Cara Membuat Podcast Untuk Pemula

Cara Membuat Podcast Bagi Pemula – Pernahkah Anda mendengar istilah Podcast? Mungkin hal tersebut sering dianggap sebagai siaran radio, tetapi sebenarnya adalah sebuah rekaman yang di dalamnya terdapat sub-sub dengan beragam penjelasan.

Anda penasaran bagaimana membuatnya? Saat ini, untuk menciptakan Podcast bisa relatif mudah dilakukan setiap orang.

Podcast sekarang berangsur-angsur menjadi salah satu media yang cukup populer untuk berbagi informasi, pengalaman, dan hal-hal menarik lainnya.

Banyak orang yang kini sudah mulai membuat podcast, dan banyak juga yang sudah mendapatkan pendengar dalam jumlah yang cukup besar.

Nah, oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda juga ikut terjun ke dalam dunia podcast dan meramaikan pasar podcast.

Untuk itu, kali ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat Podcast bagi pemula dan mempelajarinya lebih dalam.

Cara Membuat Podcast Bagi Pemula

1
Tentukanlah Isi Podcast yang Akan Dibuat

topik podcast
Medium

Sebelum memulai, langkah pertama yang tentunya harus dilakukan dalam membuat Podcast adalah dengan menentukan topik podcast dan pembahasan di dalamnya.

Buatlah payung informasi garis besar sebagai sebuah acuan agar pembahasannya tidak keluar dari konteks atau pun topik yang sudah direncanakan.

Baca Juga: Cara Membuat Akun Instagram Bisnis: Coba Sekarang!

Sebagai referensi, ada banyak contoh yang sudah ada, misalnya pada situs Podcast.com menampilkan Podcast berdasarkan kategori.

Kategori yang tersedia misalnya komedi, berita, kesehatan, olahraga, musik dan politik. Anda bisa mendengarkannya dengan seksama untuk dijadikan inspirasi dan pembelajaran.

Contoh podcast populer lainnya misalkan The Word Nerds yang membahas etimologi kata-kata dan hal-hal yang berkaitan dengan bidang linguistik lainnya.

Dengarkan dan pelajari gaya pembahasan serta konten yang disajikan untuk mulai menentukan isi dari podcast Anda nantinya.

Cara Menjadi YouTuber Untuk Pemula

Cara Menjadi YouTuber Untuk Pemula

Cara Menjadi YouTuber Untuk Pemula – Saat ini, YouTube sedang naik daun dengan berbagai ... Selengkapnya


2
Pilihlah Peralatan yang Tepat Untuk Mulai Merekam Podcast

peralatan untuk membuat podcast

Untuk membuat podcast, sebaiknya jangan mengandalkan mikrofon standar yang ada pada komputer. Karena itu, memiliki kualitas yang masih rendah dan akan terdengar kurang jelas jika didengarkan oleh pendengar nantinya.

Baca Juga: Cara Membuat Resume Online atau CV Online dengan WordPress

Untuk membuat kualitas suaranya lebih baik, yang Anda perlukan adalah set lengkap dengan mik peredam gangguan agar suara dapat didengar dengan jelas oleh pendengar dan tidak terganggu oleh kebisingan di sekitar. Gunakanlah alat perekam yang terjangkau dan mikrofon yang berjenis unidireksional dinamis.

Di samping itu, Anda bisa menggunakan smartphone atau tablet. Namun, perangkat dasar yang diperlukan adalah mikrofon dan aplikasi perekam suara.

Baca Juga: Mau Freelance Voice Over? Persiapkan Dulu Alat-alat Ini!

Untuk tahap awal, sebaiknya jangan investasi pada peralatan dengan harga yang mahal. Anda bisa memanfaatkan peralatan yang sudah Anda miliki seperti smartphone beserta aplikasi perekam suara semacam gratis seperti ASR Voice Recorder, Easy Voice Recorder maupun aplikasi perekam suara bawaan smartphone Anda.

Bila kualitas suara masih kurang bagus, coba gunakan headset yang dilengkapi dengan mikrofon (rata-rata headset sudah dilengkapi dengan mikrofon, umumnya digunakan untuk bertelepon secara hands-free).

Baca Juga: 55+ Fitur Terbaru Instagram yang Perlu Anda Ketahui

Bila podcast Anda sudah berjalan dan Anda merasa ada kemajuan serta potensi untuk maju, barulah Anda bisa berinvestasi pada perlengkapan yang lebih profesional.

10 Tips Blogging Untuk Pemula

10 Tips Blogging Untuk Pemula

10 Tips Blogging Untuk Pemula – Blogging adalah jenis pekerjaan yang bergelut di dunia ... Selengkapnya


3
Tentukan Software yang Digunakan

editor audio software

Saat membuat podcast, Anda dapat menggunakan aplikasi GarageBand menggunakan perangkat Mac. Untuk perangkat dengan OS Windows, ada juga software gratis seperti Audacity dan berbayar seperti Adobe Audition, dan masih banyak software gratis lainnya.

Sebagai bahan referensi, ada juga aplikasi dari industri audio bernama iPodcast Producer yang sangat ramah digunakan. Selain itu, aplikasi tersebut dapat menangani semua proses, mulai dari merekam sampai dengan mengunggah audio.

Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda menggunakan Audacity saja. Software ini gratis dan memiliki fitur yang amat lengkap. Anda hanya perlu mencoba dan membiasakan diri menggunakannya.

Setelah itu, semua proses produksi podcast akan jadi jauh lebih mudah dan murah lewat Audacity.

Bagaimana Cara Investasi Untuk Pemula?

Bagaimana Cara Investasi Untuk Pemula?

Bagaimana Cara Investasi Untuk Pemula? – Investasi itu perlu. Tapi banyak yang belum tahu ... Selengkapnya


4
Cara Membuat Podcast: Siapkan Konten Audio

siapkan konten audio podcast

Anda dapat menyiapkan naskah terlebih dahulu mengenai apa yang akan disampaikan saat rekaman. Urutkan konten dalam bentuk daftar.

Baca Juga: Review DesignEvo: Aplikasi Pembuat Logo Gratis

Apapun konten yang akan disampaikan, pastikan bisa dinikmati oleh pendengar secara nyaman dengan gaya bicara khas Anda.

Usahakan untuk membuat rekaman di tempat yang sunyi, misalnya kamar pribadi Anda. Usahakan juga agar tidak ada suara-suara yang berpotensi untuk mengganggu rekaman Anda nantinya.

Saat proses rekaman, bicaralah dalam kecepatan yang konsisten dan sebisa mungkin sampaikan pembahasan dengan gaya khas Anda serta antusiasme yang mendalam saat membahas topik tersebut.

Baca skrip terlebih dahulu dan pahami, hapal kalau bisa, dan jangan lupa untuk berterima kasih kepada penonton karena telah menjadi bagian dari setiap episode podcast Anda di setiap akhir pembahasan.

Terkadang, ada masalah teknis saat proses rekaman, sehingga merusak kerja keras yang telah dilakukan. Sebelum Anda memulai sesi pengambilan suara yang sebenarnya, ambil beberapa sampel untuk menguji performa peralatan dan aplikasi perekam yang Anda gunakan.

Baca Juga: Meningkatkan Penjualan, 3 Strategi Untuk Memajukan Bisnis Online Anda

Tidak ada salahnya bila harus mengulang beberapa kali untuk satu episode. Yang pasti, secara peralahan Anda akan menemukan gaya penyampaian Anda sendiri nantinya.


5
Simpan Mentahan File Audio & Mulai Proses Editing

file audio podcast dan editing podcast

Saat menyimpan file hasil rekaman, simpanlah dalam format MP3, laju bit 128 kbps untuk podcast obrolan dan 192 kbps atau lebih tinggi untuk musik. Jangan menggunakan karakter khusus (seperti # atau % atau ?) pada nama file.

