Cara Melihat Jumlah Total Pembaca Suatu Postingan WordPress – Tutorial kali menjelaskan tentang bagaimana cara melihat jumlah total pembaca suatu postingan wordpress di setiap postingan Anda. Jika selama ini yang kita ketahui hanya melihat jumlah pengunjung blog kita, kali ini saya menjelaskan tentang cara melihat jumlah total pembaca setiap postingan wordpress Anda.

Kegunaan tutorial ini yaitu agar Anda sebagai penulis postingan tahu sudah berapa banyak tulisan Anda dibaca. Anda dan pengunjung blog Anda dapat melihat jumlah total pembaca suatu postingan di blog wordpress Anda.

Tutorial ini mempermudah mengetahui tulisan mana yang paling banyak dibaca dengan melihat jumlah total pembaca suatu postingan tersebut.

Dari situ Anda bisa mengetahui jenis atau topik artikel apa yang dicari pembaca, dan Anda bisa membuatkan lagi tulisan bertema serupa dengan pengembangan ide. Menarik bukan?

Kalau Anda sudah tahu kegunaannya, mari langsung saja berangkat ke cara membuatnya sebagai berikut:

1. Pertama, install dulu Plugin Wp-Post View.

2. Setelah Anda menginstall plugin tersebut, lalu aktifkan. Atau setelah Anda mendownload silahkan pergi ke Plugins => Add New, lalu klik tab Upload, masukkan file zip Wp-Post View yang tadi Anda download (tidak usah diekstrak), lalu setelah diupload silahkan Anda aktifkan.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Google Fonts Tanpa Plugin

3. Setelah plugin Wp-Post View sudah selesai ditempatkan di dalam database blog wordpress Anda, maka kemudian Anda harus meletakkan kode <?php if(function_exists(‘the_views’)) { the_views(); } ?> di single.php theme editor wordpress Anda tepat sebelum kode <?php while (have_posts()) : the_post(); ?> atau sejenisnya.

4. Setelah itu silahkan klik Update.

5. Semuanya selesai, silahkan buka salah satu postingan wordpress Anda dan lihat angka yang tertera di bagian sekitar judul postingan. Kira-kira tampak seperti pada gambar di bawah ini:

SeniBerpikir_Contoh

Dalam gambar tersebut coba lihat ke arah tulisan yang distabiloin kuning. Itulah jumlah pembaca postingan wordpress Anda. Dalam gambar tersebut jumlah pembaca tulisan itu masih 0 ;p

Mudah sekali bukan? Hal ini merupakan salah satu alternatif untuk menentukan topik postingan di dalam blog Anda dengan jaminan pembaca yang banyak 😀

Dengan menunjukkan total pembaca suatu postingan wordpress, pembaca Anda juga akan mengetahui tulisan mana yang sudah dibaca dengan total yang banyak dan kemudian akan ikut membacanya. Ini juga dapat mengukur tingkat popularitas tulisan dan blog Anda.

BACA JUGA:  Cara Menambahkan Icon di Menu WordPress Dengan Font Awesome

Dengan plugin tersebut Anda juga dapat menempatkan tulisan yang paling banyak dibaca berdasarkan angka terbanyak dan menempatkannya di sidebar sehingga lebih mudah ditemukan.

Fitur tersebut juga membantu pengunjung untuk menemukan tulisan mana yang paling banyak dibaca. Fitur itu juga berkaitan dengan penempatan Artikel Populer di sidebar blog Anda. Jadi berdasarkan jumlah total pembaca yang membaca suatu postingan dengan jumlah terbanyak maka postingan tersebut muncul paling atas di daftar tersebut.

Tulis daftar tersebut dengan judul “Artikel Populer” dan sebagainya terserah Anda lalu aktifkan widget tersebut dan tempatkan di sidebar blog Anda. Widget-nya sudah tersedia dan tinggal Anda aktifkan ketika Anda sudah menginstall plugin Wp-Post View.

Pada akhirnya, jika Anda sudah mengikuti cara-cara di atas dengan baik dan benar, maka Anda dan pengunjung blog Anda dapat melihat jumlah total pembaca suatu postingan di wordpress. Namun berhati-hatilah menggunakan plugin yang terlalu banyak karena dapat memberatkan kinerja server hosting Anda.

Selamat mencoba dan salam blogger! 😀

BACA JUGA:  Cara Mengintegrasikan Font Awesome di WordPress

 

14 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR