Review Shopify: Membuat Toko Online dengan Mudah – Perlahan, dengan hadirnya kekuatan internet yang kuat pengaruhnya sekarang ini, bisnis pun mulai berbondong-bondong bermigrasi untuk menikmati pasar internet, contohnya dengan membuat toko online.

Besarnya pasar yang ada di internet sekarang ini tentu mempengaruhi banyak orang untuk memulai bisnis online, atau bahkan memindahkan ranah bisnisnya ke dalam internet. Jika Anda pun berniat untuk memulai bisnis online, cobalah untuk membuat toko online dengan Shopify.

Shopify memiliki banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mulai berjualan secara online dengan sebuah toko online yang canggih dan memiliki fitur lengkap. Pelanggan Anda nantinya pun dapat dengan mudah berbelanja di toko online Anda.

Saya sudah mencoba Shopify dan mencoba memberikan review Shopify yang mendalam untuk Anda. Sebelum kita review Shopify secara mendalam, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Shopify.

Apa itu Shopify?

Shopify merupakan platform eCommerce yang memungkinkan semua orang untuk membuat toko online dengan cepat dan mudah tanpa coding dan kemampuan teknis lainnya. Shopify juga merupakan platform eCommerce yang dihosting sendiri oleh pihak Shopify, jadi Anda bisa menggunakan Shopify tanpa harus membeli hosting dan domain yang terpisah.

Shopify ini merupakan platform berbayar dengan sistem berlangganan. Namun bisa juga digunakan selama 2 minggu secara gratis untuk mencoba fitur-fitur yang ada di platform ini. Setelah masa percobaan atau trial session berakhir, Anda bisa memutuskan, apakah masih ingin memutuskan untuk berlangganan di Shopify atau tidak.

Tinjau selengkapnya mengenai Shopify.

Mengapa Membuat Toko Online dengan Shopify?

Sebagai salah satu platform eCommerce terbesar di dunia saat ini, Shopify didedikasikan khusus untuk pembuatan toko online. Dedikasi tersebut ditunjukkan dengan kemudahan yang ditawarkan Shopify sendiri dalam membuat toko online, tanpa coding dan kemampuan teknis lainnya.

Anda bahkan bisa menentukan tampilan untuk toko online Anda nantinya, bahkan bisa diintegrasikan dengan WordPress jika Anda mau.

Dalam satu platform, Shopify bahkan memberikan ketersediaan tampilan, hosting, manajemen produk, alat-alat penjualan lainnya yang sangat bagus, pengiriman barang hingga 70 pilihan metode pembayaran dengan beragam bahasa yang tersedia.

Anda hanya perlu berlangganan, menentukan tampilan, memasukkan produk satu per satu, dan mulai menjual produk Anda dengan toko online Anda nantinya.

Tinjau selengkapnya mengenai Shopify.

Fitur yang Ditawarkan Shopify

Sebagai platform eCommerce yang secara khusus dibuat untuk memudahkan Anda untuk membuat toko online, Shopify memiliki beragam fitur antara lain:

1. Tampilan ProfesionalShopify menawarkan lebih dari 100 tampilan atau theme untuk toko online Anda nantinya, baik yang gratis maupun berbayar. Tampilannya bisa Anda coba cari di halaman ini.

2. Mobile CommerceShopify membuat toko online Anda nantinya menjadi mobile-friendly, ramah bagi pengguna mobile. Jadi, baik pengguna PC, Tablet, hingga smartphone nantinya akan sangat mudah membeli produk dari toko online Anda.

3. Full Branding & Edit HTML/CSS: Anda bisa mengkustomisasi toko online Shopify Anda sesuka hati untuk membentuk sebuah branding, dengan mendesainnya sesuai dengan merk Anda. Anda bahkan bisa menggunakan coding HTML & CSS untuk menyesuaikan tampilan dengan selera Anda.

4. Custom DomainDi Shopify Anda bisa menggunakan domain bisnis Anda sendiri sesuai nama perusahaan Anda.

5.  Website BuilderBangun toko online Anda dengan mudah, menggunakan built-in website builder yang sangat mudah untuk digunakan. Hanya dalam beberapa menit saja toko online Anda sudah bisa digunakan untuk menjajakan produk Anda.

6. Fitur Blogging yang Lengkap: Blogging juga sangat berguna untuk membantu mempromosikan bisnis. Anda harus sadar bahwa content marketing itu perlu, jadi fitur built-in blogging yang dimiliki Shopify nantinya bisa Anda digunakan untuk membantu mempromosikan produk dan toko online Anda.

BACA JUGA:  Faktor - Faktor yang Membuat Bisnis Gagal

7. Sertifikat SSL & Metode Pembayaran: Shopify menyediakan sertifikat SSL untuk memberikan pengamanan penuh terhadap toko online Anda. Selain itu, metode pembayaran yang disediakan juga terdiri sekitar 70 metode pembayaran, mulai dari Paypal hingga kartu kredit.