Baca Juga: Cara Membuat Website Perusahaan (Company Profile)

Kemudian, mulai proses editing. Jangan lupa backup mentahan file untuk diedit lagi bila terjadi kesalahan editing pada tahap ini.

Buka file dalam editor suara seperti Audacity dan sebagainya. Hilangkan kebisingan, potong beberapa bagian, dan selingi podcast dengan musik pengiring. Tambahkan musik di awal atau akhir jika perlu.

Anda bisa mengunduh musik secara gratis di website berikut:


6
Publikasikan Podcast Anda ke Berbagai Media

anchor publish podcast
Anchor

Mulai dari blog pribadi, Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, dan sebagainya, Anda bisa mempublikasikan setiap episode podcast Anda ke media tersebut.

Bahkan, Anda bisa mempublikasikan setiap unggahan audio terbaru ke berbagai media secara otomatis.

Anda bisa menggunakan Anchor untuk menghosting seluruh episode podcast Anda dan mempublikasikannya secara otomatis ke berbagai media besar.

Baca Juga: Menulis Artikel Dibayar? Ini 5 Situs yang Bisa Kamu Manfaatkan

Bila Anda sudah punya blog berbasis CMS WordPress (baca: Cara Membuat Blog), Anda juga bisa memanfaatkan plugin seperti Blubrry PowerPress.

Dengan plugin tersebut, setiap kali Anda mengunduh file audio dan mempublikasikannya lewat postingan artikel di blog Anda, podcast akan secara otomatis dimasukkan ke media besar seperti Apple Podcast, Spotify, hingga Google Podcast.

Anda bahkan bisa mengatur branding podcast Anda di media-media besar tersebut sekali saja lewat pengaturan Blubrry PowerPress di blog Anda. Mudah sekali, bukan?


7
Cara Lain Untuk Mengunggah dan Mendistribusikan Podcast

cara mempublikasikan podcast

Untuk menggunggahnya, buka Feedburner dan ketikkan URL blog Anda. Selanjutnya, klik opsi “I am a Podcaster” di layar untuk mengonfigurasi elemen-elemen yang berhubungan langsung dengan podcast tersebut.

Baca Juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Buka salah satu host podcast di internet lalu mendaftarlah. Kemudian cari dan unggah file MP3 podcast Anda.

Dalam hitungan menit, Feedburner akan menambahkan postingan ke dalam RSS Feed dan kini akan ada episode baru. Agar populer, kirimkan RSS Feed tersebut ke Apple Podcast atau direktori podcast lainnya seperti yang disebutkan tadi.


Penutup

Nah, itulah pembahasan tentang cara membuat podcast bagi pemula dari awal hingga mempublikasikannya ke direktori podcast besar.

Semoga dapat membantu siapapun untuk menciptakan banyak karya agar dapat memberikan informasi penting bagi pendengarnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Baca Juga:

5 Kerja Sampingan Berpenghasilan Besar yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kontributor
Kontributor di website Seni Berpikir. Menulis beragam hal seputar teknologi, bisnis online, blogging, SEO, WordPress dan masih banyak lagi.

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

Google Doodle Ikut Meriahkan Google 15th

Google Doodle Ikut Meriahkan Google 15th - Tanggal 27 September 2013, Google resmi berusia 15 tahun. Dalam kesempatan ini Google khusus membuat Google Doogle untuk...

Cara Menjadi YouTuber Untuk Pemula

Cara Menjadi YouTuber Untuk Pemula - Saat ini, YouTube sedang naik daun dengan berbagai macam video di dalamnya. Banyak orang mulai berlomba-lomba untuk berkiprah menjadi...

Cara Membuat Ebook Dari Artikel Wikipedia

Cara Membuat Ebook Dari Artikel Wikipedia - Organisasi non-profit seperti Wikipedia ini menyediakan pengetahuan umum yang hampir mencakup semau kategori atau pun topik dengan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ikuti Kami!

1,374FansLike
799FollowersFollow
210SubscribersSubscribe

Terpopuler

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!