5 Aplikasi Password Manager Terbaik yang Harus Digunakan – Jaman sekarang, internet seakan ‘memaksa’ kita untuk memanfaatkannya dalam beraktivitas.

Kegiatan yang dilakukan di internet pun terkadang merambat pada sesuatu yang sebenarnya bersifat privasi, sehingga kita tentu tidak ingin ada yang punya akses selain kita.

Hal tersebut tentu menyangkut soal keamanan, bagaimana data kita bisa terus aman dari cengkraman ‘kaum intelek yang jail’ sehingga menyalah-gunakan bahkan merusak data kita yang tersebar di internet.

Password tentu menjadi akses pertama yang harus kita pastikan aman dari potensi gangguan selain sepenuhnya mempercayakan keamanan data kita kepada setiap layanan.

Apa Pentingnya Aplikasi Password Manager?

Seperti yang sering dianjurkan oleh para ahli teknologi informasi bahwa pengguna layanan internet sebaiknya menggunakan password yang berbeda-beda untuk setiap akun di layanan tertentu.

Baca Juga: Trik Youtube: Trik di Balik URL Youtube yang Harus Digunakan

Hal tersebut demi mencegah hilangnya akses pengguna terhadap semua akun pengguna yang ada di internet apabila password-nya diretas.

Misalnya, password untuk Facebook, apabila berhasil dibobol, kemungkinan besar password untuk Twitter tentu bisa pula dibobol karena memiliki kode sandi yang sama.

Baca Juga: 5 Aplikasi Gratis untuk Belajar Gitar, Download Sekarang!

Maka dari itulah dianjurkan untuk membuat password yang berbeda-beda untuk setiap akun di internet, belum lagi kita harus membuat password yang kuat dan panjang (12 karakter), dengan kombinasi antara huruf, angka, hingga simbol tertentu.

Namun, masalah kemudian muncul setiap kali kita harus mengingat dan mengetik satu per satu password di setiap akun ketika kita ingin login ke akun tersebut. Tentu hal ini tidak efektif dan efisien, bukan?

Baca Juga: Cara Melihat Foto Instagram yang Paling Banyak Like

Oleh karena itu, aplikasi password manager tentu mampu menjadi solusi atas kendala atau permasalahan yang ada.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Password Manager?

Ketika Anda menginstall salah satu aplikasi password manager, Anda bisa memanfaatkannya sebagai sebuah brankas pribadi untuk menyimpan data login Anda ke website atau layanan online tertentu.

Baca Juga: Gunakan Banyak Aplikasi Chatting Sekaligus Hanya Dengan Satu Software

Data login pribadi yang disimpan meliputi username/email login hingga password. Anda juga bisa menyimpan data-data pribadi seperti nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon, email, perusahaan, bahkan informasi mengenai rekening bank/kartu kredit.

BACA JUGA:  7 Laptop Core i5 Berkualitas Dengan Harga Terjangkau

Cara kerja aplikasi password manager sebenarnya sama seperti fitur penyimpanan/autofill login dan password yang ditawarkan oleh browser sebagai fitur bawaan.

Baca Juga: Cara Melihat Daftar Software yang Terinstall di Windows

Hanya saja, Anda menyimpannya di tempat yang jauh lebih aman karena Anda memiliki akses kunci tambahan yang diberi nama Master Password.

Nah, Anda yang memiliki master password inilah yang hanya bisa membuka seluruh data login yang sudah Anda simpan. Sama seperti kode numerik yang ada di brankas.

Baca Juga: 5 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Android

Nantinya, setiap kali Anda membuat sebuah akun di website tertentu, aplikasi password manager akan menawarkan diri untuk menyimpan detil login tersebut.

Bila Anda menyetujuinya, maka setiap kali Anda membuka website tersebut dan berniat login, aplikasi password manager tersebut akan secara otomatis mengisi data login terkait dan login secara otomatis untuk Anda tanpa mengetik apapun.

Baca Juga: Mengubah Instagram Menjadi Galeri Virtual Reality: Lihat Foto-Foto Instagram Anda Sebagai Museum Virtual Reality

Juga, Anda pasti akan mengisi data pribadi seperti nama, alamat hingga nomor telepon dan password setiap kali Anda membuat sebuah akun di suatu layanan internet.

Bila Anda sudah mempersiapkan data-data tersebut pada aplikasi password manager, Anda bisa memerintah password manager tersebut untuk mengisi seluruh data yang diperlukan ketika mendaftar, sehingga Anda tidak perlu mengetik sama sekali.

Baca Juga: Perkenalkan Aplikasi Steller: Berbagi Cerita Secara Visual

Aplikasi password manager juga akan merekomendasikan password yang kuat dan sulit untuk dibobol, sehingga akun Anda menjadi jauh lebih aman.

Baca Juga: Cara Download Foto Instagram di Android, iOS dan PC

Nantinya, password yang rumit tersebut tidak perlu Anda ingat karena akan diisi secara otomatis oleh password manager tersebut.

5 Aplikasi Password Manager Terbaik yang Harus Digunakan

1. LastPass

aplikasi password manager terbaik - lastpass

Laspass menjadi salah satu aplikasi password manager terbaik saat ini yang sudah mendapat pengakuan. Dan salah satu aplikasi password manager terbaik ini bahkan sudah ada sejak tahun 2008.

Awalnya, Lastpass ini dirilis sebagai add-on atau ekstension untuk browser populer seperti Firefox dan Google Chrome. Seiring perkembangannya, Lastpass bahkan sudah tersedia di Windows, Android, hingga iOS.

BACA JUGA:  Review dan Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge

Baca Juga: 5 Website Untuk Download Software Windows Gratis, Legal dan Aman

Lastpass tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi premium, Lastpass hanya akan mengenakan $1 per bulan dan ditagih setiap satu tahun. Itu artinya Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 13.000 sebulan untuk meningkatkan keamanan data internet Anda.

Khusus untuk pembaca Seni Berpikir, Anda bisa mendapatkan layanan Lastpass Premium selama 60 hari atau 2 bulan. Dapatkan Lastpass Premium gratis selama 60 hari sekarang.

Lastpass Premium – Gratis 60 hari

2. Dashlane

Apa yang saya jelaskan mengenai cara kerja aplikasi password manager di bagian sebelumnya percis sama seperti apa yang bisa dilakukan oleh Dashlane.

Saya sendiri merupakan pengguna Dashlane versi premium karena kemudahan dan keamanan yang ditawarkannya.

Dashlane juga memungkinkan saya untuk login secara otomatis di berbagai perangkat karena fitur singkronisasi yang dimilikinya.

Baca Juga: Aplikasi Mp3 Joox: Berjalan yang Bisa Kamu Dengar di Mana Pun!

Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa men-download Dashlane versi gratis. Namun kekurangannya, fitur singkronisasi tidak bisa didapatkan oleh versi gratis. Selain itu, tidak ada backup untuk seluruh data login Anda, juga tidak bisa diakses melalui website Dashlane.

Selebihnya, Dashlane versi gratis memiliki fitur yang lengkap dan tentunya membuat data-data login kita menjadi lebih aman.

Khusus untuk pembaca Seni Berpikir, Anda berkesempatan untuk mendapatkan Dashlane Premium selama 6 bulan. Cara mendapatkannya, Anda hanya perlu klik tombol di bawah ini dan daftarkan akun di website Dashlane kemudian download dan install aplikasinya di perangkat Anda.

Dashlane Versi Gratis – Gratis 6 bulan atau Dashlane Premium – $39,99/tahun

3. KeePass

aplikasi password manager terbaik - keepass

KeePass sering dikatakan sebagai salah satu alternatif terbaik LastPass. KeePass ini sendiri bisa Anda dapat dan gunakan dengan gratis sepenuhnya.

KeePass sendiri merupakan aplikasi password manager yang open-source dan sebenarnya bisa Anda kembangkan fitur-fiturnya sendiri.

Baca Juga: Inilah 6 Kamus Online Gratis dan Lengkap

Anda juga tentu bisa memeriksa sendiri struktur code aplikasi ini untuk memastikan bagaimana data-data Anda dienkripsi sehingga mampu meningkatkan keamanan.

Hanya saja, data yang tersimpan di KeePass hanya tersimpan di perangkat Anda saja, atau dalam penyimpanan data lokal bukan di penyimpanan cloud, sehingga fitur singkronisasi mungkin akan sulit didapatkan.

BACA JUGA:  Cara Mencari Password WiFi Dengan CMD di Windows
KeePass – Gratis

4. Keeper

Pada dasarnya, apa yang ditawarkan KeePeer mayoritas sama seperti aplikasi password manager pada umumnya, terlebih yang ada di daftar ini.

Namun, Keeper bisa menjadi alternatif yang paling tepat bila Anda sering berbagi password dengan keluarga atau kerabat, misalnya password akun Netflix, email, hingga Xbox.

Baca Juga: Download Ebook Gratis di Website Ini

Keeper menyediakan Paket Berlangganan Keluarga yang memungkinkan Anda sekeluarga untuk berbagai data login secara otomatis untuk langganan layanan internet keluarga Anda.

Sebenarnya masih banyak lagi yang ditawarkan oleh Keeper, namun bila Anda menginginkan fitur sederhananya saja, Keeper versi gratis tentu lebih cocok untuk Anda dan tersedia untuk berbagai perangkat seperti Windows, Linux, hingga Apple Mac.

Keeper – Gratis

5. aWallet Password Manager

aWallet merupakan aplikasi password manager yang hanya tersedia untuk Android maupun iOS. Tidak ada versi web dan tidak ada versi desktop.

Selain itu, terdapat dua jenis aplikasi yang disediakan oleh aWallet, yakni local maupun cloud. Anda tentu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda sendiri.

Baca Juga: Cara Membuat Ebook Dari Artikel Wikipedia

Untuk versi cloud, Anda bisa menyingkronkan data login Anda ke berbagai perangkat melalui Dropbox maupun Google Drive.

Untuk masing-masing perangkat iOS maupun Android, salah satu aplikasi password manager terbaik ini hanya memerlukan sekali pembelian saja seharga $3,99 saja untuk dapat menikmatinya seumur hidup.

aWallet – iOS atau aWallet – Android

Penutup

Itulah 5 aplikasi password manager terbaik yang bisa Anda gunakan sekarang juga agar data login Anda di berbagai akun internet bisa lebih aman, dan Anda pun tidak perlu mengingat password setiap kali hendak login.

Hadirnya aplikasi seperti ini tentu bisa menghemat banyak hal, terutama yang berkaitan dengan efektivitas dan efisiensi.

Nah, aplikasi password manager mana yang menjadi favorit dan rekomendasi Anda? Jangan lupa bagikan ke teman-teman Anda dan bantu mereka agar akun mereka aman dari serangan peretas. Semoga bermanfaat!


Baca Juga:

5 Software Edit Gambar dan Foto Gratis untuk Windows

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here