Trik Liburan Hemat Saat Akhir Tahun – Berwisata bersama saat akhir tahun merupakan momen yang sering dimanfaatkan untuk liburan keluarga maupun liburan dengan sahabat-sahabat tercinta.

Namun yang identik dengan liburan akhir tahun adalah meningkatnya biaya yang diperlukan, mulai dari transportasi hingga penginapan, jika dibandingkan dengan hari biasa.

Namun tentunya, hal itu tidak boleh menjadi penghalang Anda untuk dapat menikmati liburan menyenangkan di akhir tahun.

Apalagi liburan hemat saat akhir tahun karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar liburan Anda saat akhir tahun bisa lebih hemat dan tetap menyenangkan. Bagaimana caranya? Berikut jawabannya:

Trik Liburan Hemat Saat Akhir Tahun

1. Membuat Rencana Liburan

Jauh-jauh hari sebelum liburan akhir tahun, sebaiknya Anda sudah membuat rencana liburan yang berisikan mulai dari daftar tempat wisata yang akan dikunjungi, anggaran biaya yang diperlukan, dan berapa lama waktu untuk berlibur.

Dengan adanya rencana liburan seperti ini Anda bisa mempersiapkan diri sebelumnya agar tidak terbentur jadwal Anda maupun masalah biaya. Sehingga nantinya Anda dapat menikmati liburan dengan nyaman.

Selain itu dengan adanya rencana liburan yang matang, maka kemungkinan liburan Anda akan sukses dan menyenangkan. Karena dengan planning yang baik maka Anda dapat meminimalisir kendala yang mungkin akan terjadi pada saat liburan

2. Mencari Transportasi dan Penginapan Termurah

Memang pada akhir tahun biasanya akomodasi hingga penginapan meningkat pesat harganya. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat mensiasati kenaikan ini. Anda dapat membeli dan memesan akomodasi serta penginapan jauh sebelumnya dengan harga yang lebih murah.

Selain itu, Anda juga dapat mencari promo-promo untuk tiket transportasi, hotel yang murah dan tiket tempat wisata di internet. Saat ini banyak situs yang menawarkan jasa pemesanan bahkan memberikan promo-promo yang pastinya dapat menguntungkan Anda.

Dan juga Anda cukup memesan dari gadget Anda saja. Jangan lupa bandingkan harga-harga di setiap situs terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk reservasi.

Untuk masalah penginapan apabila Anda tidak dapat menemukan hotel yang Anda inginkan, Anda mungkin bisa menginap di rumah kerabat ataupun teman yang berada di sekitar tempat wisata. Atau pun kalau tidak, Anda mungkin dapat mencoba penginapan-penginapan murah yang berada di sekitar tempat wisata.

3. Menghemat Uang Makan

Sebelum berlibur, lebih baik Anda mencari-cari info tempat makan yang murah dan enak di sekitar tempat wisata sehingga Anda sudah mengetahui terlebih dahulu harga-harga makanan di sana.

Anda juga dapat mencari beragam rekomendasi tempat makan dari food blogger. Dan agar lebih nyaman carilah tempat makan yang sudah tertera harga makanannya sehingga Anda bisa memilih sesuai selera dan budget tentunya.

4. Gunakan Uang Tunai dan Simpan Kartu Kredit Anda

Banyak orang yang memilih belanja menggunakan kartu kredit karena dirasa sangat praktis. Namun jika Anda ingin menghemat biaya liburan, lebih baik menggunakan uang tunai selama berlibur.

Biasanya pemakaian kartu kredit cenderung membuat pemakainya tidak bisa mengontrol pengeluaran karena pemakaiannya yang tidak terasa. Sehingga kita cenderung terus memakai sampai tidak sadar dengan tagihan yang membengkak di akhir.

5. Belanja Souvenir dan Oleh-Oleh Secukupnya Saja

Liburan memang identik dengan belanja souvenir dan oleh-oleh khas dari tempat Anda berlibur. Namun jangan memaksakan diri untuk membeli oleh-oleh yang mahal jika tidak sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Apalagi sampai sembarangan menggunakan kartu kredit, bisa-bisa Anda malah stres setelah liburan karena tagihan yang menumpuk. Untuk itu, lebih baik beli souvenir dan oleh-oleh  yang murah meriah saja. Dan idealnya hanya beli secukupnya saja.

Selamat mencoba tips di atas dan semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan ke teman-teman Anda!

Artikel ini ditulis oleh Faturokhman Nugraha sebagai Penulis Tamu.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.