10 Langkah Penting Dalam Mencari Peluang Usaha Online – Salah satu jenis usaha sedang digemari dan marak di kalangan masyarakat adalah usaha online. Saat ini, hampir semua usaha dapat dilakukan secara online.

Kecanggihan teknologi membuat semuanya menjadi mudah. Berikut adalah 10 langkah penting dalam mencari peluang usaha online yang harus diperhatikan.

10 Langkah Penting Dalam Mencari Peluang Usaha Online

1Tentukan Jenis Usaha

Tahap awal ini tidak boleh dilewatkan, semua peluang usaha online dimulai dari penentuan jenis usaha apa yang ingin dijalankan dan ditekuni. Usaha tersebut dapat berupa produk maupun bidang jasa.

Bahkan, bila ingin sekali dayung 2 pulau terlampaui, bisa mengambil dua kesempatan, yaitu produk dan jasa. 

Walaupun Anda sudah menemukan ide bisnis, pasti akan ada ide yang sama di luar sana dari kompetitor. Namun, meski memiliki ide mirip pastikan Anda memiliki ciri khas yang bisa ditonjolkan. 


2Tawarkan Jasa

Jenis peluang usaha online ini tidak monoton dan bersifat statis, melainkan lebih banyak ragamnya. Dulu, jenis usaha yang berhasil, dominan dengan produk yang jelas terlihat dan bisa disentuh. Tetapi saat ini tidak, usaha jasa pun keberadaannya berimbang.

Baca Juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Usaha bidang jasa menyodorkan keahlian yang tidak dimiliki oleh orang atau perusahaan lain bisa menjadi nilai tambah untuk pelanggan. Hal yang berhubungan dengan teknologi, mengingat saat ini teknologi sebagai penguasa kegiatan manusia akan selalu dibutuhkan. 


3Bisnis Nama Domain (Domain Flipping) 

Seperti nama beberapa bisnis yang sudah terkenal dan sukses sebelumnya, Anda harus memilih nama domain menarik, simpel dan singkat sehingga mudah diingat dan diketahui oleh konsumen. Hal itu bisa dilakukan melalui riset ke beberapa nama domain yang tersedia dan belum digunakan.

Baca Juga:

Seperti melalui situs penyedia pendaftaran domain terpercaya. Namun, bila ingin membuat sendiri tanpa harus mengandalkan jasa lain tidak masalah. Usahakan menemukan nama domain yang mampu menarik perhatian calon klien atau customer.

Setelah menemukan nama domain yang bagus dan memiliki nilai jual yang tinggi, Anda kemudian bisa menjualnya dengan harga yang berkali-kali lipat lebih mahal dari harga pertama kali Anda beli.

Inilah salah satu usaha online yang paling menguntungkna. Parking domain tersebut di hosting tertentu, boleh hosting gratis, dan cari calon pembeli di platform jual-beli domain seperti Flippa, Sedo, dan sebagainya.


4Reseller Web Hosting

Meskipun banyak layanan web hosting yang bisa diakses secara gratis, namun bila Anda menginginkan penggunaan bisnis jangka panjang, dibutuhkan keseriusan dalam mengelola. Termasuk anggaran khusus disediakan untuk menyewa layanan web hosting terpercaya.

Layanan ini biasanya berbayar dan Anda bisa menjadi reseller dan menjualnya ke orang lain dengan mark up harga sebagai komisi penjualan Anda.

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan web hosting yang membuka sistem kemitraan berupa reseller, di mana Anda bisa menjadi salah satu pelaku penjual web hosting kepada orang-orang dengan metode marketing Anda sendiri.


5Membuat Toko Online

Dalam pembuatan toko online, perlu Anda pikirkan mengenai pengekspresian gaya agar bisa menjadi daya tarik sebuah bisnis. Harus ada sentuhan gambaran profesional tentang prinsip-prinsip bisnis.

Baca Juga: Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan WooCommerce

Walaupun tema web online milik Anda terkesan full flower, full color dan ceria, namun tetap harus dipastikan design situs toko online tetap pas dengan jenis produk ataupun usaha yang ingin ditawarkan.


6Buat Rekening

Salah satu syarat yang harus dipenuhi saat transaksi secara online adalah rekening. Karena satu-satunya pembayaran belanja online adalah transfer, entah dari jenis apapun. Wajib untuk Anda membuat ATM atau rekening tabungan.

Jika perlu, buat beberapa jenis ATM atau rekening tabungan. Karena semakin lengkap jenis rekeningnya, akan mendapatkan loyal consumen tidak menyusahkan proses pembayaran mereka. Tidak hanya rekening, namun juga pembayaran rekening bank lokal.


7Lakukan Sosialisasi Secara Berkala 

Bisnis sebaik dan sebagus apapun bila tidak ada niat untuk melakukan promosi, hasilnya akan tetap seperti semula bahkan bisa menjadi lebih buruk lagi.

Anda harus memanfaatkan berbagai fitur media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Telegram dan lain sebagainya untuk melakukan berbagai upaya promosi.


8Manfaatkan Afiliasi

Saat ini, banyak sekali tersedia webmaster populer untuk menambah jumlah pemasaran produk. Ketika Anda bergabung menjadi sebuah member di program afiliasi ini tidak akan dipungut biaya sama sekali.

Baca Juga: 5 Ide Jual Produk Digital dan Cara Menjual Produk Digital

Ini benar-benar menjadi peluang untuk Anda, dimana pengguna bebas dalam memasarkan, lalu mendapatkan komisi atau bisa juga digunakan untuk menjual layanan maupun bisnis online lain. 


9Mengoptimalkan Situs Iklan

Salah satu penopang besar dari usaha di media cetak, online maupun televisi adalah iklan. Namun, Anda harus membayar pihak penyedia iklan agar dapat memasarkan produk atau jasa terkait. Saat ini, sudah ada beberapa penyedia iklan yang cukup populer. 

Tidak hanya televisi, media kontemporer seperti Youtube, Instagram dan lain sebagainya terbilang lebih optimal untuk memasarkan sebuah iklan. 


10Tentukan Target

Jenis usaha apapun termasuk online, target ataupun pencapaian harus dimiliki oleh setiap orang dan perusahaan yang bersangkutan.

Baca Juga: 10+ Prediksi Strategi Bisnis Online Paling Efektif di Tahun 2020

Baik itu target pasar ataupun target pendapatan. Meski masih pemula, Anda harus ada target waktu tertentu mengenai omset.

Selain target mengenai omset, selalu upayakan kemajuan perusahaan agar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Sehingga, pelanggan tidak dikecewakan melainkan akan dibuat puas, baik dari segi pelayanan, koleksi produk atau keunggulan jasa. 

Banyak sekali peluang berbisnis secara online yang mudah. Namun, Anda tetap harus memperhatikan 10 langkah penting dalam mencari peluang usaha online agar pondasi usaha yang dibangun semakin kuat dan tidak mudah bangkrut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.