Tips Blogging: Memulai Aktivitas Sebagai Blogger – Sebelum memulai aktivitas sebagai blogger, ada beberapa tips blogging yang perlu Anda ketahui dan Anda terapkan. Seperti yang kita ketahui, dengan dipermudahnya penggunaan internet maka pasar bisnis dan informasi pun semakin mudah didapatkan. Untuk itu Anda harus sudah memikirkan untuk memiliki blog pribadi, yang juga bisa menguntungkan bagi Anda nantinya.

Sebelum memulai aktivitas sebagai blogger, ada beberapa tips blogging penting yang saya jelaskan dalam tulisan ini dan tentunya menarik untuk Anda implementasikan. Saya tidak akan bertele-tele dalam menjelaskannya. Mari simak beberapa tips blogging di bawah ini.

Tips Blogging dalam Memulai Aktivitas Sebagai Blogger:

1. Hal pertama yang harus Anda tetapkan sebelum membuat blog yaitu Ide dan Topik.

Dalam dunia blogging tentu Anda harus memiliki ide dalam membangun personal branding Anda dengan blog. Ide juga diperlukan untuk mengisi blog Anda dengan konten-konten berkualitas. Tentukan ide yang unik yang kira-kira masih jarang ditemukan di internet namun berkualitas dan dibutuhkan orang lain. Upayakan agar ide yang Anda usung nantinya berguna untuk pembaca, bukan hanya untuk Anda sendiri.

Isilah blog Anda dengan ide yang Anda kuasai betul. Dengan penguasaan ide, Anda terpacu untuk terus mengisi konten blog Anda dengan ide-ide segar yang Anda miliki. Anda juga jadi tidak gampang bosan menekuni dunia blogging. Sama saja dengan topik, namun usahakan agar topik blog Anda dibuat secara spesifik. Misalnya jika Anda sudah memiliki ide dalam menentukan mau diisi apa blog Anda nantinya, maka tentukan topik spesifik dari ide Anda tersebut untuk kemudian ditanamkan di dalam blog Anda.

Contohnya seperti ini, jika Anda punya ide untuk memberi informasi tentang dunia teknologi, maka topik spesifik Anda tentang teknologi informasi, teknologi digital, teknologi seluler, dan sebagainya. Atau jika Anda punya ide untuk berbagi tips kesehatan, maka topik blog Anda tentang tips merawat kulit, tips merawat rambut, tips mencegah flu, dan sebagainya. Carilah ide dan buatlah topik blog yang berpeluang besar untuk dibaca orang. Jawablah kebutuhan pencari informasi di internet dengan tulisan di blog Anda.

BACA JUGA:  5 Karakter yang Harus dimiliki Blogger Senior

2. Nama Blog Anda

Hal ini penting. Nama itu tentu punya arti, lupakan pepatah lama yang sering kita dengar! Tentukan nama blog Anda yang kira-kira nyambung dengan isi blog Anda. Pilihlah nama blog yang mudah diingat, unik, keren, melambangkan aktivitas blogging Anda, dan harus nyambung dengan nama domain Anda.

Misalnya Anda hendak membuat blog tentang Mencari Uang di Internet, maka nama yang cocok misalnya Money Online, dan sebagainya. Usahakan agar nama blog Anda nyambung dengan nama domain yang Anda pilih, misalnya nama domain yang sudah Anda pilih atau Anda beli www,monetizeblog,com, maka nama blog Anda Monetize Blog, Monetize Your Blog, dan sebagainya, yang penting usahakan agar tidak jauh dari topik blog Anda, domain Anda, dan gambaran aktivitas blogging Anda nantinya.

3. Putuskan blog apa yang Anda gunakan.

Hal ini juga penting dalam melakukan aktivitas sebagai blogger jika Anda berpikir untuk jangka panjang. Ada banyak penyedia platform blog yang tersedia dan gratis. Jika Anda hanya sekedar hobi menulis dan ingin menuangkannya ke dalam blog untuk sekedar bersenang-senang, maka gunakanlah blog gratis seperti blogspot, wordpress, tumblr, blogdetik, dan sebagainya. Namun penting diketahui bahwa jika Anda benar-benar berharap banyak dalam aktivitas blogging untuk masa yang akan datang, buatlah blog dengan domain Anda sendiri.

BACA JUGA:  Anda Punya Website Mobile Friendly? Ini Cara Mengetahuinya

Jika Anda punya ide luar biasa dan Anda yakin aktivitas blogging Anda akan berhasil nantinya serta hendak memonetisasi blog Anda, maka pilihlah blog dengan domain dan hosting sendiri. Memang berbayar, namun Anda berpeluang besar mendapatkan keuntungan yang bahkan belum terpikirkan oleh Anda nantinya.

4. Tentukan Keyword Blog Anda

Hal ini berguna untuk keperluan SEO agar pengunjung blog Anda mudah menemui blog Anda di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan sebagainya. Cek keyword yang hendak Anda gunakan di Google Adwords dan Google Trends. Hal ini sangat penting dalam proses membangun blog Anda, terlebih mendapatkan pagerank tinggi dan pengunjung yang banyak.

5. Untuk siapa blog Anda ditujukan?

Yang ini juga penting. Jika Anda hendak memulai aktivitas sebagai blogger, maka Anda harus memikirkan kepada siapa tulisan-tulisan di dalam blog Anda ditujukan? Siapa yang akan menjadi target tulisan-tulisan di blog Anda? Siapa yang akan membacanya? Jika sudah Anda bersusah payah mengisi blog Anda dengan tulisan-tulisan yang menurut Anda berkualitas namun tidak ada yang baca maka sama saja dengan NOL. Kerja keras Anda untuk beberapa waktu sia-sia karena tulisan Anda tidak ada yang baca. Namun jangan khawatir, jika Anda sudah memulai membangun blog dengan 3 tahap di atas maka harusnya sudah jelas kepada siapa blog Anda akan dituju.

6. Perbanyak membaca blog orang lain untuk mempelajari topik, gaya tulisan, dan desain blog.

Dengan memperbanyak membaca blog orang lain, terutama blog yang sudah terkenal, maka Anda bisa memikirkan lagi mengenai 4 poin di atas. Jika 4 poin di atas tidak jauh berbeda dengan blog-blog yang Anda baca, maka tidak ada yang salah dalam langkah awal Anda membuat blog. Hal tersebut juga memperbanyak ide Anda untuk membangun blog Anda.

BACA JUGA:  Apa Pentingnya Blogging? 5 Manfaat Blogging Yang Penting Anda Ketahui

Dengan membaca blog-blog orang lain Anda jadi punya lebih banyak ide menulis, mendesain, dan memilih gaya tulisan sehingga Anda punya ciri khas sendiri dalam menulis artikel. Perbanyaklah terlebih dahulu membaca blog-blog yang sudah terkenal. Analisa bagaimana proses mereka membangun blog mereka hingga menjadi terkenal seperti sekarang. Baca awal mula dia memposting tulisan dan lihat perkembangannya hingga saat ini.

7. Konsisten

Anda butuh konsistensi dalam membangun blog Anda. Usahakan agar Anda memiliki konsistensi terhadap berbagai hal dalam diri Anda. Jika Anda konsisten dengan ide dan topik Anda, maka lanjutkanlah dengan membangun blog Anda. Jika konsistensi tersebut runtuh, maka 50% upaya Anda akan sia-sia karena ketekunan Anda dalam membangun blog sudah berkurang.

8. Mulailah Aktivitas Anda sebagai Blogger

Jika 6 poin di atas sudah Anda persiapkan, maka tips blogging ini tidak sia-sia. Silahkan mulai membuat blog, desain blog Anda sesuai selera Anda, gunakan plugin dan widget seperlunya saja, isi tulisan dengan ide-ide yang menarik dan konsisten, promosikan tulisan Anda ke jejaring sosial seperti twitter dan facebook, submit blog Anda ke Google dan teman-temannya, submit blog Anda ke social bookmarking seperti Technorati, Delicious, StumbleUpon, Infogue, Lintas Berita, dan sebagainya. Bangunlah blog Anda dengan sepenuh hati, jangan setengah-setengah.

Jika memang betul-betul niat Anda pasti akan tekun dan gigih dalam berjuang membangun blog Anda. Selamat mencoba 😀 Demikianlah tips blogging dari saya yang bisa Anda implementasikan. Mohon maaf atas segala kekurangannya.

TINGGALKAN KOMENTAR