Perkenalkan Aplikasi Steller: Berbagi Cerita Secara Visual – Beragam media sosial dengan beragam bentuk serta fitur telah hadir dan bisa dinikmati setiap orang. Namun satu yang akhir-akhir ini cukup menarik adalah aplikasi Steller (Story Teller) yang sebenarnya sudah cukup lama hadir di pasar aplikasi.

Anda mungkin sudah sangat akrab dengan berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga Path. Bahkan Anda juga mungkin sudah memiliki blog personal sendiri. Jika Anda senang menggunakan berbagai media sosial di atas, maka pastinya Anda akan sangat menikmati menggunakan aplikasi Steller.

Apa Itu Aplikasi Steller dan Fitur Apa yang Ditawarkannya?

Aplikasi Steller
thenextweb.com

Secara ringkas, Steller merupakan sebuah platform berupa aplikasi yang mewadahi aktivitas berbagi cerita secara interaktif dan visual. Tampilannya mirip dengan Instagram, hanya saja kita bisa menggabungkan beberapa foto dan video dengan caption di dalamnya sekaligus yang kemudian bisa kita suguhkan dalam bentuk cerita visual yang interaktif.

Jika Instagram lebih mengutamakan foto atau video ketimbang caption, Steller memungkinkan Anda untuk menggabungkan seluruh elemen tersebut dengan setara hingga terlihat seperti cerita visual.

BACA JUGA:  10 Situs Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog

Bagaimana Penggunaan Aplikasi Steller?

aplikasi steller
techcrunch.com

Cara penggunaan aplikasi Steller ini sebenarnya sangat straightforward, tidak jauh berbeda dengan Instagram, Path, dan lain sebagainya. Anda tidak akan dibuat pusing olehnya meski baru saja menggunakannya.

Yang Anda perlukan tentu saja sebuah akun Steller, kemudian Anda perlu memperbaharui profil. Sesudah itu tinggal buat saja cerita Anda dalam bentuk visual. Aplikasi Steller ini tersedia di Android maupun iOS, oleh karena itu Anda bisa langsung menggunakannya.

Bagusnya, agar lebih mendukung tampilan visual cerita kita nantinya, Steller menyediakan template yang sesuai kebutuhan kita. Kita tinggal menyocokkan template mana yang akan kita gunakan untuk cerita kita. Sesudah itu mulailah upload foto atau video dan tulislah caption untuk masing-masing foto/video layaknya sedang menceritakan momen yang ada di dalamnya.

Anda juga bisa sekedar melihat cerita-cerita yang sudah ada melalui web browser komputer Anda, namun untuk mengupload cerita visual baru, Anda diharuskan menguploadnya menggunakan aplikasinya yang terdapat di perangkat Android maupun iOS, sama halnya seperti Instagram.

BACA JUGA:  5 Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Asing

Informasi Lainnya Terkait Aplikasi Steller

Ketimbang Instagram yang mengutamakan foto atau video secara tunggal, Steller memungkinkan Anda untuk membuat semacam album visual, di mana Anda bisa bercerita tentang hal-hal yang terdapat di dalamnya.

Nantinya, tampilan album visual interaktif di aplikasi Steller yang kita buat itu akan terlihat seperti ketika kita membaca ebook melalui perangkat iOS atau Android. Ada fitur follow dan like, juga pihak Steller dengan aktif selalu mempromosikan akun pengguna Steller beserta cerita visual yang dibuatnya agar lebih banyak lagi yang mengetahui keberadaannya, sehingga Anda punya kesempatan besar untuk mendapatkan like dan follower dari sesama pengguna Steller jika Anda dan cerita visual yang Anda buat dijadikan featured story oleh pihak Steller.

Jika Anda punya blog personal, Steller juga menyediakan fitur embed sehingga Anda bisa memasukkan album cerita visual Steller Anda ke dalam blog.

Hal menarik lainnya adalah kemudahan untuk mengedit album visual yang sudah kita publikasikan. Tidak seperti Instagram yang tidak memperbolehkan kita untuk mengedit foto yang telah kita publikasikan.

BACA JUGA:  Review dan Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge

Selain itu, sama seperti blog, Steller memungkinkan kita untuk membuat draft untuk cerita visual yang akan kita publikasikan. Jadi ketika Anda membuat cerita, Anda bisa menunda penyelesaian cerita tersebut dan dijadikan draft, agar nantinya Anda bisa mengubah atau melanjutkan dan mempublikasikannya.

Meski hadir dengan berbagai fitur yang menarik, sayangnya, sebagai platform kreatif yang bertema visual interaktif, Steller kekurangan fitur edit foto, tidak seperti Instagram maupun Path. Itulah satu-satunya kekurangan terbesar aplikasi Steller yang saat ini saya temui.

Namun hal tersebut bukanlah masalah besar sebab kemungkinan besar mayoritas di antara kita sudah memiliki aplikasi edit foto terpasang di perangkat smartphone kita, jadi hal ini mudah diatasi.

Terlepas dari itu, aplikasi Steller tetaplah merupakan salah satu aplikasi media sosial yang sangat menarik dan sangat menjanjikan. Apalagi di Indonesia sendiri sudah banyak penggunanya.

Bagi Anda yang penasaran seperti apa tampilan cerita visual Anda nantinya, berikut salah satu contoh album cerita visual interaktif yang saya buat dengan aplikasi Steller:

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR