Tips Blogging Saat Anda Kekurangan Ide – Tips blogging kali ini saya tuliskan untuk mereka yang sering kekurangan ide saat hendak blogging mengisi konten blog-nya. Tentu ide sangat dibutuhkan untuk blogging. Kekurangan ide menjadi musuh besar blogger karena menghambat perkembangan blog-nya.

Ketika sedang memiliki ide keren dan beragam (banyak) tentu kita menjadi semakin bersemangat untuk blogging. Kita bisa menuliskan 3 atau 4 bahkan lebih tulisan per minggu jika memiliki waktu dan ide yang banyak. Namun apa yang terjadi jika blogger kekurangan ide?

Banyak blog yang dibiarkan tak terurus karena pemiliknya tidak lagi memiliki ide untuk mengisi konten-konten blog-nya. Banyak blogger yang merasa kekurangan ide untuk menulis, padahal ide bisa didapatkan dari mana saja. Berikut tips blogging saat Anda kekurangan ide sehingga Anda bisa kembali ke pelukan blog Anda dan merawatnya dengan tulisan-tulisan baru:

1. Browsing

Ya browsing! Di mana pun Anda ketika sedang menggenggam smartphone yang bisa browsing, Anda wajib menggunakannya untuk browsing dengan membaca artikel, blog orang lain, berita, twitter, dan sebagainya.

Ide bertebaran di dunia maya yang bisa Anda dapatkan dengan cuma-cuma. Hal inilah hal yang paling gampang Anda lakukan. Kebanyakan pengguna internet memberikan informasi terkini yang dicari banyak orang, yang lainnya mencari atau menyaring informasi tersebut

BACA JUGA:  7 Kesalahan SEO yang Harus Dihindari Setiap Blogger

Maka dalam tahap ini, Anda menjadi pengguna internet di bagian kedua untuk mencari ide dan setelah itu jadilah pengguna internet di bagian pertama setelah menulis ide tersebut di dalam blog Anda.

Anda juga bisa membaca-baca artikel dari lintas.me, infogue, ehow, helium, dan sebagainya. Atau tonton video di youtube dan deskripsikan apa yang sudah Anda tonton ke dalam bentuk tulisan.

2. Televisi

Melalui TV Anda bisa memunculkan ide terhadap hal-hal terkini yang banyak disaksikan orang. Jangan dipungkiri, TV masih menjadi media dominan yang orang-orang gunakan ketimbang internet. Jadi saringlah ide dari TV, misalnya kritik Anda terhadap musik atau sinetron Indonesia.

Anda juga bisa mengikuti perkembangan informasi soal suatu peristiwa yang tayang di TV dan menuliskan perkembangan informasi beserta opini Anda terkait isu tersebut di blog Anda. Selalu ada hal menarik yang bisa Anda dapatkan melalui media informasi visual ini, jadi jangan takut kehilangan ide untuk blogging.

3. Toko Buku

Beribu-ribu buku terbit setiap hari dan didistribusikan ke toko-toko buku di seluruh Indonesia. Jadi luangkanlah waktu Anda sejenak dan berkunjung ke toko buku untuk sekedar membaca-baca dan tidak harus membelinya. Di sana ada banyak sekali ide yang bertebaran, tergantung Anda, bisa tidak menyerapnya dan mengaplikasikannya ke dalam bentuk tulisan? 😀

BACA JUGA:  Cara Posting Artikel Blog ke Facebook Otomatis

4. Nongkrong dengan teman-teman

Terkadang nongkrong dengan teman-teman kita merupakan hal yang asik sekaligus bermanfaat. Selalu saja ada banyak hal yang bisa kita bagikan kepada teman-teman kita. Terkadang ada hal baru yang diketahui teman-teman kita yang belum tentu kita sudah mengetahuinya. Untuk itu di tahap inilah kita memiliki kesempatan untuk mendapatkan ide.

Sadar atau tidak, kita sudah terlebih dahulu mengalami atau mengetahui cerita-cerita yang seru sebelum kita nongkrong dengan teman-teman. Ketika kita ngumpul dengan teman-teman, maka pengalaman atau cerita yang kita dapatkan memiliki kesempatan untuk diceritakan. Begitu juga pengalaman dan cerita-cerita seru teman-teman Anda. Saat nongkrong-lah saat yang tepat untuk mendengar cerita-cerita mereka. Saring-lah ide pada saat itu dan tuliskan di dalam blog Anda. 😀

5. Radio

Memang saat ini radio sudah sedikit berkurang peminatnya. Tapi jangan pernah melupakan fungsi radio untuk mendapatkan ide. Terkadang Anda membutuhkan radio sesaat sebelum Anda beranjak tidur.

Sama seperti TV dan Internet, radio menyajikan ruang bagi Anda untuk mendapatkan ide-ide terbaru yang bisa Anda dapatkan dalam bentuk audio. Lagi-lagi  tergantung bagaimana Anda menyerap ide tersebut.

BACA JUGA:  4 Tips Mudah Mengembangkan Blog

Saran saya, sebelum Anda tidur, matikanlah lampu kamar Anda dan biarkanlah Anda ditemani oleh radio yang menyala. Anda tidak akan pernah menyesal karena Anda tidak bisa tidur karenanya. Selama Anda tidak mendengar lagu-lagu berisik dan tidak mendengarkan siaran yang sedang membicarakan cerita horor, maka Anda bisa tidur dan bisa mendapatkan ide untuk blogging.

Jadi itulah 5 tips blogging saat Anda kekurangan ide oleh Seni Berpikir. Lain kali saya akan melakukan observasi untuk menambahkan daftar ini. Jika ada yang kurang atau saya kelupaan, mohon share dengan komentar di bawah ini. Salam blogger 😀

SHARE
Artikel SebelumnyaTips Untuk Mempercepat Loading Blog
Artikel SelanjutnyaKetika Blog Tidak Ada Yang Membaca
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR