DatsPush Ad Network: Dapatkan Penghasilan Tambahan dari BlogBagi para blogger, selain menyalurkan hobi dan pengetahuan lewat sebuah blog, kegiatan blogging juga kerap dimanfaatkan sebagai alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Selain penghasilan tambahan, blog juga tidak jarang dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan pasif dan sumber penghasilan tambahan.

Tren sebuah blog sebagai sumber penghasilan memang sudah lama berlangsung dan belum juga meredup hingga kini. Untuk itu, ada banyak sekali layanan yang bisa membantu blogger untuk mendapatkan uang dari blognya, salah satunya adalah DatsPush.

Dalam artikel ini, saya mengulas DatsPush sebagai sebuah layanan periklanan yang bisa dimanfaatkan blogger untuk mendapatkan uang dari blog.


Apa Itu DatsPush?

datspush ad network

Sebelum memulai review Datspush, kita terlebih dahulu tentu mengenal apa itu DatsPush.

DatsPush adalah layanan periklanan yang memanfaatkan teknologi Web Push Notification. Teknologi Web Push Notification memang bukanlah sebuah teknologi baru dalam dunia internet. Tetapi, pemanfaatannya sebagai media periklananlah yang terhitung masih baru, terutama di Indonesia.

DatsPush merevolusi layanan periklanan tradisional dalam bentuk banner, link, popup, maupun tombol yang sering kita temui kala menelusuri dunia internet.

Dengan DatsPush, pengiklan bisa mengiklankan bisnisnya dengan mudah dan anti-mainstream untuk mendapatkan leads yang berkualitas.

Sedangkan bagi publisher, dalam hal ini blogger, bisa memanfaatkan push notification yang dikirim oleh DatsPush untuk mendapatkan uang dari trafik blog yang dimilikinya.


Cara Kerja DatsPush Ad Network untuk Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Setelah mengintegrasikan skrip yang diberikan, pemberitahuan untuk mengizinkan push notification di browser saat mengunjungi blog Anda akan muncul seperti gambar berikut:

review datspush seniberpikircom
Tampilan izin push notification di Microsoft Edge

Bila pembaca blog Anda mengizinkannya dengan mengklik tombol Allow, maka pembaca tersebut sudah berlangganan di blog Anda.

Dengan demikian, iklan yang dikirimkan DatsPush akan muncul ke ponsel atau pun desktop pembaca Anda meskipun sedang tidak membuka blog Anda.

Menarik sekali, bukan?


Format Iklan yang Ditawarkan

datspush ad network - format iklan

Ada tiga format iklan yang ditawarkan oleh DatsPush, di mana masing-masing tipenya menawarkan CTR dan rate yang relatif tinggi, antara lain:

  • Mobile push ads – untuk pengguna ponsel;
  • Web push ads – untuk pengguna desktop;
  • Rich push ads – push notification dengan gambar yang besar sehingga mampu meningkatkan CTR.

Dengan jenis-jenis iklan tersebut, setiap push notification yang terkirim malah tidak terlihat seperti iklan sehingga besar peluang Anda untuk meraup uang dengan jumlah yang besar dari DatsPush.


Jadi Apa Keuntungan Blogger Saat Menjadi Publisher DatsPush

Berbicara tentang keuntungan, berikut beberapa keuntungan menjadi publisher DatsPush untuk Anda:

  • Halaman tujuan/landing page iklan yang tematik dengan click rate hingga 24%.
  • Menerima semua blog di seluruh kawasan.
  • Sangat mudah untuk mengintegrasikan skrip.
  • Sistem bagi hasil, dengan 75% pendapatan dari setiap iklan yang diklik menjadi hak milik blogger.
  • Payout penghasilan dalam 7 hari, atau bahkan bisa dalam 1 hari.
  • Personalisasikan opsi yang tersedia khusus bagi blogger yang memiliki jumlah trafik yang besar.
  • Statistik yang mudah dipahami.
  • Iklan push notification seperti yang ditawarkan oleh DatsPush menjadi salah satu alternatif terbaik untuk mendapatkan uang dari blog Anda dibanding iklan tradisional lainnya.

Dari sekian banyak manfaat/keuntungan bagi blogger yang ditawarkan untuk DatsPush, tentu tidak ada salahnya untuk segera mencoba menjadi publisher-nya, kan?

Sudah mulai tertarik untuk bergabung? Pelajari dulu syaratnya.


Syarat untuk Mendaftar di DatsPush

Syarat lengkapnya bisa ditemukan di halaman ini. Bila kita terjemahkan, maka syarat untuk mendaftar di DatsPush adalah:

  1. Blog harus berada di hosting berbayar. Bagi blogger yang memiliki blog berbasis WordPress self-hosted, maka syarat yang satu ini tentu terpenuhi.
  2. Blognya harus memiliki minimal 500 pengunjung harian asli (bukan palsu atau bot).
  3. Memberikan akses Read ke web analytics yang digunakan. Bila Anda menggunakan Google Analytics, Anda bisa menambahkan sebuah akun dengan akses Read Only untuk diberikan kepada pengiklan bila dibutuhkan.
  4. Anda harus menempatkan skrip yang diberikan di blog yang Anda daftarkan. Jadi masing-masing blog yang didaftarkan akan punya masing-masing skrip. Tidak boleh menambahkan skrip untuk suatu blog ke blog lain.

Syaratnya mudah sekali, bukan? Nah sekarang, mari kita lanjutkan ke bagian berikutnya, yakni cara mendaftar dan mulai menggunakannya.


Cara Mendaftar dan Menggunakan DatsPush Ad Network

Syarat dan langkah-langkah untuk mendaftar sebagai publisher DatsPush sangatlah sederhana, terutama dibandingkan dengan layanan periklanan serupa yang umumnya sangat ketat.

Paling tidak terdapat 4 langkah sederhana untuk mendaftar di DatsPush dan segera memanfaatkannya untuk mendapatkan uang dari blog Anda, yakni:

1. Daftar

Daftar di website DatsPush. Isi kolom isian dengan data yang memang Anda miliki dan kosong bila Anda tidak punya.

Setelah itu konfirmasi pendaftaran lewat link di email yang telah dikirimnya.

2. Tambahkan Blog

Setelah itu, tambahkan blog Anda. Untuk mempercepat proses, alangkah baiknya bila Anda mendaftarkan blog yang memiliki trafik harian stabil, paling tidak 500-an per hari.

Blog dengan trafik harian yang stabil akan menguntungkan semua pihak, baik bagi DatsPush, pengiklan, maupun Anda sebagai blogger dengan trafik harian yang besar dan stabil.

Bila Anda memiliki beberapa blog dengan trafik harian lebih dari 500 pengunjung, Anda juga tentu bisa menambahkannya untuk meningkatkan penghasilan dari DatsPush.

3. Integrasikan Skrip

Setelah menambahkan sebuah blog, Anda akan secara otomatis diberikan skrip dalam bentuk jendela popup.

Integrasikan skrip tersebut di blog Anda, umumnya di bagian header maupun footer. Anda juga bisa menempatkan skrip tersebut di dalam widget sidebar dengan catatan bahwa widget tersebut tampil di seluruh halaman blog Anda.

Ada 2 skrip yang diberikan, yakni swnhrj.js dan 43668.js. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menempatkan skrip yang diberikan ke blog Anda:

1. Tambahkan blog Anda dan klik Get Code jika sudah terdaftar, seperti gambar berikut:

datspush install skrip iklan

2. Setelah Anda mengklik tombol Get Code, sebuah popup akan muncul dan ambil dua skrip yang diberikan kemudian tempatkan di blog Anda.

datspush get code

Nah, perhatikan gambar di atas. Skrip pertama yang harus Anda ambil adalah swnhrj.js dengan mengklik tulisan this seperti yang ditunjuk pada gambar di atas.

Setelah halaman baru terbuka di browser Anda, silakan klik Control + S dan simpan skrip tersebut dengan nama swnhrj.js.

Kemudian, unggah skrip tersebut ke root directory blog Anda. Bila Anda menggunakan WordPress self-hosted, Anda bisa menggunakan FTP FileZilla untuk mengunggahnya, seperti terlihat pada gambar berikut:

upluad javascript datspush
Unggah skrip ke dalam root directory menggunakan FileZilla

Bila Anda baru mengenal FTP FileZilla, silakan baca tutorial berikut untuk menggunakannya.

Setelah itu, tempatkan skrip kedua seperti yang ditunjuk pada gambar tadi di bagian header blog Anda, tepat sebelum tag </head>.

Pastikan juga bahwa skrip tersebut sudah terpasang di blog Anda dengan cara melihat page source-nya (Control + U di Google Chrome), seperti gambar berikut:

install javascript datspush header

Mudah sekali, bukan?

4. Eksplor Fitur Lain

Fitur lainnya yang bisa Anda eksplor adalah:

  • Merubah/melengkapi profil Anda sebagai publisher
  • Mengisi bagian Payout dengan informasi pembayaran. Anda bisa memilih Paypal dan memasukkan email Paypal Anda agar bisa dengan mudah menerima pembayaran dari DatsPush
  • Menambahkan blog lain bila ada
  • Memonitor statistik/performa blog Anda untuk melihat jumlah penghasilan yang sudah didapatkan

DatsPush menawarkan periklanan yang efektif dan inovatif, sehingga akan banyak fitur inovatif lain yang bisa Anda manfaatkan.


Tampilan Iklan dari DatsPush Ad Network

Berikut beberapa contoh tampilan iklan dari DatsPush:

datspush ad network

Baik di mobile maupun desktop, tampilan iklan dari DatsPush akan sangat menarik di hadapan pembaca Anda.

Ini akan memudahkan Anda meningkatkan click through rate (CTR) iklan DatsPush yang tampil melalui push notification sehingga Anda berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang relatif besar.


Review DatsPush Ad Network: Alternatif Tertarik untuk Mendapatkan Uang dari Blog

DatsPush menjadi alternatif sekaligus solusi terbaik dari periklanan tradisional yang saat ini sering dimanfaatkan oleh para blogger/webmaster.

DatsPush memberikan opsi push notification dengan dorongan untuk menampilkan iklan secara halus tanpa mengganggu user experience (UX) sebuah blog atau website.

Oleh karena itu, blogger tetap akan mendapatkan keuntungan dari blognya tanpa mengganggu pembaca saat mengeksplor blognya.

Mendaftar sebagai publisher sungguh sangat fleksibel dan tidak bertele-tele. Blog yang lolos kualifikasi (dihosting secara mandiri dengan trafik minimal 500 pengunjung per hari) bisa segera menjadi publisher DatsPush dan segera meraup keuntungan darinya.

Rate yang ditawarkan untuk pengunjung Indonesia juga lumayan, yakni berkisar 0.0070 masing-masing untuk iklan push notification desktop maupun mobile.

rate datspush

Memiliki pembaca yang setia dengan blog Anda akan meningkatkan kesempatan mendapatkan pelanggan dalam hal push notification, sehingga semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan yang menguntungkan darinya.

Saran saya, bila Anda masih kesulitan untuk mendaftar di Google Adsense, cobalah menjadi publisher DatsPush dan nikmati keuntungannya, apalagi bila trafik Anda masih berkisar antara 500 – 1.000 pengunjung per hari.

Daftar DatsPush


Penutup

Nah, itulah review DatsPush dari saya. DatsPush secara umum tidak akan mengganggu tampilan dan UX blog Anda karena ia tidak ada di dalam blog Anda, melainkan tampil di sisi kanan desktop atau pun notification bar mobile.

Wajib dicoba untuk semua kalangan blogger demi mendapatkan alternatif penghasilan dari blog yang hingga detik ini masih dikembangkan.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mencoba DatsPush?

2 KOMENTAR

  1. makasih sharingnya, sangat membantu dan informatif sekali

  2. Makasih infonya. Tapi blog saya masih gratisan hehehe. Apa perlu beli hosting ya? Gimana mindahnya hehehe. Masih gaptek. Lebih dari itu traffiknya masih di kisaran 100. Mohon petunjuk gan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.