Cara Mendapatkan Uang dari Youtube – Perkembangan zaman yang identik dengan generasi millenial sekarang ini, banyak sekali cara mendapatkan penghasilan dari internet.

Bahkan dari sekedar hobi bisa dijadikan ladang pekerjaan dan sumber penghasilan sampingan maupun utama.

Salah satunya harus Anda ketahui, yakni cara mendapatkan uang dari Youtube dengan menjadi seorang Youtuber. Lantas, bagaimanakah caranya?

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

1Membuat Akun Youtube

Langkah pertama tentu saja adalah menjadi Youtuber dengan membuat akun Youtube itu sendiri.

Awal mula berkarir di media Youtube tentunya harus membuat akun terlebih dahulu atau yang biasa disebut “Youtube channel”.

Bila Anda belum memilikinya, coba untuk “sign in” ke situs resmi Youtube menggunakan akun Gmail Anda.

Cara Menjadi YouTuber Untuk Pemula

Bila sudah, tinggal masuk dan mendaftar (tidak perlu mengisi semua form dari awal). Saat membuat channel, jangan lupa untuk memikirkan nama menarik serta menyiratkan konsep video-video. Ini nantinya akan diupload untuk mengisi feed di channel Youtube, termasuk tema dan karakter.


2Jangan Pernah Berhenti Berkreasi, Selalu Upload Video Berkualitas dan Rajin Memperbaharui Channel Youtube Anda

Sama seperti blog, channel Youtube adalah aset digital. Membangun aset digital sama seperti membangun sebuah bisnis, begitu juga dengan pengembangannya.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Begini 5 Cara Efektif Mendapatkan Uang dari Internet

Perilakukan channel Youtube Anda sebagai sebuah aset, dan aset tersebut akan bisa berkembang menjadi sesuatu yang sukses dan menghasilkan uang bila Anda mengembangkannya dengan baik.

Oleh karena itulah, jangan pernah berhenti untuk berkreasi dan bereksperimen. Buat video berkualitas sesuai dengan target penonton Anda.

Lakukan riset bila perlu, seperti melihat tren, menonton channel Youtube dari Youtuber lain yang sudah sukses, dan video rekomendasi di Youtube itu sendiri.

Dengan begitu, paling tidak Anda tahu video seperti apa yang menarik bagi pengguna dan mana yang tidak.

Setelah itu, seperti halnya sebuah bisnis, bangun pelanggan dan rajin mempromosikan channel Youtube Anda sebelum benar-benar mendapatkan uang dari Youtube.


3Mulai Monetisasi

Setelah melakukan sign in, silahkan pilih menu “account information” di bagian kanan atas, lalu klik “creator studio”.

Baca Juga: Cara Membuat Website Perusahaan (Company Profile)

Di sebelah kiri akan ada pilihan menu “channel” dan klik “status and features” dan terakhir Anda pilih “enable monetisation” serta setujui agreement apapun yang muncul.

Settingan ini berguna untuk merubah channel Youtube Anda yang semula hanya sebagai pengekspresian diri dan kreativitas menjadi media mencari pundi-pundi uang.


4Buat atau Hubungkan dengan Akun Google Adsense 

Langkah berikutnya, Anda perlu melakukan “associate” dan “approved AdSense account” ke Youtube account.

Baca Juga: MediaVenus: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Iklan Native

Nanti akan muncul fitur “Youtube analytics” ini digunakan untuk melakukan track penghasilan yang akan terbayar bila sudah melengkapi Youtube payment treshold yang ada. 

Beberapa yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan channel, yaitu video konten harus user friendly dalam artian ramah pengguna dan karya orisinil agar dapat dipromote. Jangan sekali-kali berniat plagiasi, karena “copyright videos” tidak akan menghasilkan apa-apa.


5Mengoptimalkan Monetisasi

Ajak juga penonton untuk bebas berkomentar juga share video untuk mengajaknya menjadi subscriber sebelum menonton channel yang Anda miliki. 

Video unggahan juga harus memperhatikan “Terms of Service” dan “Community Guidelines” yang dibuat dan ditentukan oleh pihak Youtube. Anda perlu mengetahui fungsi pengaktifan monetisasi, yaitu pemberian izin munculnya iklan-iklan dalam video.


6Jual Produk Bila Ada

Bila channel Youtube Anda digunakan untuk kebutuhan bisnis Anda yang sudah ada, coba manfaatkan soft promotion dengan konten sangat menarik tentang produk Anda yang ingin ditonjolkan dan juga link produk di kolom deskripsi.

Anda bisa menuliskan penjelasan lanjutan di kolom deskripsi video tersebut dan Anda bisa menyematkan link ke website tentang produk terkait.

Dengan begitu, penjualan pun berpotensi untuk terus meningkat.


7Ikuti Program Afiliasi dan Jual Produk/Layanan Mereka

Youtube bisa dimanfaatkan untuk keperluan saluran marketing, dan tentunya sangat ampuh. Semakin majunya teknologi, masyarakat akan lebih malas membaca informasi berbentuk kertas, seperti brosur atau pun memahami teks panjang di blog.

Namun, dengan melihat informasi-informasi melalui audio visual di media Youtube dinilai lebih mudah dan tentu saja mampu lebih meningkatkan minat pengguna akan suatu bidang.

Untuk mendapatkan uang dari Youtube lewat metode ini, Anda bisa bekerja sama dengan brand tertentu yang memang membuka program afiliasi.

Cara kerjanya, Anda akan mendapatkan komisi (tergantung perjanjian kerja sama) setiap kali produk/layanan yang Anda promosikan di Youtube Anda terjual.

Contoh mudahnya, program afiliasi untuk produk teknologi seperti laptop, komputer, maupun smartphone biasanya berkisar antara 5% – 10% per produk yang terjual.

Misal harga laptop yang Anda promosikan lewat video Youtube di channel Anda seharga Rp10.000.000, maka dengan komisi 5% saja, Anda sudah bisa mendapatkan Rp500.000 dari 1 produk yang terjual.

Bila channel Youtube Anda ternyata ramai penonton atau subscriber, katakanlah 1 juta penonton per video, dan katakan jugalah bahwa conversion rate sebesar 1% saja, maka ada 10.000 orang yang membeli laptop tersebut dari video Anda. Itu artinya 10.000 x Rp500.000 = Rp5.000.000.000 hanya dari 1 video dan 1 produk yang dipromosikan.

Angka yang fantastis, bukan? Tentu saja untuk mencapai angka penghasilan tersebut sangatlah tidak mudah, bahkan sangat susah. Tetapi, bukan tidak mungkin.

Banyak sekali orang yang sudah sukses menjalankan program afiliasi lewat Youtube, dan produk yang dipromosikan pun beragam.

Rajinlah melakukan riset dan eksperimen, teruslah mengoptimalkan monetisasi, dan bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan uang dari Youtube dalam jangka panjang.


8Bekerja Sama Dengan Sponsor Lewat Metode Endorsement

Influencer di media sosial akrab dengan metode endorsement, baik di Instagram termasuk juga Youtube. Selain Instagrammer, Youtuber juga bisa mendapatkan penghasilan dengan nominal yang sangat lumayan dari metode yang satu ini.

Hal ini bisa mulai dilakukan setelah basis audiens di channel Youtube Anda sudah stabil dalam jumlah yang besar, sehingga terlihat lebih menarik bagi empunya brand tertentu yang ingin bekerja sama.

Bila sudah punya basis audiens yang kuat, Anda bisa mulai menawarkan promosi produk/layanan dari klien-klien tertentu secara gratis terlebih dahulu sembari mengisi konten video di channel Anda.

Setelah orang-orang menyadari bahwa Anda terbuka dengan sponsorship, cepat atau lambat brand lain juga akan mulai menghubungi Anda sembari menawarkan kerja sama berupa endorsement berbayar.


9Live Speaking Lewat Channel Youtube, Bekerja Sama Dengan Institusi Atau Penyelenggara Tertentu

Jika chanel Youtube Anda sudah terkenal dan bahkan memiliki fanbase, adakanlah meet and greet.

Selain itu, buatlah jadwal rutin untuk menumbuhkan komunitas. Pertemuan ini bisa Anda isikan berbagai ilmu yang bermanfaat bagi subscribers dan viewers setia.

Anda bisa bekerja sama dengan institusi atau penyelenggara tertentu sebagai pembicara yang kemudian bisa disiarkan secara live lewat channel Youtube Anda atau pun media lain dari pihak mitra.

Rata-rata, acara semacam ini diberikan komisi oleh pihak yang mengajak bekerja sama, sehingga peluang mendapatkan uang dari Youtube yang satu ini wajib sekali dimanfaatkan.


Beberapa Tips Lain yang Relevan Untuk Anda

1. Konten yang Disajikan

Ada banyak konten kreatif bisa dijadikan pilihan untuk mengisi konten Youtube. Seperti, beberapa tips atau cara-cara yang dituangkan di list penomoran atau kolase foto-foto serta video. Bisa juga, tayangan tutorial dengan tema tertentu.

Buatlah judul yang atraktif, sehingga memiliki peluang besar untuk viral. Atau menyuguhkan tayangan yang sedang booming akhir-akhir ini seperti unboxing. 

Tayangan lain bisa berisi beberapa ilustrasi dimana pembuat konten video menyampaikan gagasan-gagasan atau ide dalam alunan musik dan penggabungan gambar-gambar.


2. Selalu Berpikir Out of The Box

Berpikiran di luar kebiasaan terkadang malah membawa sebuah perubahan yang jauh lebih baik yang bisa membuat Anda mendapatkan uang dari Youtube.

Selalu mengasah kreativitas untuk membuat konten video menarik dari awal sampai akhir. Namun, pastikan konten tersebut dapat memancing orang untuk membagikannya dan membantunya menjadi viral.


3. Menjual Video

Video unggahan Anda dapat dijual di website-website komersial yang memberikan sarana untuk para “video maker” menjual hasil karyanya.

Caranya, buat video yang sangat berkualitas tentang topik tertentu (utamakan video yang bersifat tutorial bidang tertentu) kemudian buat versi pendek/teaser-nya.

Unggah teaser di channel Youtube Anda kemudian arahkan penonton ke website tempat Anda menjual video versi panjangnya.

Meski terbilang susah dan resiko kehilangan audiens, tapi Anda bisa memikirkan cara kreatif lain untukmenjual video versi premium dengan cara yang lebih halus lagi.


Penutup

Nah, itulah berbagai cara mendapatkan uang dari Youtube yang bisa Anda coba mulai dari sekarang. Youtube sebagai sebuah platform video bukan saja tempat untuk menuangkan kreativitas dalam bentuk audio visual, melainkan juga bisa menjadi sumber penghasilan tetap maupun sampingan yang stabil dalam jangka panjang.

Teruslah belajar dan berkreasi, sesekali lakukan eksperimen, dan selalu usahakan untuk menemukan video seperti apa yang disukai oleh pengguna Youtube.

Semoga bermanfaat!


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.