil pindaian yang berisikan file tersebut, sehingga Anda bisa menyimpannya ke tempat yang lebih aman dari kesalahan-kesalahan yang tidak disengaja.


Cara Mengembalikan File yang Terhapus Dengan iBoysoft

Nah, sekarang saatnya kita bahas bagian intinya. Di bagian ini, Anda bisa melihat bagaimana mudahnya menggunakan iBoysoft untuk mengembalikan seluruh data yang sudah sempat hilang di komputer Anda.

1. Download iBoysoft

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh software iBoysoft terlebih dahulu di situs resminya.

iBoysoft tersedia untuk dua OS, yakni Windows dan Mac:

iBoysoft versi Windows

iboysoft windows

Untuk versi Windows, berikut spesifikasi lain yang dibutuhkan agar iBoysoft bisa dioperasikan dengan baik:

Versi OS yang didukung: 

Windows 10/8/7/Vista/XP dan Windows Server 2019/2016/2012/2008/2003

Sistem file yang didukung:

FAT32, NTFS dan exFAT

Download iBoysoft untuk Windows


iBoysoft versi Mac

iboysoft mac

Untuk versi Mac tidak jauh berbeda, hanya saja sistem operasi yang dibutuhkan tentu berbasis Mac.

Versi OS yang didukung: 
  • macOS 10.15 (Catalina)
  • macOS 10.14 (Mojave) 
  • macOS 10.13 (High Sierra)
  • macOS 10.12 (Sierra)
  • OS X 10.11 (El Capitan), 10.10 (Yosemite), 10.9 (Mavericks), 10.8 (Mountain Lion), dan 10.7 (Lion)
Sistem file yang didukung:

APFS, encrypted APFS, HFSX, HFS, HFS+, exFAT dan FAT32

Download iBoysoft untuk Mac


2. Install dan Jalankan iBoysoft

Setelah mengunduh iBoysoft untuk masing-masing sistem operasi, sekarang saatnya install software tersebut. Proses instalasinya tidak memakan waktu lama sama sekali, hanya sekitar 3 menit maksimal.

Setelah proses instalasi selesai, saatnya menjalankan iBoysoft dengan mengklik desktop icon-nya.

Tampilan awalnya akan terlihat seperti ini:

iboysoft - cara mengembalikan file yang terhapus

Setelah itu, Anda hanya perlu memilih drive yang menjadi lokasi hilangnya file tertentu.


3. Pilih Drive atau Partisi

Selain drive internal, Anda juga bisa menghubungkan drive eksternal seperti USB, HDD, SSD, dan sebagainya ke komputer Anda.

iBoysoft akan secara otomatis mendeteksi partisi baru yang baru saja Anda hubungkan. Setelah itu pilih partisinya kemudian klik tombol Next.

scan partisi iboysoft

Atau Anda juga bisa mencentang opsi Deep Scan untuk melakukan pemindaian yang lebih komprehensif. Hanya saja akan membutuhkan waktu yang lebih lama selama proses pemindaian.

deep scan iboysoft

Biasanya, tanpa mencentang Deep Scan pun sudah cukup. Atau bila iBoysoft belum bisa menemukan file yang hilang di partisi tertentu, maka silahkan gunakan fitur Deep Scan ini dan ulangi proses pemindaian sekali lagi.


4. Tunggu Proses Pemindaian Hingga Selesai

Setelah itu, proses pemindaian akan berjalan. Biarkan iBoysoft melakukan pemindaian terhadap partisi yang sebelumnya Anda tentukan.

iboysoft scan file yang hilang

Proses pemindaian biasanya memakan waktu yang variatif, tentu tergantung pada besaran data yang tersedia di partisi tersebut dan juga kapasitasnya.


5. Kembalikan Data yang Terhapus

Nah setelah proses pemindaian selesai, iBoysoft akan menampilkan daftar file yang sudah terhapus.

iboysoft recover

Anda hanya perlu menyaring data penting mana yang ingin Anda kembalikan dengan mencentang kotak di sebelah kiri ama file tersebut.

Anda bisa menyaring file berdasarkan nama file dan ukuran. Setelah mencentang file mana saja yang ingin dikembalikan, silakan klik tombol Recover.

Nah, itulah cara mengembalikan file yang terhapus di Mac maupun Windows menggunakan software ringan dan gratis dari iBoysoft.

Tipsnya, bila iBoysoft belum bisa mencari daftar file yang telah terhapus dalam sekali proses pemindaian, maka Anda bisa memanfaatkan fitur Deep Scan untuk melakukan pencarian lebih komprehensif.

Download iBoysoft sekarang, gratis!

*
  • iBoysoft
Rating: 4.7 323 (total 323 review)
Harga: 0 Gratis
Tersedia di:
  • Tersedia sebagai software di Mac OS
  • Tersedia sebagai software di Windows

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Walter Pinemhttps://walterpinem.me/
Traveler, Teknisi SEO, dan Programmer WordPress. Aktif di Seni Berpikir, A Rookie Traveler, GEN20, Payung Merah, dan De Quixote.

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

5 Software Video Editor Gratis Terbaik untuk Windows

5 Software Video Editor Gratis Terbaik untuk Windows - Bila Anda sebelumnya familiar dengan Windows Movie Maker sebagai video editor gratis bawaan Windows, maka...

Review FotoJet: Software Desain Grafis Lengkap untuk Berbagai Kebutuhan

Review FotoJet: Software Desain Grafis Lengkap untuk Berbagai Kebutuhan - Dalam dunia digital, desain grafis tentu menjadi salah satu elemen yang sangat penting. Tanpa adanya...

Cara Download Foto Instagram di Android, iOS dan PC

 Cara Download Foto Instagram di Android, iOS dan PC - Jutaan orang di seluruh dunia sudah menggunakan Instagram. Aplikasi berbagi foto populer ini kini...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ikuti Kami!

1,369FansLike
795FollowersFollow
210SubscribersSubscribe

Terpopuler

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!