Mengubah Instagram Menjadi Galeri Virtual Reality: Lihat Foto-Foto Instagram Anda Sebagai Museum Virtual Reality – Sekarang Anda bisa melihat foto-foto Instagram Anda seperti ketika Anda berkunjung ke galeri atau museum.

Dengan teknologi Virtual Reality atau yang sering disingkat dengan VR, Anda bisa melihat foto-foto Instagram Anda (dan milik orang lain) dipajang di sebuah galeri atau museum karya seni seperti di Louvre Perancis.

Adapun Instamuseum, sebuah proyek digital yang dikembangkan oleh Sketchfab, memungkinkan Anda untuk mengubah Instagram menjadi galeri Virtual Reality dengan konsep full 3D.

Karena tujuannya memang untuk perangkat VR, maka memang lebih asik dilihat dengan perangkat VR di ponsel Anda meski juga bisa dilihat menggunakan laptop atau komputer PC.

Mengubah Instagram Menjadi Galeri Virtual Reality

Caranya sangat sederhana, Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini untuk mulai mengubah Instagram menjadi galeri Virtual Reality.

Mengubah Instagram Menjadi Galeri Virtual Reality

Begini caranya mengubah Instagram menjadi galeri Virtual Reality:

1. Masuk ke halaman Instamuseum dan masukkan username Instagram Anda, seperti gambar berikut:

Mengubah Instagram Menjadi Galeri Virtual Reality - 1
Instamuseum

2. Dan seperti gambar di atas, kemudian Anda perlu memilih tipe galeri/museum di mana foto-foto Instagram Anda akan dipajang. Untuk saat ini Instamuseum hanya memiliki The Louvre, Art Gallery, dan Wall and Cube. Maksimal foto yang akan dipajang adalah 12 foto terbaru Anda.

BACA JUGA:  Instwogram: Menggunakan 2 Akun Instagram di Satu Smartphone Android

3. Kemudian klik Create VR Gallery. Anda akan dibawa ke halaman login sang pengembang Sketchfab. Buatlah sebuah akun terlebih dahulu, kemudian login. Gratis untuk membuat akun.

mengubah Instagram menjadi galeri Virtual Reality - 2

4. Tunggu beberapa saat hingga Sketchfab selesai memajang foto-foto Instagram Anda di galeri yang sudah Anda pilih.

5. Ketika selesai, Sketchfab akan memberikan link-nya kepada Anda dan tinggal klik saja link tersebut. Dengan demikian Anda sudah selesai mengubah Instagram menjadi galeri Virtual Reality.

Tampilannya akan terlihat seperti ini:

Instamuseum for @walterpinem

 

Klik saja tombol play dan pilih Full Screen untuk melihat galerinya dalam tampilan layar penuh. Anda bisa mengeksplorasi museum/galeri tersebut seperti benar-benar berada di sana.

Contoh yang saya gunakan di atas adalah tipe museum The Louvre. Tampilannya akan berbeda jika Anda memilih tipe galeri yang lain.

Setelah itu Anda bisa membagikan link-nya melalui media sosial Anda, terutama Facebook karena Sketchfab terintegrasi dengan Facebook.

Contoh di atas adalah tampilan yang bisa dilihat menggunakan desktop atau laptop PC. Untuk melihatnya dengan perangkat Virtual Reality atau VR di smartphone Anda, ikuti cara berikut:

BACA JUGA:  Indonesia Penghasil Serangan Cyber Terbesar di Dunia

1. Google Cardboard dan Semacamnya

Anda bisa melihat galeri Instagram Anda dalam bentuk VR menggunakan smartphone Android atau iOS yang memang mendukung VR. Anda juga memerlukan Google Cardboard atau sejenisnya. Di tampilan galeri VR Anda, terlihat tombol seperti ini:

Mengubah Instagram Menjadi Galeri Virtual Reality - 3

Pilih opsi View in VR melalui smartphone Anda. Namun pastikan sudah terhubung dengan Google Cardboard atau semacamnya.

Alternatifnya, Anda bisa menambahkan link berikut di bagian akhir link galeri VR Anda:

/embed?cardboard=1&autostart=1

Misalnya:

https://skfb.ly/OYp9/embed?cardboard=1&autostart=1

atau

https://sketchfab.com/models/fb3ec7905411497fb0e652e9593d01be/embed?cardboard=1&autostart=1

2. NFC Tag Scanning di Perangkat Samsung Galaxy Series dan Semacamnya

Beberapa perangkat smartphone seperti Samsung Galaxy series mendukung scanning NFC tag. Jika Anda mengalami kendala saat menikmati VR galeri Instagram Anda, maka disable pilihan NFC di perangkat smartphone Anda, seperti berikut:

Mengubah Instagram Menjadi Galeri Virtual Reality - 4

3. Gear VR di Samsung Gear

Cara mengeksplor galeri VR foto-foto Instagram juga sama di Gear VR seperti Samsung Gear. Hubungkan ponsel Anda dengan headset kemudian buka browser Samsung dan masuk ke internet://webvr-enable.

BACA JUGA:  Seluruh Password WiFi Disimpan Google

Dengan begitu fitur WebVR sudah di-enable di browser perangkat Anda.

Kemudian sama dengan poin 1 di atas, klik pilihan View in VR di galeri VR Instagram Anda.

Penutup

Nah, sekarang Anda sudah bisa mengubah Instagram menjadi galeri Virtual Reality. Anda tinggal melihat foto-foto Instagram Anda secara full 3D, terutama mengeksplorasinya di dunia Virtual Reality, menyaksikan foto-foto Anda dipajang di galeri 3D yang keren dan unik.

Jika demikian silahkan bagikan tulisan ini ke teman-teman Anda untuk memberitahu bahwa mereka juga bisa mengubah Instagram mereka menjadi galeri Virtual Reality. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Jangan Lewatkan Artikel Berikut:
  1. Perkenalkan Aplikasi Steller: Berbagi Cerita Secara Visual
  2. Trik Pintar Menggunakan Kamera Smartphone
  3. Cara Download Foto Instagram di Android, iOS dan PC
  4. Instwogram: Menggunakan 2 Akun Instagram di Satu Smartphone Android
SHARE
Artikel Sebelumnya11 Tips Agar Blog Cepat Terindeks Google
Artikel SelanjutnyaPromo Hosting Niaga Hoster Juni 2016
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR