Hati-Hati! Percakapan di Whatsapp Dimata-matai

Hati-Hati! Percakapan di Whatsapp Dimata-matai – Meski pengguna layanan Whatsapp, aplikasi chat lintas platform, lebih besar jumlahnya daripada pengguna Twitter saat ini ternyata tidak menjamin keamanan percakapan Anda.

Whatsapp melayani sekitar 27 miliar pesan setiap harinya, namun tetap belum aman dari pantauan hacker.

Baca Juga: Cara Download Status WhatsApp di Smartphone Anda

Setidaknya begitulah menurut Alkemade, seorang mahasiswa ilmu komputer asal Belanda seperti yang dikutip dari Kompas Tekno.

Pesan-pesan yang terkirim lewat Whatsapp dienkripsi untuk meningkatkan keamanan guna tidak terbaca begitu saja apa isi pesan yang dikirimkan oleh pengguna.

Tetapi, menurut Alkemade lewat blognya yang berjudul Thijs Alkemade: xnyhps’ blog, enkripsi tersebut ternyata masih meninggalkan celah besar bagi hacker untuk mengintip isi percakapan lewat Whatsapp.

Trik WhatsApp: Cara Menggunakan Dua Nomor Sekaligus

Trik WhatsApp: Cara Menggunakan Dua Nomor Sekaligus

Trik WhatsApp: Cara Menggunakan Dua Nomor Sekaligus – Semua pengguna smartphone pasti tahu ... Selengkapnya

Lewat celah tersebut ada kemungkinan besar percakapan di Whatsapp dimata-matai oleh hacker yang mampu menembus kode enkripsinya.

Lebih mudahnya, siapapun sebenarnya bisa menembus celah tersebut bila bisa mencegat pesan yang dikirim dan menembus enkripsinya dengan sedikit usaha, kata Alkemade.

Pernyataan Alkemade tersebut tentu saja dibantah oleh pihak Whatsapp. Menurutnya, apa yang dikatakan oleh Alkemade terlalu dibesar-besarkan. “Cerita blogger (Alkemade) itu lebih bersifat teoritis. Tidak benar bahwa semua percakapan di Whatsapp tidak terjamin keamanannya.”

Kelemahan yang ditemukan Alkamade merupakan satu jalan di mana percakapan di Whatsapp dimata-matai.

Percakapan di Whatsapp dimata-matai tidak hanya sekedar diketahui apa isi percakapan kita tapi juga bisa diubah, dihapus, bahkan dikembalikan ke pengirim. Hal ini jelas menjadi ancaman sendiri bagi pengguna Whatsapp.

Meski pihak Whatsapp menentang pendapat Alkamade, belum ada yang benar-benar menjamin kenyamanan kita untuk masalah keamanan karena kemungkinan percakapan di Whatsapp dimata-matai atau bebas dari mata-mata masih 50:50.

Pendapat senada tentang keamanan percakapan di Whatsapp dilontarkan oleh Thomas Ptacek, konsultan sekuriti dan cryptographer dari Matasano Securities, dalam sebuah diskusi di Twitter, mengatakan bahwa “ini adalah kelemahan besar yang cara mengeksploitasinya diketahui banyak orang. Si penyerang tak perlu menempatkan diri di tengah-tengah si pengirim dan penerima untuk mencegat pesan yang dikirimkan.”

Alkemade sendiri muncul bukan tanpa solusi. Meski sudah membuat pernyataan yang memungkinkan bahwa percakapan di Whatsapp dimatai-matai, Alkemade menemukan solusi yang patut dicoba oleh pihak Whatsapp.

Gunakan Banyak Aplikasi Chatting Sekaligus Hanya Dengan Satu Software

Gunakan Banyak Aplikasi Chatting Sekaligus Hanya Dengan Satu Software

Gunakan Banyak Aplikasi Chatting Sekaligus Hanya Dengan Satu Software – Bagi Anda pengguna ... Selengkapnya

Ia mengatakan bahwa Whatsapp bisa menutup celah keamanan yang ada dengan memindahkannya memakai protokol keamanan bernama Transport Layer Security yang keandalannya telah teruji dan banyak dipakai di internet.

Bagi kita pengguna Whatsapp, tentu ada kemungkinan percakapan di Whatsapp dimata-matai, untuk itu tetaplah bijak dalam mengirimkan pesan ke kerabat Anda.

Walter Pinemhttps://walterpinem.me/
Traveler, Teknisi SEO, dan Programmer WordPress. Aktif di Seni Berpikir, A Rookie Traveler, GEN20, Payung Merah, dan De Quixote.

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

Review dan Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge

Review dan Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge - Dalam beberapa periode ini Samsung terus menggebrak pasar smartphone sebagai salah satu vendor besar dan populer...

Inilah Smartphone Pertama Dunia

Inilah Smartphone Pertama Dunia - Dewasa ini merupakan era digital. Ada banyak sekali teknologi digital yang bisa Anda dapatkan. Karena teknologi digital yang saat...

Joox VIP: Dapatkan Akun VIP Joox Selama 35 Hari, Gratis!

Joox VIP: Dapatkan Akun VIP Joox Selama 35 Hari, Gratis! - Sebagai salah satu aplikasi music streaming on-demand terbaik saat ini, Joox kembali memberikan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ikuti Kami!

1,370FansLike
793FollowersFollow
210SubscribersSubscribe

Terpopuler

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!