Cara Memasang Favicon di Blog – Mungkin beberapa blogger atau pelaku bisnis online belum mengetauhi apa itu favicon dan bagaimana cara memasang favicon di blog-nya. Favicon atau Favorite Icon merupakan salah satu cara memperkuat Personal Branding seorang blogger maupun pelaku bisnis online lewat sebuah icon kecil di tab URL blog-nya. Untuk lebih jelasnya apa itu favicon, silahkan lihat gambar di bawah ini.

favicon

Favicon yang berlogo F biru pada Facebook dan Burung Garuda pada Seni Berpikir. Cara memasang favicon tersebut pun tidak terlalu susah. Anda dijamin mampu memasang favicon tersebut dengan icon kesukaan Anda. Mari langsung kita praktekkan bagaimana cara memasang favicon di blog.

1. Siapkan gambar yang ingin Anda jadikan favicon.

2. Masuk ke Favicon Generator, atau Favicon Gallery untuk langsung menempah gambar yang Anda pilih tadi untuk kemudian dijadikan favicon. Di masing-masing favicon generator Anda tinggal mengupload saja file gambar melalui Choose File dan biarkan mereka yang membentuk gambar tersebut menjadi sebuah favicon berukuran 32 x 32 pixel atau 64 x 64 pixel.

BACA JUGA:  Review Hosting Bluehost: Hosting Murah dan Terbaik

3. Setelah itu download hasil tempahan favicon tersebut ke komputer/laptop Anda.

4. Buka Photo Bucket atau file hosting yang Anda miliki dan upload kembali favicon tadi ke dalamnya. Hal ini gunanya untuk mendapatkan file URL favicon tersebut. Setelah selesai, silahkan copy Direct URL dari favicon tersebut.

Tugas Anda untuk sementara selesai. Selanjutnya, tujuan utama dari panduan ini adalah cara memasang favicon yang sudah dibuat tadi ke dalam blog.

Untuk Blogspot

1. Log in ke Dashboard Anda dan masuk ke bagian Design => Page Element/Tata Letak.

2. Setelah itu perhatikan template element blog Anda yang tergambar seperti sketsa. Setelah itu di bagian atas terdapat sketsa Favicon, dan kemudian klik Edit.

3. Kemudian sebuah halaman pop up akan muncul dimana Anda diminta untuk mengupload file favicon Anda. Klik Choose File dan masukkan atau upload gambar favicon Anda tadi ke dalamnya. Jika diminta URL-nya saja, silahkan copy Direct URL dari Photo Bucket atau file hosting lain tempat Anda mengupload favicon Anda tadi.

BACA JUGA:  Cara Membuat Wordpress Auto-Ping Untuk Setiap Tulisan Baru

4. Perlu diingat bahwa ukuran favicon yang diperbolehkan kurang dari 100kb dan berbentuk persegi.

5. Selesai. Setelah itu coba buka blog Anda dan refresh, kemudian lihat hasilnya. Jika belum terlihat, coba buka blog Anda di browser lain.

Untuk WordPress Self-Hosted

1. Untuk WordPress self-hosted umumnya banyak penyedia wordpress theme yang menyediakan segudang theme dengan kapabilitas untuk menempatkan favicon secara langsung di theme tersebut. Misalnya Mesocolumn, Arras Theme, Max Magazine, dan sebagainya. Cara memasang favicon di dalamnya pun cukup masuk ke theme options yang ada Add Favicon-nya.

2. Jika theme yang Anda gunakan mendukung penyediaan memasang favicon dari dalam Dashboard, maka silahkan masukkan saja Direct URL dari favicon tadi atau langsung mengupload-nya.

3. Jika theme yang Anda gunakan tidak mendukung penyediaan memasang favicon, maka silahkan log in ke hosting Anda atau menggunakan software FTP klien seperti FileZilla. Upload favicon ke directory Public_HTML.

4. Jika masih belum bisa silahkan menggunakan plugin. Masuk ke Dashboard => Plugins => Add New = lalu search menggunakan kata kunci Favicon.

BACA JUGA:  Cara Menghindari Copy-Paste Blog Tanpa Sumber

Memasang Favicon di Blog WordPress.com

1. Memasang favicon di blog wordpress.com, cukup Log in ke Dashboard blog Anda seperti biasa.

2. Scroll ke bagian bawah dan pilih Setting => General.

3. Di bagian Blog Picture/Icon, silahkan klik Browse atau langsung masukkan Direct URL favicon Anda ke dalam kotak yang tersedia.

4. Crop Image lalu Upload. Selesai.

Itulah cara memasang favicon di blg Anda dari berbagai platform. Favicon memang penting dan wajib dimiliki untuk memperkuat Personal Branding. Sekian cara memasang favicon di blog, semoga bermanfaat,

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR