KoinWorks, Investasi Online Menguntungkan Mulai dari Rp 100.000 – Di era sekarang ini sudah ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan investasi yang maksimal.

Ditambah dengan maraknya perkembangan teknologi informasi sehingga instrumen investasi online pun bermunculan dan bisa digunakan oleh siapa saja dan di mana saja.

Salah satu instrumen investasi online yang tengah marak diperbincangkan adalah investasi online Peer to Peer Lending (P2P Lending), di mana seiring terbitnya Peraturan OJK Nomor 77 / POJK.01 / 2016, istilah tersebut kemudian kini bergeser dengan sebutan P2P Fintech Lending.

Nah, P2P Lending sendiri sebagai sebuah instrumen investasi terbilang cukup inovatif dan mampu merangkul khalayak luas. Untuk memahaminya lebih jauh, berikut penjelasan singkat tentang Peer to Peer Lending (P2P Lending).


Apa Itu Peer to Peer Lending (P2P Lending)?

koinworks peer to peer lending p2p lending investasi online

Peer to Peer Lending (P2P Lending) adalah sebuah kegiatan pinjam-meminjam uang antara dua pengguna secara langsung melalui sebuah platform online yang disediakan oleh perusahaan P2P Lending itu sendiri.

Berbeda dengan Balance Sheet Lending di mana peminjam mendapatkan pinjaman secara langsung dari perusahaan terkait (perusahaan yang bergerak di layanan Balance Sheet Lending yang memberikan pinjaman kepada peminjam), P2P Lending menyediakan sebuah platform online di mana peminjam dapat mengajukan pinjaman dan pemberi pinjaman atau investor dapat memberikan pinjaman.

Dalam artian lain, P2P Lending bergerak untuk mempertemukan peminjam dengan investor dalam satu wadah secara online.

Peminjam dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan secara online dengan bunga yang rendah, sementara investor  dapat memberikan pendanaan terhadap setiap peminjam sesuai tujuan pinjaman masing-masing.

Untuk mengetahui segala hal umum tentang Peer to Peer Lending, silahkan baca artikel berikut untuk lebih jelasnya:

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Peer to Peer Lending (P2P Lending)


Sekilas Tentang KoinWorks

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - 8

Sudah lebih dari setahun kehadiran KoinWorks sebagai salah satu pionir yang bergerak di bidang P2P Lending Indonesia.

KoinWorks hadir dengan misi sosial dalam hal pinjaman modal bisnis yang umumnya membantu pemodalan bisnis UMKM, pinjaman dana pendidikan, hingga pinjaman dana kesehatan.

Baca Juga: Investor Pemula? Baca Panduan Investor Pemula Untuk Investasi di Fintech Lending KoinWorks Ini

Sejauh ini, sudah ada hampir 6.000 investor aktif yang tergabung di KoinWorks dan telah mendanai ratusan kebutuhan peminjaman.

KoinWorks juga menggandeng mitra besar di berbagai bidang seperti Lazada, Tokopedia, hingga Bhinneka soal pinjaman bisnis di mana merchant dari setiap e-commerce yang membutuhkan modal bisnis untuk mengembangkan bisnisnya dapat mengajukan pinjaman melalui KoinWorks.

Baca Juga:

Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Selain itu, KoinWorks juga menyediakan pinjaman bisnis untuk pelaku bisnis UMKM independen, yang artinya tidak menjadi merchant di mitra terkait, hanya saja proses assessment-nya akan berbeda.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Custom Domain di Shopify

Di samping pinjaman bisnis, KoinWorks juga menyediakan pinjaman pendidikan untuk berbagai kursus dalam memantapkan skill yang dibutuhkan startup hingga perusahaan besar lain pada umumnya.

Salah satu mitra yang digandeng adalah Hacktiv8 yang menangani pendidikan programming.

Untuk pinjaman kesehatan, KoinWorks saat ini sudah berkolaborasi dengan institusi kesehatan ternama sekelas Klinik Mata Nusantara, SmileXpress, hingga RS Premier Bintaro.

Bila Anda bergabung menjadi investor di KoinWorks, Anda bisa membantu pendanaan atas kebutuhan peminjaman seperti yang disebutkan di atas.

Bunga yang Anda dapatkan sebagai investor berkisar mulai dari 18% per tahun bunga efektif. Keuntungan yang Anda dapatkan bisa lebih tinggi lagi bila diinvestasikan kembali. Hal ini karena adanya compounding effect.

KoinWorks juga mendukung keamanan investor dengan menyediakan Dana Proteksi. Dana Proteksi sendiri merupakan dana yang khusus dikumpulkan oleh KoinWorks dari keuntungan yang didapat demi menjamin dana investor, di mana apabila terjadi gagal bayar dari peminjam, Dana Proteksi akan digunakan untuk mengganti rugi dana investor tersebut.


KoinWorks Resmi Terdaftar dan Diawasi Oleh OJK

Pada bulan April 2017, KoinWorks resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan menjadi salah satu perusahaan P2P Lending pertama yang terdaftar.

Cepatnya KoinWorks terdaftar di OJK merupakan salah satu contoh komitmen KoinWorks untuk memberikan pelayanan keuangan bagi masyarakat lewat bisnisnya. Pun demikian, status ini pun kian mendongkrak reputasi KoinWorks sebagai penyedia layanan P2P Lending terpercaya di tengah-tengah masyarakat.


Investasi Online P2P Lending KoinWorks Mulai dari Rp 100.000

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - 9

Bila Anda saat ini memiliki dana Rp 100.000, apa yang akan Anda lakukan dengan uang tersebut? Bagi sebagian besar orang, investasi dengan modal Rp 100.000 mungkin belum terpikirkan sebelumnya.

Oleh karenanya, uang Rp 100.000 terkadang habis untuk kepentingan yang sebetulnya tidak terlalu penting.

Ketimbang dibiarkan diam begitu saja dalam tabungan, menganggur, atau bahkan harus habis untuk keperluan yang tidak terlalu penting, Anda bisa berinvestasi online P2P Lending di KoinWorks sembari membantu mendanai berbagai kebutuhan peminjam.

Mungkin bagi Anda, uang senilai Rp 100.000 tidak terlalu bernilai, namun bagi peminjam, uang tersebut dapat membantu pengembangan bisnisnya, atau membantu dana pendidikan, bahkan dana kesehatan.

Selain berkesempatan untuk membantu memenuhi kebutuhan peminjam, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi online P2P Lending tersebut.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bunga efektif yang akan Anda dapatkan dalam setahun mulai dari 18%.

Anda bisa menghitung potensi keuntungan dana investasi Anda di KoinWorks dengan kalkulator ini.

BACA JUGA:  Review Hosting Bluehost: Hosting Murah dan Terbaik

Di sisi lain, karena P2P Lending merupakan sebuah instrumen investasi online yang terhitung baru, Anda bisa mencobanya dengan nominal Rp 100.000.

Baca Juga:

Ini Alasan Kenapa Berinvestasi di KoinWorks Bisa Mulai dari Rp 100.000

Bila Anda memiliki dana investasi Rp 1.000.000, ketimbang membiarkannya diam di dalam tabungan, belum lagi nilainya akan berangsur-angsur berkurang karena potongan biaya administrasi dan inflasi, misalnya, di KoinWorks dengan nominal sebesar itu Anda sudah bisa berdiversifikasi ke sebanyak 10 kebutuhan dana peminjam.


Tingkat Risiko dan Keuntungan Investasi di KoinWorks

investasi online p2p lending koinworks
Gambar: KoinWorks

Di KoinWorks, peminjam diklasifikasikan ke dalam skor kredit yang terbagi dalam 5 tingkatan: A, B, C, D, E. Masing-masing skor kredit dibagi lagi ke dalam 5 tingkatan: A1 yang paling aman hingga E5 yang paling berisiko.

Klasifikasi tersebut merupakan hasil dari tahap assessment atau penilaian kelayakan kredit yang dilakukan oleh tim KoinWorks menggunakan standar 4C (minus Collateral/Agunan) dan SWOT terhadap setiap aplikasi peminjaman.

Semakin tinggi skor kredit, misalnya A1, semakin aman sifat investasi namun keuntungan yang didapatkan lebih rendah. Sebaliknya, semakin berisiko investasi, misalnya E5, maka semakin besar pula keuntungan yang akan didapat.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Kenapa Anda Harus Berinvestasi di KoinWorks

Karena dalam logikanya, apabila peminjam dengan E5 memiliki risiko yang tertinggi sementara bunganya sama dengan A1, siapa yang mau mengambil risiko untuk mendanainya?

Oleh karena itu, diberikan kompensasi dalam bentuk bunga keuntungan yang lebih tinggi kepada setiap peminjam dengan skor kredit yang lebih berisiko.

Di KoinWorks, Anda bisa dengan mudah mengembangkan portofolio investasi Anda dengan diversifikasi kepada berbagai peminjam, tujuan pinjamannya, skor kredit atau tingkat risiko dan bunga keuntungan investasi.


KoinWorks: Investasi Online Aman dan Menguntungkan

memaksimalkan keuntungan investasi p2p lending koinworks

Memang, setiap instrumen investasi pasti memiliki risiko yang harus dipertimbangkan dengan baik. Karena bila tidak, dana yang diinvestasikan bisa lenyap begitu saja dan Anda pun pasti merugi.

Tak terkecuali instrumen investasi online seperti P2P Lending. Namun, KoinWorks mengerti betul segala risiko yang memungkinkan investor untuk merugi.

Dalam P2P Lending, dana yang diinvestasikan kepada peminjam memang tidak akan bisa ditarik.

Yang bisa ditarik adalah bunga pengembalian yang dilakukan oleh peminjam setiap bulannya, dipotong dengan 1% biaya administrasi yang dikenakan oleh KoinWorks.

Jadi bila Anda berinvestasi sebesar Rp 100.000 dengan tenor 1 tahun dan dengan bunga keuntungan 12%, tanpa diinvestasikan kembali Anda akan mendapatkan pengembalian total Rp 112.000.

Pengembalian tersebut akan dipotong sebesar 1%:

Rp 112.000Rp 1.200 = Rp 110.800

Dalam hal investasi P2P Lending dan investasi pada umumnya, semakin besar risiko maka semakin besar pula keuntungannya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

BACA JUGA:  Ragam Hal Menarik yang Bisa Dipelajari dari Drama Korea

Contoh di atas merupakan contoh sederhana untuk nominal investasi Rp 100.000 yang diinvestasikan pada pinjaman dengan risiko rendah, bunga keuntungan 12%, dan bunga pengembalian yang didapat dari para peminjam tidak diinvestasikan kembali.

Baca Juga:

Keamanan Investasi P2P KoinWorks, Fintech Lending Indonesia

Keuntungan yang lebih besar akan Anda dapatkan bila berinvestasi di pinjaman yang memiliki tingkat risiko lebih tinggi, terutama apabila bunga pengembalian yang telah didapat diinvestasikan kembali karena adanya compounding effect.

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung potensi keuntungan investasi online P2P Lending Anda di KoinWorks.


Daftar Sekarang dan Dapatkan Dana Investasi Awal 50.000

Karena P2P Lending merupakan instrumen investasi yang terhitung masih baru di Indonesia, perlu pengenalan bagi setiap investor yang ingin mencoba. Oleh karena itu, KoinWorks akan memberikan Anda dana investasi awal sebesar 50.000 bila mendaftar melalui tombol di bawah ini:

Setelah Anda klik tombol di atas (Kode Referral: 13209), Anda hanya perlu mengupload scan KTP (soft copy) dan masukkan nomor HP yang masih aktif untuk keperluan verifikasi data. Anda juga harus memverifikasi email dan nomor HP.

Setelah itu, Anda akan langsung mendapatkan dana investasi awal sebesar 50.000. Anda hanya perlu melakukan deposit tambahan sejumlah Rp 50.000 ke Virtual Account KoinWorks Anda dan bisa mulai berinvestasi (nominal minimal investasi di KoinWorks adalah Rp 100.000).


Penutup

Dengan nominal Rp 100.000, Anda sudah bisa menjadi investor dan bisa mulai mempelajari seluk beluk investasi, bagaimana memahami tingkat risiko dan menyesuaikan kebutuhan finansial Anda dengannya, hingga memprediksi tingkat keuntungan yang berpotensi untuk Anda dapatkan.

Di KoinWorks, sembari berinvestasi dan mendapatkan keuntungan dari investasi online P2P Lending, Anda juga bisa membantu memenuhi kebutuhan pendanaan sesama untuk berbagai tujuan yang positif.

Di mana, modal bisnis yang Anda pinjamkan sebagai pinjaman bisnis akan membantu pengembangan bisnis terutama kalangan UMKM sehingga membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia lewat kemajuannya.

Baca Juga: Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks

Di sisi lain, dana pendidikan yang Anda bantu kepada peminjam dapat membantu pemantapan skill hingga memberdayakan manusia lewat pelajaran skill yang didapat.

Pinjaman dana kesehatan yang Anda berikan dapat membantu mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Jadi, mari bersama-sama membantu KoinWorks dalam mewujudkan misi sosial. Mulai dari Rp 100.000, kita bisa membantu sesama untuk terus maju dan berkesempatan untuk meciptakan passive income.

Selamat berinvestasi P2P Lending KoinWorks!


Investasi mulai dari Rp 100.000:

REVIEW OVERVIEW
Nominal Investasi
Keamanan
Fleksibilitas
Keuntungan Investasi
Kemudahan
Fitur Lainnya
SHARE
Artikel SebelumnyaCara Membuat Blog dengan WordPress Self-Hosted: Lengkap
Artikel SelanjutnyaTrik Youtube: Trik di Balik URL Youtube yang Harus Digunakan
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here