5 Ide Jual Produk Digital dan Cara Menjual Produk Digital

5 Ide Jual Produk Digital dan Cara Menjual Produk DigitalZaman kemajuan teknologi seperti sekarang ini banyak mendatangkan manfaat, termasuk dalam urusan bisnis.

Kecanggihan teknologi yang ada dapat dimanfaatkan dalam urusan bisnis digital. Berbagai produk kini sudah berubah menjadi bentuk digital yang bisa dikonsumsi oleh siapa saja, di mana saja.

Dengan hadirnya produk dengan format digital, Anda pun bisa ikut menjual berbagai produk digital secara digital, dalam artian menjual produk tersebut lewat internet.

Jadi, apa saja ide produk digital yang bisa dijual?

5 Ide Produk Digital yang Bisa Dijual

Produk Digital dalam Bentuk Tulisan

produk digital ebook

Sekarang ini, tulisan sudah tersedua dalam bentuk digital. Mulai dari berita online, ebook, majalah digital, hingga novel digital.

Baca Juga: 5 Website Untuk Download Software Windows Gratis, Legal dan Aman

Anda juga bisa membuat berbagai macam produk digital dalam bentuk tulisan untuk kemudian dijual di internet.

Bila Anda punya blog (baca: cara membuat blog), Anda juga bisa mengumpulkan tulisan terbaik Anda dan dikonversi menjadi sebuah ebook untuk kemudian dijual.

Atau, bila bakat menulis Anda ada di bidang fiksi, Anda bahkan bisa membuat novel dalam bentuk ebook dengan metode self-publishing.

Masih banyak sekali produk digital dalam bentuk tulisan yang bisa Anda buat dan jual di internet, tergantung ketertarikan dan bidang yang Anda kuasai.


Desain

desain grafis

Desain grafis merupakan salah satu bidang yang saat ini selalu ramai dan beruntunglah mereka yang punya keahlian di bidang ini.

Desain grafis selalu dibutuhkan dalam industri digital saat ini, mulai untuk kepentingan promosional di media sosial, website, dan masih banyak lagi.

Anda bisa membuat berbagai produk desain seperti template logo, template postingan media sosial, template presentasi PowerPoint atau pun Google Slides, hingga paket icon berbagai topik.

Yakinlah, permintaan produk desain dalam bentuk digital sangat besar dalam jangka panjang, selama mayoritas industri sudah merambat ke bidang digital.


Video

video grafis

Selain desain, video pun demikian besar peminatnya saat ini. Banyak sekali permintaan video untuk berbagai keperluan promosional di internet.

Bila Anda punya keahlian di bidang pembuatan video, baik motion maupun editing, Anda juga bisa menjual video seperti video pendek, video intro, video tutorial bidang tertentu, dan sebagainya


Audio

audio musik

Video tanpa suara pastinya hampa. Maka dari itu, video harus selalu berdampingan dengan audio. Bila Anda punya keahlian dalam menciptakan audio, mulai dari musik intro atau pun pengiring, Anda bisa menjualnya dan mendapatkan keuntungan yang sangat signifikan nilainya.


Script & Software

script software pemrograman coding

Zaman sekarang ini, bidang IT tidak serumit dulu lagi. Ada banyak sekali alternatif di bidang IT yang bahkan orang awam sekalipun bisa memanfaatkannya.

Contohnya saja membuat website perusahaan dan toko online. Orang-orang tidak lagi harus menjadi mahir terlebih dahulu untuk bisa membuat jenis website tersebut.

Sekarang sudah ada script atau pun software yang bisa dimanfaatkan. Contohnya saja kita bisa menggunakan WordPress untuk membuat website berbagai keperluan.

Makanya, bila Anda punya keahlian bidang IT yang dalam, Anda bisa membuat script atau software untuk kemudian dijual di internet.

Cari inspirasinya di website semacam Codecanyon. Di sana, hampir semua script dan software berbagai keperluan yang tersedia untuk digunakan.

[td_smart_list_end]


5 Ide Jual Produk Digital Lainnya dan Cara Menjual Produk Digital

Toko Online

Sebuah website atau platform dapat dimanfaatkan sebagai sarana transaksi jual-beli produk secara online. Jenis bisnis ini sangat menjanjikan untuk digeluti, dimana penjual hanya perlu memaksimalkan penggunaan gadget atau Android. Dengan memanfaatkan toko online yang sudah ada, seperti Tokopedia, Shopee dan sebagainya. 

Selain itu, Anda bisa membuat toko online milik pribadi. Di antara persiapannya adalah ide penamaan toko online agar tampil beda sebagai branding dan menciptakan kepercayaan konsumen. Anda akan belajar menjadi mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.

Baca Juga: 10+ Prediksi Strategi Bisnis Online Paling Efektif di Tahun 2020

Cara menjual produk digital berupa pembuatan toko online sangat mudah. Saat ini, sudah banyak platform manajemen konten, seperti wordpress yang bisa memudahkan pembuatan website sekalipun bagi pemula. Selain itu, kemudahan di dalam bisnis toko online ini begitu banyak karena Anda hanya sebagai penyalur para online shop.

Tidak diperlukan keahlian khusus dalam bidang pemrograman untuk membuat sebuah toko online yang profesional. Anda cukup banyak belajar dari tutorial-tutorial yang sudah ada. Paling penting dari bisnis digital ini adalah konsep sebaik mungkin penjualan toko online yang berhubungan dengan kerjasama dengan banyak penjual online. 

Produk Informasi Digital

Ide jual produk digital selanjutnya adalah produk informasi. Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah e-book, yaitu buku yang dikemas secara digital, berisikan hal-hal bermanfaat atau ilmu-ilmu yang sangat diperlukan bagi seorang pelajar sekolah maupun mahasiswa perguruan tinggi. 

Ada produk e-comic menyajikan tampilan baru lebih kreatif dan menarik tentang sebuah komik masa depan. Dalam hal ini, perlu disiasati penggunaan maupun pembuatan konten sejalan dengan isu kekinian dan bermanfaat agar bisa mencapai trending pembahasan.

Selain itu, diperlukan cara pemasaran yang lebih ekstra. Dengan strategi provokatif, produk akan terjual dengan baik. Produk harus tepat sasaran atau sesuai target pasar, sebelumnya bisa dilakukan riset terlebih dahulu mengenai sasaran tujuan agar bisa disesuaikan dengan konten.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, banyak situs terpercaya saat ini untuk menjual produk informasi berbasis digital, yaitu Clickbank, Jualio, Guides.co dan lain sebagainya.  

Jual Tiket Online

Tinggal di negara Indonesia sangat menyenangkan, memiliki banyak pulau dan kekayaan alam melimpah. Keunggulan ini bisa dimanfaatkan sebagai ladang penghasilan menjanjikan, seperti penjualan tiket. Banyak sekali permintaan turis asing maupun warga lokal yang ingin bepergian ke berbagai kawasan.

Salah satu yang akan mereka butuhkan adalah tiket transportasi, baik darat dan laut. Mulai dari tiket pesawat, kapal, kereta api dan sebagainya. Selain itu, juga bisa diselingi dengan menjual jasa paket wisata ke berbagai tempat. 

Sekarang ini, kebutuhan tiket semakin meningkat di pasaran. Hal ini sebanding dengan ada minat masyarakat ingin bepergian ke luar daerah. Tepat sekali bila peluang ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

Baca Juga: Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan WooCommerce

Cara jual produk digital untuk menjual tiket online atau menjadi agen tiket sangat mudah. Anda hanya tinggal mendaftar ke jaringan agen tiket ternama. Gunakanlah webiste booking untuk memudahkan dan mempercepat proses dari order konsumen. Anda bisa bergabung dengan beberapa komunitas traveling untuk memperkenalkan usaha. 

Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Usaha website dan digital sekarang banyak dibutuhkan dan dijadikan sebagai ladang dalam mencari pundi-pundi rupiah, pembuatannya tergolong mudah. Bahkan, sudah banyak situs yang mereview cara-cara ini. Namun, tidak sedikit konsumen yang malas bersusah payah membuatnya dan lebih memilih memakai jasa pembuatan.

Apabila Anda menguasai cara pembuatan berbagai macam website, jasa semacam ini bisa dijual dan ditawarkan. Baik kepada instansi pemerintah, perusahaan maupun perorangan. Apalagi bila dapat menguasai kustomisasi website menarik sesuai permintaan klien. 

Keuntungannya, Anda dapat bekerja secara freelance. Artinya tidak akan terikat kontrak dengan seseorang atau penyewa. Selain itu, karena kemampuan bidang ini membutuhkan kreativitas yang tinggi, upah yang akan didapatkan terbilang tinggi.

Mengajar Online

Profesi selanjutnya yang cukup menjanjikan saat ini yaitu bekerja sebagai tutor. Tidak jarang tersedia lowongan tutor apalagi bagi mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan sampingan mudah dan tidak menguras tenaga. 

Namun, apabila mengajar secara langsung, Anda harus siap sedia di tempat hingga waktu tertentu. Berbeda dengan mengajar online, dapat dilakukan tanpa harus hadir ke tempat lembaga bimbingan bersangkutan. Cara menjual produk digital ini terbilang mudah, Anda hanya membutuhkan sebuah laptop ataupun gadget.

Baca Juga: Tambah Penghasilan dengan 10 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Saat ini, banyak sekali muncul platform atau aplikasi seperti Udemy ataupun Ruang Guru yang memberikan peluang bagi tutor untuk mengajar secara online. Semua pertanyaan dan materi diberikan secara online melalui aplikasi. Atau sesekali bertatap muka menggunakan fitur video call.

5 ide jual produk digital dan cara menjual produk digital di atas sangat mudah dilakukan bagi siapapun. Tidak perlu keahlian maupun bakat khusus. Yang terpenting adalah niat dan usaha sungguh-sungguh untuk belajar.

Kontributor
Kontributor di website Seni Berpikir. Menulis beragam hal seputar teknologi, bisnis online, blogging, SEO, WordPress dan masih banyak lagi.

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

8 Strategi Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda

8 Strategi Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online Demi Meningkatkan Penjualan - Beragam jenis diskon memang kerap dimanfaatkan oleh pemilik bisnis online untuk menarik pelanggan sekaligus...

Cara Mendaftarkan Bisnis di Google My Business (Google Bisnisku)

Cara Mendaftarkan Bisnis di Google My Business (Google Bisnisku) - Bagi setiap pebisnis, memiliki sebuah toko fisik/kantor pusat yang mudah ditemukan di mana lokasinya...

10 Trik SEO Ampuh Untuk Toko Online, Wajib Coba!

10 Trik SEO Toko Online yang Paling Ampuh - Saat ini, perkembangan dari toko online semakin menjamur dan penjualannya pun semakin beragam. Berbagai jenis...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ikuti Kami!

1,371FansLike
806FollowersFollow
210SubscribersSubscribe

Terpopuler

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!