Perbandingan Blog WordPress.com & WordPress.org – Terkadang banyak yang membingungkan dari kedua jenis platform ini. Namun keduanya tetap berada di bawah satu payung yaitu WordPress. Pertanyaan-pertanyaan bermunculan ketika ada pernyataan bahwa blog WordPress.com dan WordPress.org itu berbeda. Orang-orang tentu bertanya apa perbedaan dari keduanya, bukannya sama-sama WordPress? Dalam tulisan kali ini akan dibahas mengenai perbandingan dan perbedaan dari keduanya, yang sudah saya usahakan lengkap sedetail-detailnya đŸ˜€

Perbedaan dasar dari WordPress.com dan WordPress.org adalah, WordPress.com bisa Anda dapatkan dengan gratis dan tinggal mendaftar serta mengembangkan blog saja. Dengan WordPress.org Anda bisa mendownload aplikasinya dengan gratis lalu menginstallnya di hosting yang telah Anda sewa, atau  bisa langsung menginstallnya di hosting. Berikut kelebihan dan kekurangan dari keduanya:

Kelebihan WordPress.com

  • Gratis dan tidak ada biaya tambahan ketika trafik pengunjung Anda meningkat
  • Karena dihosting sendiri oleh pihak WordPress, keamanannya sangat terjamin, atau setidaknya memiliki resiko yang sangat kecil dibanding blog dengan hosting sendiri.
  • Tinggal mendaftar dan membuat blog, mendesainnya, dan berkonsentrasi pada penulisan dan pengembangan blog.
  • Tidak perlu mengerti soal coding. pengaturan server, atau pun menyentuh FTP.
BACA JUGA:  Cara Memindahkan Blog Wordpress ke Wordpress Self-Hosting

Kekurangan WordPress.com

  • Anda tidak memiliki kebebasan untuk mengontrol berbagai hal penting, seperti pengaturan widget, halaman, dan sebagainya yang berhubungan dengan plugin dan coding, serta pengaturan penting lainnya.
  • Keterbatasan penggunaan plugin dan pemilihan Theme WordPress, yang sebenarnya banyak tersedia Theme dan Plugin gratis.
  • Anda tidak bisa mencari uang lewat pengiklanan karena WordPress.com membuat kebijakan demikian.
  • Karena disediakan secara gratis, Anda akan memiliki blog dengan domain http://bloganda.wordpress.com. Jika ingin mengubahnya menjadi domain Anda sendiri Anda akan dikenakan biaya $25/tahun yang sebetulnya bisa Anda dapatkan dengan jauh lebih murah jika menggunakan WordPress.org.

Kelebihan WordPress.org

  • Anda memiliki kontrol penuh dalam semua hal mengenai pembangunan dan pengembangan blog Anda.
  • Bisa menginstall berbagai hal, termasuk Plugin penting dan Theme.
  • Mengkustomisasi Plugin dan Theme, sesuai kepentingan dan keinginan Anda, termasuk menerapkan struktur coding dan css.
  • Anda bisa sekalian mempelajari PHP programming saat mengembangkan blog Anda.

Kekurangan WordPress.org

  • Banyak terdapat serangan Malware dari Plugin dan Theme yang Anda dapatkan/Anda install di blog berbasis WordPress Anda, terlebih dari Plugin dan Theme gratis.
  • Anda yang harus ‘menyelamatkan’ blog Anda tersebut ketika terjadi serangan hacker.
  • Jika Anda membutuhkan blog dengan kinerja yang lebih cepat dari umumnya, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa hosting.
  • WordPress.org membutuhkan domain sendiri dan hosting sendiri, jadi Anda membutuhkan biaya untuk membangunnya.
BACA JUGA:  Teknik Blogging Penting yang Harus Dimiliki Pemula

Sebetulnya, membandingkan keduanya relatif mudah. Namun hal yang paling sulit merupakan yang mana yang lebih baik untuk dipilih dari keduanya. Pada umumnya, jika menggunakan blog WordPress.com, WordPress sendiri yang akan meng-hosting blog Anda, jadi Anda tinggal berkonsentrasi pada menulis konten dan mengembangkan blog Anda. Namun WordPress.org mengharuskan Anda meng-hosting sendiri blog yang Anda bangun. Positifnya Anda berhak menentukan apapun yang ada dalam blog Anda, termasuk kegunaan blog yang Anda bangun (toko online, web akademis, dan sebagainya) serta penyediaan iklan untuk mencari pendapatan online.

Jika Anda berpikir untuk menguangkan konten blog Anda dengan berbagai jasa pengiklanan, pilihlah WordPress.org. Jika Anda khawatir dengan keamanan blog Anda, pilihlah WordPress.com. Dan jika Anda hendak membuat blog untuk keasikan tersendiri tanpa berpikir untuk mencari keuntungan darinya dari pengiklanan, pilihlah blog gratis tersebut. Namun jika Anda ingin menjadi blogger profesional dengan berbagai target untuk dicapai di dunia blogging dan internet, maka Anda wajib memilih WordPress.org. Tidak ada salahnya mengeluarkan uang untuk mencapai kesuksesan.

BACA JUGA:  Tips Memilih Domain yang Tepat

Setelah membandingkan keduanya setahun yang lalu, saya menetapkan pilihan ke WordPress.org dengan nama domain SeniBerpikir.com. Toh keuntungan yang saya dapatkan sudah melebihi modal yang sudah saya keluarkan ketika membuatnya. Mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu Anda untuk memilih sebelum membangun sebuah blog. Kan sayang, ketika blog gratis yang kita gunakan sudah sangat berkembang tetapi masih menggunakan domain.wordpress.com, blog kita jadi terlihat kurang profesional. Namun itu menjadi pilihan Anda pribadi. Semoga di kemudian hari tidak ada penyesalan đŸ˜€

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR