5 Fakta Menarik WordPress – Meskipun Anda belum pernah blogging sebelumnya, apalagi blogging dengan platform WordPress, Anda pasti sudah pernah mendengar tentang WordPress.

Bahkan, mungkin Anda pernah mencoba blogging dengan menggunakan WordPress.com, platform blog gratis yang disediakan oleh WordPress sendiri.

WordPress sendiri dirilis dan mulai digunakan secara umum sejak 2003 silam dan dengan segera menjadi salah satu software blogging paling penting dan populer di era sekarang ini.

Bila WordPress tidak pernah dirilis, internet sekarang ini mungkin akan berbeda. Karena, WordPress sebagai sebuah platform untuk kepentingan web development memungkinkan kita untuk membuat website jenis apapun dengan mudahnya, terlebih karena didukung oleh ribuan developer aktif.

Belum lagi, ada banyak tools yang berkaitan dengan WordPress yang tersedia dengan gratis, seperti theme dan plugin WordPress yang disediakan secara gratis oleh banyak sekali developer di luar sana.

Baca Juga: 3 Alasan Mutlak Kenapa CMS WordPress yang Terbaik

Nah, karena WordPress tentu begitu populer di kalangan webmaster, berikut fakta menarik WordPress yang perlu kita ketahui.

5 Fakta Menarik WordPress yang Perlu Diketahui

1. Sekitar 27% Website di Internet Menggunakan WordPress

Statistik WordPress sebagai software kenamaan website bukan main-main. Diperkirakan sudah ada lebih dari 1,1 miliar website yang saat ini eksis di jagad internet, dan 27% dari website tersebut terbuat dari WordPress.

BACA JUGA:  10 Theme WordPress Terbaik Untuk Personal Blogger 2016

Ini artinya, WordPress menjadi CMS yang mendominasi pasar online di tengah-tengah persaingan CMS lain.

Baca Juga: Lengkap: Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast

Padahal, WordPress dan beberapa software blogging seperti Drupal, Joomla hingga Squarespace diluncurkan dalam rentang waktu yang tidak jauh berbeda.

Dari statistik di atas, tentu tidak salah bila kita menyebutkan bahwa WordPress mampu hadir sebagai hegemoni di jagad internet.

2. WordPress Merupakan Software Open Source alias Gratis Untuk Digunakan

Bila kita mengandaikan WordPress sebagai sebuah software berbayar dengan dominasi 27% di jagad internet, bayangkan saja, betapa kayanya Automattic, perusahaan di balik WordPress, sekarang ini.

Automattic dan ribuan kontributor di seluruh dunia bahu-membahu membuat WordPress hingga sebaik sekarang ini.

Baca Juga: 25 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Digunakan Untuk Setiap Blog WordPress

WordPress sangat sering diperbaharui dengan penambahan fitur mengikuti tren web design hingga mempertebal keamanan.

Padahal, sebagai sebuah software, WordPress ini gratis, lho. Siapapun bisa menggunakannya untuk kepentingan apapun, bahkan untuk kepentingan komersial.

BACA JUGA:  Tips Untuk Mempercepat Loading Blog

Anda yang ingin berkontribusi untuk pengembangan WordPress pun bisa saja karena software ini bersifat open source.

Baca Juga: 10 Theme WordPress Terbaik Untuk Personal Blogger 2016

Atau, Anda dapat meraup untung dari pengembangan plugin dan theme WordPress yang kemudian dijual kepada pemiliki website berbasis WordPress lainnya.

Dari segi untung, Automattic meraup untung dari platform WordPress.com yang berbayar, di mana blogger yang menggunakan WordPress.com bisa memperbaharui blog-nya agar bisa menggunakan custom domain.

Baca Juga: Cara Mencari Gambar Langsung Dari Dashboard WordPress

Masih ada lagi sumber pendapatan WordPress, hanya saja tidak diambil dari software buatannya.

3. WordPress Digunakan oleh Publisher Kelas Dunia

Pernah membuka situs New York Times, Forbes, dan National Geographic? Ya, semua situs itu menggunakan WordPress sebagai ‘tulang punggung’-nya.

Mudahnya WordPress untuk digunakan tentu mampu membuatnya sebagai yang terdepan di antara CMS lain.

Baca Juga:

Lengkap: 30+ Aplikasi Terbaik Untuk Blogger yang Tentu Wajib Digunakan

Oleh karena itu, publisher kelas dunia sekalipun mempercayakan WordPress sebagai mitranya di internet.

Karena dominasinya begitu tinggi, Anda bisa dengan mudah menemukan website yang menggunakan WordPress, termasuk Seni Berpikir sendiri.

BACA JUGA:  Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan

4. Lebih dari 500 Website yang Dibuat dengan WordPress Setiap Harinya

Angka tersebut setara dengan 20 blog baru setiap jam dan satu blog baru setiap 3 menit. Tak heran, kan, bila WordPress mampu mendominasi pasar internet?

Baca Juga: Cara Mengetahui Theme WordPress Yang Digunakan

Dan Anda pasti dengan mudah dapat bertemu dengan website yang terbuat dari WordPress.

5. Ada Ratusan Ribu Orang yang Sudah Mendapatkan Untung dari WordPress

Baik sebagai publisher yang menggunakan WordPress maupun sebagai developer, paling tidak sudah ada ratusan ribu orang yang sudah mampu meraup untung dari WordPress.

Terutama, mereka yang mengembangkan plugin dan theme untuk WordPress untuk kemudian dijual rata-rata mendapatkan penghasilan puluhan juta hanya dari satu plugin/theme WordPress premium yang dijual.

Freelancer yang mengerti tentang WordPress pun bisa meraup untung karena banyaknya permintaan atas keahlian WordPress di luar sana.

Bila Anda tertarik untuk membuat website atau sekedar blog dengan WordPress, ikuti tutorial ini:

Cara Membuat Blog dengan WordPress Self-Hosted: Lengkap

Itulah fakta menarik WordPress yang perlu diketahui. Adakah yang terlewatkan? Jangan lupa bagikan ke teman-teman Anda melalui media sosial.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here