10 Theme WordPress Terbaik Untuk Personal Blogger 2016 – Sebagai salah satu CMS open-source dan merupakan CMS yang paling banyak digunakan dalam website di seluruh dunia, WordPress didukung oleh puluhan ribu developer di seluruh dunia.

WordPress memanglah salah satu CMS atau mesin blogging yang paling banyak digunakan saat ini. Mungkin karena kemudahan penggunaan dan fitur yang tersedia di dalamnya. Tapi yang pasti, ada banyak sekali sumber daya yang berhubungan dengan WordPress yang bisa kita manfaatkan dengan gratis.

Baik itu tutorial, tips dan trik penggunaan WordPress, theme WordPress terbaik yang bisa kita gunakan, hingga plugin pendukung untuk memantapkan penggunaannya, intinya banyak sekali sumber daya yang berkaitan dengan WordPress yang bisa kita gunakan secara gratis.

Hal tersebut tak lepas pula dari theme WordPress. Ada banyak sekali theme WordPress yang tersedia, baik gratis maupun versi premium yang berbayar, yang bisa membuat tampilan blog WordPress Anda menjadi lebih menarik dan berbeda dengan blog WordPress lainnya di luar sana.

Memang, banyak hal yang bisa kita gunakan dengan WordPress, dan banyak juga theme WordPress yang tersedia untuk masing-masing keperluan kita terhadapnya. Khusus dalam artikel ini kita mengkaji 10 theme WordPress terbaik untuk personal blogger secara khusus, dibagi menjadi dua bagian yakni yang gratis maupun yang berbayar. Berikut daftarnya:

10 Theme WordPress Terbaik Untuk Personal Blogger 2016

Premium

1. Hemlock

hemlock - theme wordpress terbaik untuk personal blogger

Saat ini Hemlock merupakan theme WordPress terbaik untuk personal blogger yang paling laris di marketplace nomor 1 khusus theme WordPress, Themeforest. Tampilannya cukup minimalis dan tentu saja responsif. Sebagai theme WordPress premium, Hemlock memiliki 4 variasi tampilan homepage yang masing-masing bisa Anda kustomisasi sendiri.

Selain itu, widget khusus sidebar juga banyak yang custom, seperti About Me widget di mana Anda bisa menempatkan profil singkat di sidebar, Facebook & Instagram widget, hingga widget khusus media sosial. Theme WordPress premium untuk personal blogger ini yang satu ini dibanderol di bawah harga yang relatif murah untuk theme premium, yakni $39, lebih murah dari kebanyakan theme yang harganya berkisar antara $44 hingga $59.

2. Soledad

soledad - theme wordpress terbaik untuk personal blogger

Soledad ini terhitung sebagai produk baru namun sudah masuk ke dalam salah satu theme WordPress yang paling laris di Themeforest. Tampilannya begitu menawan. Anda bisa merangkai struktur tata letak/layout tampilan blog Anda dengan berbagai macam pilihan, juga fleksibel. Theme ini juga SEO friendly dan dikoding dengan sangat baik.

BACA JUGA:  Cara Membuat Tombol Donasi PayPal di WordPress

Theme ini pun dikoding sedemikian rupa dengan mengoptimalkan performa blog ketika di-loading, sehingga loading-nya terasa relatif cepat daripada kebanyakan theme yang mengandung banyak fitur. Theme ini tersedia dengan harga $49 di Themeforest.

3. The Voux

the voux - theme wordpress terbaik untuk personal blogger

The Voux merupakan theme WordPress semi-magazine yang sangat cocok digunakan oleh fotograper dan juga personal blogger. Theme ini kaya akan fitur menarik yang biasanya dibutuhkan oleh personal blogger. Dengan typography yang sangat baik serta desain minimalis yang bersih dan serba putih, theme ini akan membuat blog Anda standout di antara blog-blog lainnya di luar sana.

Karena mengandung fitur yang banyak dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan (selain personal blogging), theme WordPress yang satu ini dijual dengan harga $59 di Themeforest.

4. Share

share - theme wordpress terbaik untuk personal blogger

Salah satu theme WordPress terbaik untuk personal blogger ini lebih memfokuskan pada foto dan typography. Tampilannya minimalis namun HD display dan retina-ready. Share WordPress Theme ini relatif banyak peminatnya, apalagi bagi mereka para traveler yang lebih memusatkan konten yang memiliki gambar resolusi tinggi.

BACA JUGA:  Cara Menampilkan Tulisan yang Terakhir Dibaca

Share sangat responsif dan kompatibel dengan mayoritas plugin SEO seperti Yoast SEO. Meski memiturkan gambar dengan resolusi penuh, hal menariknya, Share ternyata cepat ketika di-loading. Di Themeforest, theme WordPress untuk personal blogger ini dijual dengan harga $49.

5. Uncode

uncode - theme wordpress terbaik untuk personal blogger

Sebenarnya Uncode ini sendiri bisa digunakan untuk berbagai tujuan, salah satunya untuk membangun blog personal. Uncode sungguh kaya akan fitur. Meskipun saat ini Anda mungkin hanya akan fokus dalam membangun dan mengembangkan blog personal, jika suatu saat Anda tertarik membangun blog bisnis maupun portofolio, Uncode masih bisa Anda gunakan untuk kedua jenis blog tersebut.

Oh ya, jika Anda tertarik, Anda juga bisa mengintegrasikan Woocommerce dengan Uncode, sehingga sambil menulis konten di blog, Anda juga bisa sekaligus berjualan di blog Anda dengan bantuan Woocommerce dan Uncode sebagai theme WordPress utama Anda. Dari segi fitur dan kualitas desain, Uncode pantas dibanderol dengan harga $59.

Gratis

6. Radcliffe

radcliffe - theme wordpress terbaik untuk personal blogger

Radcliffe ini merupakan theme gratis yang sangat banyak penggunanya saat ini. Dirancang sebagai theme WordPress untuk personal blogger, Radcliffe memiliki desain elegan dan retina display, membuat warna dan gambar di blog Anda menjadi sangat hidup. Radcliffe difokuskan pada foto dan typography, membuat tampilan website Anda lebih berpusat pada isi konten.

7. Hitchcock

hitchcock - theme wordpress terbaik untuk personal blogger

Berdesain minimalis dengan model tampilan grid, Hitchcock hadir sebagai salah satu theme WordPress gratis yang populer. Difokuskan pada foto di halaman depan, Hitchcock siap membawa blog Anda selangkah ke depan. Meski gratis tak serta-merta membuat Hitchcock pantas dipandang sebelah mata. Theme ini memiliki tampilan responsif dan retina-ready.

8. Maria

maria - theme wordpress terbaik untuk personal blogger

Maria merupakan salah satu theme WordPress terbaik untuk personal blogger yang berjenis Freemium, artinya theme gratis dengan kualitas premium. Fitur yang ditawarkannya cukup banyak dan menarik untuk theme gratis. Fitur yang ditawarkan Maria WordPress Theme antara lain Custom Logo & Icon, responsive, social sharing, Google Fonts, dan masih banyak lagi.

9. Sparkling

sparkling - theme wordpress terbaik untuk personal blogger

Tampilan blog klasik menjadi ciri khas Sparkling. Mendukung 3 layout utama dan responsif ketika dibuka di layar yang lebih kecil dari layar komputer pada umumnya. Sparkling memiliki tampilan yang sangat rapi dan cepat ketika di-loading. Ada banyak fitur menarik lainnya yang bisa Anda gunakan dengan gratis.

10. Datar

datar - theme wordpress terbaik untuk personal blogger

Sama seperti namanya, Datar merupakan theme WordPress yang sangat bersih dan rapi, datar begitu saja. Datar WordPress Theme merupakan salah satu theme WordPress terbaik untuk personal blogger yang hanya membutuhkan ruang untuk menulis. Desain Datar fokus pada tulisan dan foto, sehingga Anda bisa lebih fokus untuk memamerkan konten dan foto di blog Anda.

BACA JUGA:  Cara Memasang Favicon di Blog

Dengan struktur coding yang sangat rapi dan sangat mudah dipahami, Anda bisa dengan mudah mengkustomisasi Datar WordPress Theme ini sesuai kebutuhan Anda. Bahkan Anda juga bisa membuat child theme dan mulai mengubah theme ini sesuka hati.

Penutup

Dari sekian banyak theme WordPress yang bisa Anda gunakan baik berbayar maupun gratis, 10 theme WordPress di ataslah yang saya anggap terbaik untuk tahun 2016 ini. Theme WordPress terbaik untuk personal blogger manakah yang menjadi rekomendasi Anda?

REVIEW OVERVIEW
Fitur
Desain
SHARE
Artikel SebelumnyaDiskon 50% Hosting Niaga Hoster Spesial Hari Kartini
Artikel SelanjutnyaDilema Keamanan atau Security Dilemma Dalam Hubungan Internasional
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR