3 Alasan Mutlak Kenapa CMS WordPress yang Terbaik – Sebelumnya mungkin ada beberapa dari Anda yang belum tahu apa itu CMS. CMS adalah Content Management System yang biasanya sangat dibutuhkan untuk membangun website non-HTML. Dengan CMS pengguna bahkan pemula sekalipun dimudahkan untuk membangun sebuah website profesional agar website tersebut bisa dengan cepat online. Selain itu CMS menghindarkan pengguna dari ketidaktahuan akan kode script php, java, HTML, CSS, dan sebagainya.

Beberapa waktu lalu saya mencari informasi dari banyak sumber luar dan dalam negeri tentang keunggulan wordpress dibandingkan dengan CMS lain seperti Drupal, Joomla, dan sebagainya. Dari beberapa sumber tersebut pula saya mendapatkan inti yang menegaskan bahwa wordpress memang masih lebih unggul ketimbang CMS lainnya. Tentu saja ada beberapa faktor lain yang mendukungnya.

Dari semua yang saya dapat, saya hanya ingin menyimpulkan 3 alasan mutlak kenapa wordpress disebut-sebut sebagai CMS terbaik saat ini. Untuk lebih lengkapnya, inilah alasannya:

1. Paling Mudah Digunakan

Inti dari teknologi adalah kemudahan. WordPress hadir dengan kemudahan tersebut. Dari CMS yang ada, WordPress yang paling banyak digunakan oleh web developer yang menggunakan CMS. Sekitar 55% web yang menggunakan CMS sebagai dasar pembuatan website-nya dengan pengunjung yang paling banyak menggunakan CMS wordpress.

BACA JUGA:  Cara Memasang Google Translate di Wordpress

WordPress diciptakan tahun 2004 dan secara perlahan muncul sebagai CMS terbaik yang pernah diciptakan dan paling banyak digunakan. Drupal dan Joomla hadir di tahun 2005. Pengguna CMS Joomla memang sempat mengalahkan jauh jumlah pengguna CMS wordpress, tetapi sekitar tahun 2008 pengguna CMS wordpress terus naik dan pengguna CMS Joomla justru malah menurun drastis. Sementara pengguna CMS Drupal menumbuh dengan jumlah yang kurang signifikan.

Karena kemudahan yang ditawarkannya sangat populer, pengguna bahkan lebih memilih menggunakan CMS wordpress tanpa mencari tahu tentangnya terlebih dahulu. Keunggulan WordPress yang satu ini memang yang paling menentukan. Apalagi perkembangan dunia internet saat ini sudah sangat maju. Orang-orang masa kini cenderung lebih sering menyentuh dunia online untuk banyak hal, untuk itulah website dibutuhkan.

Untuk memberikan akses informasi melalui internet, orang lain membuatkan website dan tentu lebih memilih yang paling mudah digunakan untuk memulainya. Untuk itulah CMS WordPress dipilih untuk pengoperasiannya dan jadilah WordPress menjadi yang paling populer hingga kini.

BACA JUGA:  Cara Membuat Wordpress Auto-Ping Untuk Setiap Tulisan Baru

2. Dukungan

Blogger/Web Developer/Web Marketer memiliki kepentingan masing-masing dalam membangun dan mengembangkan sebuah website. Khusus untuk pengguna website yang berbasis CMS, pengguna lebih suka mengguna CMS WordPress karena dukungan yang diberikan kepadanya. Ada banyak sekali tips dan trik membangun dan mengembangkan sebuah website berbasis WordPress yang sudah ditulis oleh ratusan ribu blogger di dunia termasuk Seni Berpikir. Ada banyak sekali juga web desainer yang berlomba-lomba membuat theme wordpress yang sangat bagus untuk kepentingan website pribadi, bisnis, portal berita, social bookmark, forum, eCommerce, dan sebagainya.

Juga, ditambah dengan bantuan plugin yang selalu membantu pengguna untuk mempercanggih website-nya. Selain itu WordPress lebih akrab dengan sosial media dan kepentingan SEO. Sosial media dan SEO merupakan dua elemen yang sangat penting untuk meningkatkan popularitas blog, tentu akan berefek pula pada keuntungan yang didapat dari website tersebut.

CMS WordPress juga didukung oleh komunitas global yang selalu mempermudah Anda untuk mencari informasi terkait website berbasis wordpress yang sedang Anda kembangkan.

BACA JUGA:  Cara Menginstall Wordpress Langsung di Hosting

3. Sangat Fleksibel

Hal ini sedikit berkaitan dengan bagian dua. CMS WordPress sangat fleksibel. Orang-orang memiliki banyak sekali kepentingan untuk membangun sebuah web. CMS WordPress mendukung semua jenis website, entah itu personal blog, website bisnis, politik, survey, free download, pengiklanan, portal berita, dan masih sangat banyak lagi.

Karena banyaknya dukungan yang ada kepada pengguna CMS yang satu ini maka hampir segala kebutuhan pengguna bisa direalisasikan. Juga bagi mereka yang sudah mahir coding, mereka bisa mengedit CMS yang satu ini untuk berbagai kepentingannya. CMS WordPress adalah CMS open-source yang selalu disebarkan secara terbuka kepada publik. Dengan kode yang terdapat di CMS tersebut, pengguna bisa merubahnya dan menjadikannya ke dalam bentuk sesuai keinginan dan kebutuhan.

Itulah 3 alasan mutlak kenapa CMS wordpress menjadi yang terbaik saat ini.

7 KOMENTAR

  1. Saya kurang setuju kalau wordpress adalah cms terbaik. Kalau dari segi interface dan penggunaan memang iya. Tapi kalau dari segi teknologi dan sekuritas wordpress masih kurang. Belum lagi SEOnya yang mesti diutak-atik

    • Di satu sisi Anda benar. Tetapi sebenarnya CMS manapun akan sangat bergantung pada pengembang situsnya untuk meningkatkan dan menjaga stabilitas sekuriti, termasuk dari hosting yang dipakai dan aktivitas log in di website tersebut, tidak hanya wordpress. Untuk masalah keamanan, wordpress bisa di-tweak untuk bebas dari serangan hacker, meski keamanannya tetap belum terjamin. WordPress juga menyediakan plugin keamanan gratis semacam Wordfence untuk memantau aktivitas trafik dari IP mencurigakan, juga melindungi aktivitas login melalui metode brute force attack.

      Untuk masalah SEO, saya kira semua situs, menggunakan CMS atau platform gratis, semuanya harus diutak-atik, tidak ada yang langsung jadi. Di sisi inilah wordpress menyediakan banyak plugin SEO langsung pakai semacam WordPress SEO by Yoast, AIOSEOP, dan plugin gratis/premium lainnya. Semuanya terbukti benar-benar mendukung peningkatan SEO situs, juga sangat mudah digunakan serta bisa langsung diintegrasikan dengan berbagai situs webmaster dan media sosial.

  2. CMS YANG MENDATANGKAN banyak duit apa tuh mas / gan ?
    bukan cuma mendatangkan traffic saja., pay per sale from you , not pay per click

TINGGALKAN KOMENTAR