8. Pengiriman Barang & Pajak: Shopify menyediakan opsi pengiriman barang yang sangat fleksibel. Mulai dari pengiriman barang secara gratis dan memudahkan Anda menentukan kurir pengiriman. Selain itu, jika Anda mengenakan pajak untuk pembelian produk dari toko online Anda, Shopify juga menyediakan fitur kalkulasi otomatis untuk menghitung pajak setiap produk yang terjual.

9. Manajemen Toko yang Lengkap: Mulai dari mengatur inventori dan SKU hingga mengkategorikan pelanggan, menyimpan data pelanggan, dropship, kebijakan pengembalian, hingga template email yang dikirimkan kepada pelanggan Anda. Produk yang ingin Anda jual juga tidak dibatasi jumlahnya. Anda bebas menjual produk Anda dengan toko online Anda nantinya.

10. Server & Analytics: Shopify menyediakan server yang cepat dan tangguh dengan uptime sebesar 99,99%. Platform eCommerce ini juga menyediakan fitur analisis yang membantu Anda untuk menganalisa aktivitas pelanggan dan penjualan lainnya. Bisa juga diintegrasikan dengan Google Analytics.

11. Aplikasi Mobile & Integrasi dengan WordPress: Shopify menyediakan aplikasi mobile untuk membantu penjualan Anda, mulai dari mengatur pesanan di mana pun Anda sedang berada. Jika Anda ingin mengintegrasikan toko online Shopify Anda dengan WordPress, Anda bisa menggunakan plugin Shopify eCommerce.

Dan masih banyak lagi fitur menarik yang disediakan Shopify. Untuk lebih lengkapnya silahkan masuk ke halaman ini.

Daftar Harga Lengkap Shopify

Daftar Harga dan Fitur Semua Paket Berlangganan Shopify
Plan feature

Basic Shopify

Fitur dasar untuk mulai membuat toko online

Shopify

Semua yang Anda butuhkan untuk membuat toko online

Advanced Shopify

Fitur yang lebih canggih untuk toko online yang mulai besar

Harga Bulanan $29 $79 $299
FITUR
Jumlah Akun Staf 2 5 15
Jumlah Produk Unlimited Unlimited Unlimited
File storage Unlimited Unlimited Unlimited
Retail Package + $49 + $49 + $49
24/7 support Yes Yes Yes
Biaya per transaksi 2.0% 1.0% 0.5%
Fraud analysis No Yes Yes
Manual order creation Yes Yes Yes
Kode Diskon Yes Yes Yes
Website & blog Yes Yes Yes
Sertifikat SSL gratis
Yes Yes Yes
Gift Cards
No Yes Yes
Laporan Profesional No Yes Yes
Abandoned Cart Recoervery
No Yes Yes
Advanced report builder No No Yes
Real-time carrier shipping
No No Yes

 

Selain daftar harga berlangganan di atas, Anda juga bisa mencoba fitur Shopify selama 2 minggu secara gratis. Setelah itu jika Anda memutuskan untuk berlangganan Shopify, barulah pilih salah satu paket berdasarkan harga dan fitur seperti yang tertera pada tabel di atas.

Daftar sekarang untuk mencoba Shopify selama 2 minggu gratis:

Metode Pembayaran Shopify di Indonesia

Untuk konsumen Indonesia, Shopify memberikan beragam metode pembayaran yang sebenarnya berfokus pada kartu kredit.

Adapun metode pembayaran Shopify di Indonesia antara lain:

  • 2Checkout
  • BitPay
  • Coinbase
  • DOKU
  • GoCoin
  • LAY-BUY Powered by PayPal
  • Mastercard Payment Gateway Services
  • MOLPay
  • NETbilling
  • PayDollar
  • PayPal Express Checkout

Penting! Apabila Anda tidak memiliki kartu kredit namun tetap ingin berlangganan Shopify, gunakan metode pembayaran melalui DOKU (daftar dan masukkan ID 1259523627 untuk mendapatkan cash reward).
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Jenius (daftar dan gunakan cashtag $walterpinem untuk mendapatkan reward) dengan kartu e-Card yang bisa menggantikan fungsi kartu kredit.

Review Shopify: Membuat Toko Online dengan Mudah

Nah, sekarang mari perlahan kita review Shopify, bagaimana sebenarnya Shopify ini mampu mendukung pembuatan toko online dan penjualan produk dengan platform eCommerce-nya. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, saya sudah mencoba Shopify dan inilah review Shopify dari saya:

Kelengkapan Fitur

Kita sudah tahu bahwa produk premium, tak terkecuali software, kaya akan fitur. Kelengkapan fitur menjadi nilai lebih tersendiri dari software mana pun. Orang-orang rela menggelontorkan sejumlah dana agar bisa menikmati fitur yang lengkap tersebut.

Tetapi, tidak semua fitur dari software premium kita gunakan dan tahu bagaimana cara memanfaatkannya. Shopify menawarkan fitur yang lengkap sebagai sebuah platform eCommerce premium, tapi apakah semuanya Anda butuhkan?

Saya sudah menjabarkan beragam fitur yang ditawarkan oleh Shopify di bagian sebelumnya, meski tidak semuanya. Saya hanya meng-highlight fitur-fitur yang dibutuhkan untuk membangun sebuah toko online pada umumnya.

Dari segala fitur yang ditawarkan sudah pernah saya coba satu per satu. Memang, mudah dan lengkap!

review shopify - mengatur tampilan shopify

Saya mencoba beragam theme yang tersedia, ada yang gratis dan berbayar. Tampilan yang ditawarkan juga menarik. Shopify juga memberikan fitur analytics untuk melacak aktivitas di toko online kita.

Memasukkan produk untuk dijual juga mudah, dan unlimited jumlahnya bagi pelanggan premium. Mudah! Tidak perlu pengetahuan teknis di sini karena kita bisa langsung menggunakan beragam tombol yang tersedia dengan label yang ada.

Jika Anda ingin menggunakan nama domain sendiri, Shopify pun memungkinkannya. Meski saya tidak membutuhkan beberapa fitur yang tersedia, mayoritas fitur saya rasa sangat cocok dengan kebutuhan saya, dan nyatanya semua fitur yang saya butuhkan untuk berjualan secara online ada di Shopify.

Fitur lengkapnya bisa Anda lihat di Shopify Features List.

Fitur SSL & Keamanan Data

Demi memastikan agar data Anda tetap aman, Shopify memberikan fitur SSL. Selain itu, data Anda dan pelanggan dienkripsi demi menjamin keamanan.

Seluruh halaman, konten, kartu kredit dan informasi mengenai seluruh transaksi dilindungi menggunakan tingkat keamanan yang sama seperti yang diterapkan pada bank. Jadi, perlindungan yang diberikan Shopify terhadap data Anda dan pelanggan setara dengan yang digunakan oleh bank.

Shopify bahkan memiliki sertifikat keamanan Level 1 PCI compliant.

Marketing & SEO

Semua bisnis membutuhkan pemasaran, hanya saja penerapannya berbeda ketika Anda berbisnis secara online. Dengan Shopify, upaya marketing Anda akan dipermudah dengan hadirnya fitur SEO secara built-in, mulai dari halaman produk dan keseluruhan toko online Anda.

Meski memang, dari yang saya alami, Shopify tidak menyediakan seluruh fitur online marketing yang sangat kita butuhkan, tapi Shopify ini menyediakan fitur esensial, seperti fitur SEO.

review shopify - 3

Berikut salah satu contoh toko online yang menggunakan Shopify di hasil pencarian Google:

review shopify - 1

Dari gambar di atas, kita bisa melihat hasil pencarian untuk salah satu produk yang ada di toko online tersebut. Meta title dan description dioptimasi dengan baik. Schema.org dengan review bintang, jumlah vote dan harga juga muncul di hasil pencarian.

Hal tersebut merupakan salah satu bukti bahwa platform eCommerce Shopify memang SEO friendly. Anda bisa melihat contoh toko online lain yang menggunakan Shopify di halaman ini.

Di setiap panel produk, Anda bisa menentukan judul dan deskripsi produk lengkap dengan kata kunci yang Anda butuhkan untuk membuat setiap produk dan halaman toko online Anda menjadi lebih SEO friendly.

Shopify bahkan menyediakan fitur online marketing yang esensial seperti Email marketing dan Google AdWords, jualan di Facebook, integrasi dengan media sosial, membuat sitemap.xml, review produk, kupon diskon, dan masih banyak lagi.

Kecepatan Loading

Saya yakin Anda sudah paham bahwa kecepatan loading sebuah website sangat berpengaruh baik bagi pengguna maupun bagi ranking di mesin pencari. Dari pantauan saya, melibatkan beberapa toko online yang menggunakan Shopify, kecepatan loading yang ada sangat mengagumkan.

Dari berbagai contoh toko online yang menggunakan Shopify, bisa diambil dari halaman ini, copy satu per satu URL toko online-nya dan cobalah cek kecepatan loading dan performanya dengan alat di website ini:

Hasilnya, kira-kira seperti inilah statistik kecepatan loading-nya ketika saya menggunakan Pingdom:

review shopify - 2

Dari hasilnya, tidak sampai 1 detik loading time website tersebut agar terbuka seluruhnya. Sangat cepat, bukan? Hal tersebut dipengaruhi oleh performa toko online yang dioptimalkan dengan baik dan hebatnya hosting yang disediakan oleh Shopify.

Bantuan Pelanggan

review Shopify - 4Shopify memberikan bantuan pelanggan yang sebenarnya lengkap dan mudah diakses. Saya sudah pernah mencoba layanan bantuan melalui email. Pertanyaan saya cukup spesifik ketika itu, sehingga membutuhkan jawaban yang detil beserta screenshot.

Saya mengerti bahwa Shopify ini digunakan oleh banyak sekali pengguna yang tersebar di seluruh dunia jadi saya tidak menuntut respon yang cepat untuk jawaban spesifik.

Namun, tidak sampai 1 jam menunggu, customer support Shopify menjawab email saya lengkap dengan detil yang saya butuhkan.

Bantuan pelanggan yang reliable sangat dibutuhkan oleh setiap pengguna, apalagi yang masih sangat baru, dan Shopify memilikinya. Terdapat fitur Live Chat, email, dan telepon selama 24 jam. Bahkan terdapat resources yang lengkap dengan tutorial dan bantuan lainnya.

Membuat Konten Blog untuk Online Marketing

review shopify - membuat toko online shopify - blog

Shopify menyediakan panel blogging yang bisa kita manfaatkan untuk kegiatan online marketing, karena setiap bisnis online tidak melulu harus berisi produk. Dengan panel blogging dengan built-in SEO ini, Anda bisa menulis content marketing yang baik untuk toko online Anda, sehingga mampu menjaring lebih banyak pelanggan.

Fitur Lainnya

Ada ribuan aplikasi yang bisa Anda integrasikan dengan Shopify, tentu untuk meningkatkan fitur toko online Anda. Selain itu, adanya fitur Mobile Commerce juga akan semakin memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis Anda dengan platform mobile.

Anda bahkan bisa menjual produk Anda di Shopify dengan menyandingkannya dengan Pinterest dan Facebook. Tersedianya Add-Ons yang beragam tentu akan membantu mempercanggih fitur toko online Anda.

Harga Berlangganan Shopify

Review Shopify ini tidak akan lengkap tanpa membahas harga. Dari segi harga, Shopify sepertinya memasang harga yang menurut saya fair, sebab kemudahan setup yang ditawarkan dan banyaknya fitur penting yang disediakannya.

Shopify memasang harga dasar yakni mulai dari $29 atau sekitar Rp 387.000 per bulan dengan fitur standar, $79 atau sekitar Rp 1.055.000 per bulan untuk fitur yang lebih canggih, hingga $299 atau sekitar Rp 4.000.000 per bulan dengan semua fitur yang disediakan Shopify.

Jika Anda hanya membutuhkan fitur-fitur dasar saja, mulailah dengan paket Basic seharga $29. Ketika bisnis Anda semakin berkembang dan membutuhkan fitur tambahan dan puas dengan layanan Shopify, mulailah menaikkan level paket Anda.

Jika Anda ingin mencoba-coba membuat sebuah toko online dengan Shopify sambil menikmati fiturnya secara gratis, Anda bisa mendaftar dan mencobanya selama 2 minggu secara gratis.

Kemudian Anda bisa memutuskan, apakah tetap ingin mencoba Shopify atau memilih untuk mencoba platform eCommerce lain.

Untuk membangun bisnis dengan Shopify, Anda bisa mulai membuat logo, mencari nama bisnis yang tepat, slogan dan sebagainya dengan alat gratis yang disediakan oleh Shopify.

Penutup

review shopify - verdict

Dari pengalaman saya mencoba fitur-fitur yang terdapat di Shopify, sejauh ini saya puas dan merasa sangat mudah dalam membuat toko online dengan Shopify. Review Shopify ini saya buat untuk membantu Anda memilih platform eCommerce yang cocok untuk Anda di antara Shopify dengan yang lain.

Ingin membuat toko online di Shopify? Baca artikel berikut:

Cara Membuat Toko Online dengan Shopify: Lengkap!

Semoga review Shopify ini membantu Anda dalam memilih platform eCommerce terbaik, dan cukup lengkap bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai Shopify. Bagaimana tanggapan Anda mengenai review Shopify ini?

REVIEW OVERVIEW
Kelengkapan Fitur
Fitur SSL & Keamanan Data
Marketing & SEO
Kecepatan Loading
Bantuan Pelanggan
Blog untuk Content Marketing
Harga Berlangganan
SHARE
Artikel SebelumnyaTrik Liburan Hemat Saat Akhir Tahun
Artikel SelanjutnyaCara Membuat Toko Online dengan Shopify: Lengkap!
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

2 KOMENTAR

  1. Makasih banyak atas reviewnya, sudah lama saya mendengar tentang shopify ini dan dari review Anda, saya ingin mencoba menggunakan shopify. Makasih banyak

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here