Logo WordPress (Google.com)
Logo WordPress (Google.com)

Cara Membuat Artikel Terpopuler Tanpa Plugin di WordPresss – Mungkin bagi sebagian orang, Artikel Terpopuler merupakan salah satu bagian penting di dalam situs yang berbasis WordPress.

Sebenarnya sama saja dengan Artikel Terkait, namun jelas sekali Popular Post merupakan sebuah bagian dari urutan mana-mana saja tulisan di dalam suatu blog yang paling banyak dibaca dan paling banyak disukai.

Dalam tulisan ini saya menjelaskan tentang bagaimana cara membuat popular post tanpa plugin di WordPress.

Mungkin sedikit membingungkan karena kita akan bermain-main dengan kode php. Namun tenang saja, jika Anda mengikuti langkah-langkah yang saya tuliskan dengan baik dan benar, maka keberhasilan dalam praktek akan menunggu Anda 😀

Pertama yang harus Anda lakukan tentu masuk ke dalam Dashboard situs wordpress Anda. Kemudian letakkan kode berikut di Appearance => Editor di mana saja yang Anda suka, entah itu sidebar.php dan sebagainya. Coba letakkan di bagian-bagian lain sesuka Anda.

Untuk menghindari terjadinya kesalahan JANGAN LUPA BACKUP terlebih dahulu wordpress Anda. Selamat mencoba! 😀

BACA JUGA:  4 Plugin WordPress Untuk Toko Online

Kodenya:

<h2>Popular Posts</h2>
<ul>
<?php $result = $wpdb->get_results(“SELECT comment_count,ID,post_title FROM $wpdb->posts ORDER BY comment_count DESC LIMIT 0 , 5″);
foreach ($result as $post) {
setup_postdata($post);
$postid = $post->ID;
$title = $post->post_title;
$commentcount = $post->comment_count;
if ($commentcount != 0) { ?>

<li><a href=”<?php echo get_permalink($postid); ?>” title=”<?php echo $title ?>”>
<?php echo $title ?></a> {<?php echo $commentcount ?>}</li>
<?php } } ?>

</ul>

 

Keterangan:

*Ganti tulisan berwarna merah sesuka Anda, misalnya “Artikel Terpopuler”, “Hot Articles”, dan sebagainya.

Letakkan kode tersebut di bagian sidebar.php theme editor Anda di bagian-bagian tertentu yang Anda suka. Dengan begitu Anda dapat menampilkan artikel terpopuler di dalam blog wordpress Anda sehingga menarik pembaca untuk membaca lebih banyak artikel di dalam blog Anda.

Arikel ini dapat membantu Anda membuat artikel terpopuler tanpa plugin sehingga lebih banyak menghemat penggunaan memori dan juga CPU dari hosting yang Anda gunakan sehingga kinerja blog wordpress Anda akan semakin baik.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR