Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun – Dengan perkembangan teknologi internet yang kian pesat, bisnis online pun kian padat.

Setiap hari ada saja bisnis online baru yang diluncurkan, dan kapan giliran Anda? Memulai bisnis online memang tidak gampang, tapi juga tidak sepenuhnya susah.

Jangan berpikir bahwa Anda tidak bisa, melainkan pikirkan, apa yang bisa Anda lakukan dan bagaimana dikonversikan menjadi sebuah bisnis berbasis online?

Di dalam artikel ini, Anda dapat mempelajari tahap-tahap yang bisa Anda ambil untuk memulai bisnis online.

Semua bisa dikonversikan menjadi bisnis asal Anda tekun mencari peluang bisnis yang tepat.

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun

1. Cari Target Pasar Terlebih Dahulu

Banyak orang ragu untuk memulai bisnis di internet karena merasa tidak punya ide. Ini mungkin wajar, karena semua berangkat dari ide.

Tapi jangan terlalu berpatokan pada satu ide, atau jangan pernah memulai bisnis dengan ide yang Anda dapatkan tanpa menganalisa target pasar Anda terlebih dahulu. Ini penting sekali untuk diingat.

Baca Juga: 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan

Yang pertama sekali yang harus Anda lakukan adalah mencari target pasar. Jangan memulai bisnis online tanpa menentukan target pasar. Mengapa? Karena betapa pun bagusnya produk atau jasa yang Anda miliki jika target pasarnya tidak jelas, tidak akan berhasil karena orang tidak tertarik.

Analisa target pasar Anda terlebih dahulu dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana berikut:

  1. Kepada siapa bisnis Anda ditujukan berdasarkan demografis? [Gender, Usia, Status, dan sebagainya] Contoh: Menjual produk kemeja premium kepada pria yang sudah bekerja, menengah ke atas, berusia 23 tahun ke atas.
  2. Solusi untuk permasalahan apa yang ditawarkan oleh bisnis Anda?
    Contoh: Anda membutuhkan transportasi yang murah dan cepat dan bisa dipesan kapan pun di mana pun, maka Go-Jek muncul sebagai solusi.
  3. Apa yang membedakan bisnis Anda dengan kompetitor? Apa kelebihan dan keunikannya?
    Contoh: Go-Jek menawarkan fixed price untuk layanannya sehingga lebih murah, sementara Uber tidak, yang masih bergantung dengan kondisi lalu lintas maka harga sewaktu-waktu bisa naik.

Anda dapat mencari-cari ide bisnis berdasarkan target pasar Anda dengan cara:

  1. Aktif dalam forum offline maupun online.
  2. Temukan di situs-situs Q&A seperti Quora, Yahoo Answer, dan sebagainya.
  3. Peka ketika bermain media sosial.
  4. Peka terhadap lingkungan sekitar Anda.
  5. Perbanyak diskusi dengan orang-orang yang menurut Anda memiliki wawasan yang baik.

Dan perlu diingat, jika Anda tidak mampu menawarkan solusi yang tepat atas permasalahan target pasar Anda dan menawarkan keunikan, maka bisnis online Anda akan tertinggal dari kompetitor Anda. Apalagi sekarang ini bisnis baru yang berpotensi menjadi kompetitor Anda dengan cepat bermunculan.

BACA JUGA:  Apa Itu Reksadana Dan Manager Investasi? Berikut Penjelasannya

2. Siapkan Produk

Peluang bisnis internet ada banyak sekali. Di bagian sebelumnya Anda bisa memulai mencari ide bisnis online dengan menentukan target pasar terlebih dahulu, dan kemudian mendapatkan ide bisnis berdasarkan target pasar yang sudah Anda analisa. Setelah itu mulailah mempersiapkan produk Anda.

Jika Anda saat ini hanya akan menjalani bisnis online Anda seorang diri, maka Anda harus menemukan vendor yang tepat untuk menciptakan sebuah produk.

Jika sudah, mulai berkreasi dengan produk bisnis Anda. Tak perlu terlalu inovatif di tahap awal, atau jika Anda memang memiliki ide yang sangat inovatif, maka langsung realisasikan.

Ketika produk Anda sudah selesai, jangan langsung menjualnya di internet. Sebarkan terlebih dahulu ke teman atau kerabat Anda, minta tanggapan mereka.

Berbisnis lewat internet memang membutuhkan banyak waktu sebelum berjalan, oleh karena itu fokus terlebih dahulu secara offline.

Jika Anda membuat bisnis yang sifatnya media online, jangan terburu-buru menyebarkannya di internet, tapi tanyalah tanggapan temanmu melalui konten-kontennya.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk menentukan produk bisnis yang tepat dan berkualitas:

  1. Temukan manfaat dan keunggulan utama dari produk Anda.
  2. Temukan keunikan utama produk Anda.
  3. Apakah kualitasnya sudah terjamin?
  4. Perbaiki produk jika Anda mendapatkan kritik.
  5. Terus menggali ide bisnis dari pasar potensial Anda.

3. Pemasaran Online: Bagaimana Pemasaran di Internet Dapat Dikerjakan?

Prinsipnya hampir serupa dengan offline, namun ada banyak faktor yang membuat Anda harus bekerja super ekstra. Di internet, semua orang, siapa pun dan di mana pun mereka berada sangat mungkin untuk menikmati bisnis Anda. Tapi bagaimana caranya agar mereka bisa sampai kepada Anda? Itulah peran pemasaran online atau online marketing.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan untuk menerapkan pemasaran melalui internet:

  1. Membuat sebuah Blog untuk kepentingan content marketing.
  2. Membuat media sosial khusus untuk bisnis Anda: Facebook Fanpage, Twitter, Instagram Business, hingga Youtube dan Linkedin
  3. Aktif berpartisipasi di forum tapi jangan melulu mempromosikan bisnis Anda, melainkan membantu menjawab permasalahan dan memberikan solusi yang tepat.
  4. Pelajari SEO.
  5. Belajar internet marketing lebih dalam lagi.

4. Bentuk Tim Jika Perlu

Karena Anda tidak bisa mengerjakan segalanya sekaligus maka bentuklah tim Anda untuk memulai; bisa dengan teman atau keluarga. Tim yang baik akan menghasilkan bisnis yang baik.

Pastikan setiap orang memiliki peran inti masing-masing; misalnya Anda akan menangani bagian produksi, carilah anggota tim yang ahli di bidang pemasaran. Cari juga web developer Anda jika Anda berniat memulai bisnis online dengan sebuah website khusus.

Anda juga bisa melakukan outsource dengan menyewa jasa freelancer di bidang masing-masing dengan memanfaatkan situs freelancer seperti berikut:

  1. Projects.co.id
  2. Sribulancer
  3. Freelancer
  4. Upwork
  5. Fiverr
  6. Envato Studio
BACA JUGA:  Faktor - Faktor yang Membuat Bisnis Gagal

5. Bangun Website Khusus Untuk Bisnis Online

Apapun jenis bisnis Anda, sebuah website khusus tentunya sangat penting jika Anda memang berniat untuk berbisnis di internet. Buatlah sebuah website untuk bisnis online Anda menggunakan platform berikut:

1. WordPress

Inilah platform website atau CMS yang paling banyak digunakan. Cara instalasinya pun sangat mudah, di beberapa hosting, menginstal WordPress hanya membutuhkan satu kali klik dengan setup yang sangat mudah.

Yang perlu Anda lakukan pertama sekali adalah mencari sebuah hosting yang tepat, tentukan juga domain untuk bisnis Anda.

Baca Juga: Cara Menginstall WordPress

Berikut beberapa hosting rekomendasi saya yang menyediakan one-click instalasi WordPress yang sekaligus menyediakan domain secara gratis ketika membeli paket hosting:

  • Cloudkilat: Hosting berbasis cloud lengkap yang cepat dan murah.
  • NiagaHoster: Hosting lokal yang murah dengan diskon besar-besaran. Gunakan kupon a-seniberpikir untuk mendapatkan diskon sebesar 40% saat pembayaran. Klik di sini.
  • SheHoster: Pilihan terbaik jika Anda masih baru memulai bisnis online.
  • DewaWeb: Direkomendasikan oleh internet marketer Indonesia.
  • Bluehost: Direkomendasikan oleh blogger kelas dunia.

Theme WordPress yang bagus sebagai template utamanya bisa menggunakan Studiopress Genesis, MyThemeShop atau Themeforest.

2. Shopify

Jika Anda ingin membuat toko online, Shopify bisa menjadi alat yang tepat. Platform ini sangat direkomendasikan bagi siapa pun yang ingin membuat toko online dengan cepat dan mudah tanpa menyentuh coding.

Sebagai sebuah platform yang secara khusus bergerak di bidang ecommerce, Shopify ini begitu lengkap dari segi fitur, SEO, dan mudahnya untuk digunakan.

Baca Juga: Review Shopify: Membuat Toko Online dengan Mudah

Tidak seperti WordPress, Shopify merupakan platform berbayar, lebih tepatnya berlangganan, dengan biaya mulai dari $29 hingga $299 setiap bulannya. Jika toko online Anda menghasilkan pendapatan yang sesuai harapan, biaya tersebut tentu tidak seberapa jika memang mampu mendukung penjualan Anda.

Cara Membuat Toko Online dengan Shopify: Lengkap!

3. Blogger

Blogger bisa digunakan oleh gratis, oleh siapa saja. Anda bahkan bisa menggunakan Blogger atau Blogspot dengan nama domain sendiri, dan masih tetap dihosting di Google. Tidak seperti WordPress yang harus dihosting secara terpisah, Blogger ini tetap akan bekerja dengan baik, tanpa batasan, meskipun Anda menggunakan nama domain sendiri.

Anda tentu bisa mengkustomisasi tampilan Blogger, tapi sistemnya tidak akan sefleksibel WordPress.

4. Weebly

Weebly merupakan platform bersifat website builder, di mana dengan menggunakan Weebly kamu bisa membuat sebuah website jenis apapun yang kamu mau tanpa coding, hanya menggunakan sistem drag & drop yang sangat mudah untuk diaplikasikan.

Menariknya, Weebly juga menyediakan opsi gratis, cocok bagi Anda yang tertarik untuk mencoba-coba Weebly terlebih dahulu.

BACA JUGA:  KoinWorks, Investasi Online Menguntungkan Mulai dari Rp 100.000

6. Tingkatkan SEO

SEO merupakan salah satu aspek terpenting di dunia online, khususnya di bidang online marketing. Pelajari SEO tahap demi tahap, bisa menggunakan bantuan artikel berikut:

7. Aktif Promosi di Media Sosial, Forum, dan Sebagainya

Kita semua sudah tahu betapa kuatnya pengaruh media sosial di era digital ini. Kekuatan maya sekarang sepertinya dicerminkan dari aktivitas di media sosial, bahkan untuk kepentingan bisnis yang minim modal marketing.

Aktiflah menggunakan media sosial untuk kegiatan bisnis Anda, terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan branding dan penjualan. Selain gratis, media sosial juga memungkinkan Anda untuk menjaring lebih banyak lagi orang, di mana pun mereka berada.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Blog di Google Analytics

Sama seperti SEO, media sosial dan forum juga memiliki peran yang sangat kuat dalam hal bisnis online, maka dari itu jangan sia-siakan. Sekali lagi, melanjutkan yang sudah dijelaskan di atas, ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis Anda di media sosial:

  1. Buat sebuah Facebook Fan Page khusus untuk bisnis Anda, begitu juga dengan akun Twitter, Instagram, Youtube hingga Pinterest, bahkan Snapchat.
  2. Bagikan konten yang menarik namun masih berhubungan dengan bisnis Anda, tapi jangan hard selling.
  3. Pertimbangkan untuk menyajikan konten-konten visual yang segar, baik grafis maupun video.
  4. Pertimbankan untuk membuat video promosi dan sebarkan di Youtube maupun Facebook Video.
  5. Curi dan kembangkan ide yang didapat dari kompetitor Anda.
  6. Pertimbangkan pula untuk mencoba periklanan untuk mempromosikan bisnis Anda seperti Google Adwords, Facebook Ads maupun Facebook Pixels, Instagram Ads, dan sebagainya.
  7. Gunakan juga forum atau website Q&A seperti Quora untuk memberi solusi atas masalah dengan produk/jasa bisnis Anda.

Penutup

Itulah beragam langkah yang bisa Anda praktikkan untuk memulai bisnis online. Memulai bisnis online tentu tidak gampang, namun juga tidak susah jika Anda paham betul langkah-langkah apa yang perlu diambil dalam prosesnya.

Semoga peluang bisnis yang Anda dapatkan bisa dikonversikan menjadi sebuah bisnis online yang menguntungkan, meskipun sebenarnya saat ini Anda bisa memulai bisnis tanpa modal tapi tetap menguntungkan.

Bagaimana menurut Anda? Apa yang masih kurang? Silahkan sebarkan ke rekan Anda menggunakan tombol social share di bawah ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here