Tips SEO Dasar: Membuat Artikel SEO Friendly – SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik untuk membuat sebuah artikel di dalam blog menjadi mudah ditemukan ketika dicari di mesin pencari seperti Google. SEO merupakan teknik yang sangat penting dilakukan untuk mendongkrak popularitas blog sehingga dapat membantu meningkatkan rating blog Anda di jagad maya. Selain itu, SEO juga menjadi cerminan bagaimana sentuhan Anda dalam mengembangkan blog yang baik bagi robot Google sehingga mudah ditemukan di mesin pencari.

SEO banyak sekali fungsinya. Selain mendapatkan trafik gratis dari mesin pencari karena blog Anda akan terpampang di halaman pertama, Google Pagerank dan Alexa Rank juga bisa meningkat. Hal tersebut dapat mendongkrak kapabilitas blog Anda di bisnis online, ketika Anda hendak beraktivitas money making online. Intinya, SEO sangat bermanfaat untuk mendapatkan jumlah trafik yang tinggi ke blog Anda serta mendongkrak kapabilitas blog Anda di dunia bisnis online. Untuk itulah Anda perlu merangkai SEO mulai dengan membuat artikel yang SEO friendly. Hal tersebut merupakan salah satu tips SEO dasar yang bisa dengan mudah Anda praktekkan untuk mulai membangun blog yang SEO Friendly.

Berikut Tips SEO Dasar Dalam Membuat Artikel SEO Friendly

1. Judul Artikel

Judul Artikel biasanya disebut dengan H1. Di setiap judul artikel yang Anda buat harus terdapat kata kunci-nya. Kata kunci tersebut bisa Anda cari terlebih dahulu bagaimana tingkat popularitas pencariannya di Google Adwords Keywords Tool. Sebagai contoh kata kunci yang Anda tes adalah Membuat Kue. Di kotak kata kunci/frase Google Adwords tersebut coba Anda ketikkan kata kunci tadi. Di bagian Advanced Options and Filters klik Indonesia sebagai lokasinya dan Indonesian sebagai bahasanya. Kemudian pilih Dekstop and Laptop Devices pada bagian Show Ideas and Statistics for. Lalu klik search.

BACA JUGA:  Cara Mendapat Backlink Berkualitas Dari Google Search

Di bagian bawah nanti terdapat bagaimana pencarian bulanan Global dan Local yang dilakukan untuk kata kunci tersebut. Perhatikan jumlah pencarian untuk kata kunci tersebut. Perhatikan juga kompetisinya, utamakan yang Low. Jika Anda kurang puas dengan hasil dari kata kunci tersebut, coba kata kunci rekomendasi di bagian bawahnya. Lakukan lagi percobaan kata kunci jika semuanya masih kurang pas untuk mendapatkan kata kunci yang tepat menurut Anda. Buatlah judul dengan contoh: Cara (kata kunci) di Rumah, misalnya Cara Membuat Kue di Rumah. Begitu seterusnya. (Penggunaan kata kunci pada judul artikel adalah tips SEO dasar yang harus dilakukan untuk membuat artikel yang benar-benar SEO friendly).

2. Sub-Judul

Ketika Anda menulis artikel, upayakan selalu menggunakan semacam list yang menggunakan sub-judul. Nah, letakkanlah kata kunci di sub-judul tersebut dan gabungkan dengan kalimat pendukung seperti di bagian judul di atas.  Sub-judul juga dikenal dengan H2. Menggunakan sub-judul yang mengandung keyword juga merupakan salah satu tips SEO dasar yang penting setelah judul.

BACA JUGA:  Cara Mendaftarkan Blog di Google Analytics

3. Penggunaan H3

Seperti halnya H1 dan H2 di atas, untuk H3 sebenarnya tidak terlalu mementingkan penempatan kata kunci karena memang sangat susah untuk menulis artikel yang relevan nantinya. H3 ini merupakan poin-poin yang terdapat di sub-judul, karena itulah tidak diharuskan untuk menggunakan kata kunci pada penulisannya.

4. Perhatikan Keyword Density

Keyword Density maksudnya kepadatan penggunaan keyword. Jika Anda sudah menemukan keyword yang tepat dengan popularitas pencarian yang tinggi bukan berarti Anda hanya menulis keyword tersebut sekali saja. Gunakan kepadatan keyword sebesar 2% untuk setiap artikel. Maksudnya, jika Anda menulis artikel 400 kata, maka keyword density yang tepat untuk artikel itu adalah 8 (2% x 400). Untuk itu, dalam artikel 400 kata tersebut Anda wajib menulis atau mengulangi keyword yang Anda pakai sebanyak 8 kali.

Inilah maksudnya keyword density, dan merupakan salah satu tips SEO yang sangat penting yang terkadang sering dilupakan. Ingat, jangan tulis atau mengulang keyword dengan jumlah yang banyak, karena robot Google justru akan menganggap tulisan tersebut sebagai spam dan tidak menampilkannya di hasil pencarian Google. Tips SEO dasar ini sangat berpengaruh pada tingkat SEO friendly artikel di dalam blog Anda.

BACA JUGA:  Tips SEO Untuk Desain Blog

5. Penempatan Keyword

Penempatan keyword yang paling utama dan penting untuk diketahui adalah Anda harus menempatkannya di bagian AWAL dan AKHIR kalimat. Penempatan keyword dibagian awal artikel gunanya untuk memberitahu robot Google bahwa itulah keyword yang Anda gunakan untuk artikel ini dan agar lebih mudah mengindeksnya. Untuk sisanya, tulis saja keyword sejalan dengan alur artikel yang ditulis, yang penting bagian awal dan akhir terdapat keyword yang Anda gunakan. Selain keyword density, penggunaan tips SEO dasar ini tentu bisa meningkatkan kekuatan keyword yang Anda gunakan di mesin pencari.

6. Menggunakan Keyword Turunan

Keyword turunan maksudnya keyword pengembangan sesuai dengan alur artikel yang Anda tulis. Jika keyword utama yang Anda gunakan adalah (misalnya) Wisata Bandung, maka keyword turunan yang bisa Anda gunakan adalah Wisata di Bandung, yang penting agar artikel yang Anda tulis nyambung dan mudah ditulis. Gunakan keyword turunan tersebut untuk menguatkan keyword utama, tetapi jumlahnya jangan sampai melebihi jumlah keyword utama. Tips SEO dasar ini sering dilupakan oleh banyak orang.

Itulah beberapa tips SEO dasar ketika Anda hendak membuat artikel yang SEO friendly. Tips SEO dasar ini memang terbukti sangat bermanfaat bagi pengembang website/blog untuk mendongkrak value blog-nya di mesin pencari. Sekian tips SEO dasar dalam membuat artikel ini, semoga bermanfaat.

SHARE
Artikel Sebelumnya5 Manfaat Blog Selain Mendapatkan Uang
Artikel SelanjutnyaCara Memasang Favicon di Blog
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR