10 Aplikasi iPhone Untuk Blogger yang Wajib Digunakan – Banyak di antara kita, terutama para blogger, lebih sering menggunakan smartphone di kehidupan sehari-hari ketimbang menggunakan PC atau laptop.

Tentu lebih sering smartphone berada di genggaman ketimbang komputer, sehingga kita lebih sering menggunakannya.

Baca Juga: 5 Tool Gratis Untuk Membuat Postingan Gambar Media Sosial

Bagi Anda seorang blogger yang juga pengguna iPhone, Anda mungkin masih lebih senang menggunakan komputer dalam kegiatan blogging ketimbang iPhone dengan alasan bahwa layarnya lebih besar dan bisa melakukan banyak hal.

Memang, kegiatan blogging di iPhone bisa sangat terbatas bila Anda tidak memanfaatkan aplikasi iPhone untuk blogger, yang memang dirancang secara khusus untuk blogger.

Baca Juga: 10 Fitur Terbaru Instagram yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang tertarik untuk tetap menjalankan kegiatan blogging meski lebih sering bersama smartphone, berikut 10 aplikasi iPhone untuk blogger yang wajib digunakan sekarang juga:

10 Aplikasi iPhone Untuk Blogger yang Wajib Digunakan

1. WordPress.com

aplikasi iPhone untuk blogger - WordPress

Aplikasi iPhone WordPress.com awalnya secara khusus ditujukan bagi pengguna blog WordPress gratis, tetapi sekarang bisa juga digunakan oleh pengguna WordPress self-hosted.

Baca Juga: Lengkap: 30+ Aplikasi Terbaik Untuk Blogger yang Tentu Wajib Digunakan

Tampilannya sendiri sangat baik sehingga nyaman menggunakannya untuk blogging. Anda bisa menggunakannya untuk menambahkan tulisan baru atau pun mengedit tulisan yang sudah ada langsung dari iPhone Anda.

Aplikasi iOS untuk blog yang satu ini semakin lengkap dengan fitur desktop, sehingga Anda juga bisa menggunakannya di desktop dengan user interface yang baik bila sudah lelah menulis di iPhone Anda.

2. Ulysses

aplikasi iPhone untuk blogger - Ulysses

Bila Anda membutuhkan aplikasi khusus untuk menulis, maka cobalah Ulysses. Aplikasi iPhone untuk blogger yang satu ini memang berbayar, tetapi harganya sangat sesuai dengan fitur-fitur dan kemudahan yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga: 10 Aplikasi Android Terbaik Untuk Blogger

Bila Anda tidak ingin menggunakan aplikasi WordPress.com karena satu atau dua hal, Ulysses sangat cocok digunakan sebagai pengganti yang tepat untuk menulis draft tulisan blog Anda.

BACA JUGA:  7 Kesalahan SEO yang Harus Dihindari Setiap Blogger

3. Feedly

aplikasi iPhone untuk blogger - Feedly (1)

Feedly merupakan aplikasi favorit saya pribadi untuk mengumpulkan ide tulisan, baik untuk iPhone, Android, maupun versi web.

Baca Juga: 5 Software Video Editor Gratis Terbaik untuk Windows

Feedly sangat mudah untuk digunakan dan sangat bermanfaat bagi siapapun yang ingin terus mengikuti informasi atau tulisan-tulisan dari website favoritnya.

Baik untuk sekedar mengurasi ide, mencari inspirasi tulisan hingga brainstorming, Feedly layak terlinstall di iPhone Anda, dan inilah salah satu aplikasi iPhone untuk blogger yang sangat saya rekomendasikan.

4. Pocket

aplikasi iPhone untuk blogger - Pocket

Bila Anda kebetulan sedang berselancar di internet dan menemukan artikel yang bagus sebagai bahan referensi tulisan blog Anda selanjutnya, maka Pocket wajib Anda gunakan.

Baca Juga: FoxLogger GPS Tracker: Lacak Kendaraan Apapun Dengan Mudah

Pocket bisa difungsikan untuk menyimpan artikel dari manapun untuk kemudian dibaca secara offline.

Bagi saya pribadi yang sering mencari ide lewat artikel-artikel di internet, saya selalu menggunakan Pocket untuk menyimmpan artikel untuk kemudian saya baca kembali secara offline.

Baca Juga: Trik Youtube: Trik di Balik URL Youtube yang Harus Digunakan

Hingga sejauh ini, sudah ada puluhan ribu artikel yang tersimpan di aplikasi Pocket saya, dan bisa sewaktu-waktu saya baca meskipun tulisan aslinya di suatu website sudah dihapus.

5. OneNote

aplikasi iPhone untuk blogger - onenote

Bila Ulyssess digunakan untuk mempersiapkan draft untuk tulisan blog, OneNote bisa digunakan untuk mencatat ide atau sekedar brainstorming.

Baca Juga: 5 Aplikasi Gratis untuk Belajar Gitar, Download Sekarang!

Terkadang ide datang dari mana saja dan kapan saja, sehingga Anda mungkin perlu mencatat ide-ide tersebut.

Bila Anda kurang menyukai aplikasi Notes bawaan iPhone, Anda bisa menggunakan OneNote dengan gratis.

Baca Juga: Cara Melihat Foto Instagram yang Paling Banyak Like

Salah satu aplikasi iPhone untuk blogger yang saya rekomendasikan ini bisa dibilang lebih baik ketimbang Evernote. Plus, semua fitur OneNote yang canggih bisa Anda gunakan dengan gratis.

BACA JUGA:  Cara Membuat Facebook Reactions di WordPress

6. Snapseed

aplikasi iPhone untuk blogger - snapseed

Snapseed merupakan aplikasi foto editor buatan Google yang dipersembahkan bagi kita semua secara gratis. Aplikasi ini begitu lengkap dan sangat mudah untuk digunakan.

Baca Juga: Gunakan Banyak Aplikasi Chatting Sekaligus Hanya Dengan Satu Software

Tulisa di blog tidak akan lengkap bila tidak disertai dengan gambar/foto, sehingga aplikasi Snapseed harus terinstall di iPhone Anda.

Mengapa saya lebih merekomendasikan Snapseed ketimbang aplikasi sejenis lainnya? Pertama, Snapseed memiliki fitur yang sangat lengkap untuk sebuah aplikasi foto editor.

Kedua, semua fitur sangat mudah untuk digunakan. Ketiga, aplikasi ini buatan Google yang sudah pasti sering diperbaharui dengan fitur-fitur baru dan keamanannya pun terjamin.

Baca Juga: PayClick: Maksimalkan Pendapatan Dari Blog Dengan Iklan Native

Keempat, Snapseed gratis dan tidak mengandung iklan, sehingga sangat layak menjadi salah satu bagian dari aplikasi iPhone untuk blogger terbaik dan sangat direkomendasikan.

7. Google Drive

aplikasi iPhone untuk blogger - google drive

Mayoritas di antara kita mungkin sudah mengenal bahkan sudah menggunakan Google Drive. Aplikasi penyimpanan berbasis cloud ini memiliki kapasitas 15 GB untuk setiap akun Gmail.

Baca Juga: 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan

Itu artinya Anda bisa memanfaatkan ratusan bahkan ribuan file sekaligus di dalam akun Google Drive Anda untuk kepentingan blogging.

Mulai dari menyimpan dokumen, file gambar maupun video untuk blog Anda, sudah pasti Google Drive wajib digunakan untuk kepentingan blogging Anda. Inilah salah satu aplikasi iPhone untuk blogger favorit saya.

8. Google Photos

aplikasi iPhone untuk blogger - google photos

Bila Google Drive utamanya digunakan sebagai aplikasi penyimpanan dengan kapasitas 15 GB, Google Photos, sepertinamanya, diperuntukkan khusus sebagai penyimpanan foto maupun video.

Baca Juga: 25 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Digunakan Untuk Setiap Blog WordPress

Anda bahkan tidak dikenakan limit kapasitas penyimpanan bila mengatur kualitas foto sebagai “High Quality”, dimana foto-foto yang diupload akan secara otomatis dikompres namun tetap memiliki kualitas tinggi.

BACA JUGA:  5 Taktik Efektif Dalam Mempromosikan Blog

Untuk kepentingan blog, foto yang digunakan sebenarnya tidak boleh memiliki kapasitas yang terlalu besar demi mempercepat loading blog.

Baca Juga: ThinkWithGoogle: Cek Kecepatan dan Kekuatan Mobile-Friendliness Website Anda

Dengan Google Photos, selain bisa digunakan untuk menyimpan dan menyingkronkan file foto lintas perangkat, Anda juga bisa memanfaatkan fiturnya untuk mengkompres gambar dan algoritmanya akan secara otomatis mengedit foto menjadi lebih baik untuk Anda.

9. Hootsuite

aplikasi iPhone untuk blogger - hootsuite

Media sosial memiliki kekuatan yang sangat besar untuk meningkatkan engagement dan jumlah trafik ke blog Anda. Namun, memposting satu per satu tulisan blog ke media sosial akan membuang banyak waktu.

Baca Juga: 8 Plugin WordPress Untuk Typography

Hootsuite memungkinkan Anda untuk menjadwalkan postingan ke media sosial dan akan diposting secara otomatis beserta caption-nya.

10. Dashlane

aplikasi iPhone untuk blogger - dashlane

Menggunakan internet berarti kita terbuka atas berbagai ancaman cyber yang sewaktu-waktu bisa menyerang kita.

Baca Juga: Review Hosting Bluehost: Hosting Murah dan Terbaik

Salah satu upaya untuk mengatasi kejahatan cyber adalah mengamankan informasi kita, terutama password yang kita gunakan.

Sangat direkomendasikan untuk menggunakan password yang tidak mudah ditebak dan menggunakan password yang berbeda-beda untuk setiap akun.

Khusus untuk blog, Anda tentu harus menggunakan password memiliki strength level kuat dan berbeda dengan passsword akun Anda yang lain. Hanya saja, tidak mudah untuk menghafal semua password.

Baca Juga: Cara Mengganti Password Pada WordPress

Dashlane merupakan sebuah aplikasi password manager untuk menyimpan dan mengamankan kumpulan password Anda untuk setiap akun. Aplikasi ini harus Anda gunakan.

Aplikasi iPhone Untuk Blogger: Penutup

Nah, itulah 10 aplikasi iPhone untuk blogger yang bisa Anda gunakan sekarang juga. Tentu tidak hanya dibatasi oleh 10 pilihan saja. Masih ada banyak sekali aplikasi iPhone untuk blogger di luar sana yang mungkin cocok untuk Anda.

Bagaimana dengan Anda? Aplikasi iPhone untuk blogger mana yang Anda jagokan? Silakan bagikan rekomendasi Anda lewat kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here