Cara Melaporkan Tulisan Copy-Paste ke DMCA – Tulisan copy-paste yang diambil orang dari dalam blog kita memang sangat menjengkelkan bila sumbernya tidak disertakan. Hal inilah yang membuat orang merasa malas menampilkan tulisan berkualitas di dalam blog karena merasa hak ciptanya tidak aman. Banyak sekali orang yang merasa sangat jengkel dengan tulisan copy-paste yang diambil seenaknya dari dalam blog kita tanpa menampilkan sumbernya. Hal itu juga sangat biasa terjadi di karya penulisan ilmiah maupun fiksi, terutama di dunia blogging.

Bagi Anda yang menemukan tulisan tulisan copy-paste yang dilakukan oleh blogger lain tanpa meminta izin dan menampilkan sumber, maka silahkan melaporkannya ke DMCA. DMCA merupakan suatu situs penyedia jasa yang bisa dimanfaatkan untuk melaporkan blog di mana tulisan copy-paste ditampilkan tanpa sumber di blog Anda. Digital Millenium Copyright Act atau DMCA ini bertugas untuk menjaga hak cipta konten digital yang akan membantu Anda melaporkan blog yang terdapat tulisan copy-paste di dalamnya kepada Google, agar Google mau mencabutnya dari mesin pencarinya, bahkan dari dunia online.

BACA JUGA:  Cara Mengetahui Segalanya Tentang Website Tertentu

Mari Kita Coba Proses Melaporkan Tulisan Copy-paste ke DMCA

1. Pertama-tama coba cari tulisan copy-paste dari blog Anda di blog orang lain menggunakan Google, atau catat alamat blog tersebut. Anda juga bisa menggunakan jasa dari Copyscape dan Plagsspotter.

2. Di Copyscape dan Plagspotter masukkan saja URL blog Anda dan biarkan proses pengecekannya berjalan. Dua situs tersebut akan menampilkan hasil pengecekan tulisan copy-paste yang terdapat di berbagai blog jika memang ada tulisan copy-paste yang diambil blogger lain dari blog Anda.

3. Setelah itu catat beberapa alamat situs yang terbukti mengandung tulisan copy-paste dari blog Anda dengan kadar yang cukup tinggi atau lebih dari 40 hingga 50%.

4. Kemudian masuk ke Google DMCA dan laporkan bahwa ada blog yang memuat tulisan copy-paste dari blog Anda tanpa sumber dan melanggar hak cipta.

5. Pilih platform dan jenis pelanggaran hak cipta lalu ikuti prosesnya hingga selesai. Ganti bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia bila perlu.

6. Setelah itu tunggu pemberitahuan dari Google dan tulisan copy-paste akan dihapus dari Google, kemungkinan juga di blog-nya.

BACA JUGA:  4 Tips Mudah Mengembangkan Blog

Itulah cara melaporkan tulisan copy-paste ke DMCA yang mungkin bermanfaat bagi kita para blogger. Selamat mencoba.

6 KOMENTAR

  1. Memerlukan waktu berapa lama kah kira2 untuk google melakukan tindak lanjut penghapusan blog yang terbukti copas????

TINGGALKAN KOMENTAR