10+ Cara Mempercepat Koneksi Internet PC, Laptop dan Hp, Wajib Dicoba!

71
Cara mempercepat koneksi Internet pc laptop dan smartphone

Cara Mempercepat Koneksi Internet PC, laptop dan HP – Koneksi internet yang lemot memang selalu bikin jengkel. Sebetulnya, cara mempercepat jaringan internet yang lambat atau cara mempercepat koneksi WiFi di laptop, PC dan hp bisa dilakukan dengan mudah, lho.

Biasanya, kecepatan jaringan internet akan berkurang ketika kuota data yang dimiliki sudah mulai mendekati habis. Ditambah lagi, tempat atau lokasi juga bisa mempengaruhi kecepatan akses internet. Ini disesuaikan dengan sinyal jaringan dari provider yang kamu gunakan.

Namun, jika kedua hal tersebut bukan masalah utamanya, pastinya ada penyebab lain yang perlu diperhatikan. Daripada penasaran, simak dulu masalah dan cara menstabilkan koneksi internet dalam ulasan berikut ini selengkapnya.

Butuh VPN gratis kualitas premium? Dengan Moove VPN, semua konten di internet bisa diakses tanpa batas!

Cara Mempercepat Koneksi Internet PC, Laptop dan Ponsel 

Cara mempercepat koneksi Internet pc

1. Bersihkan cache

Cara mempercepat koneksi internet PC hingga smartphone yang pertama adalah dengan membersihkan cache. 

Baik di smartphone, PC maupun laptop, penumpukan cache bisa menjadi salah satu penyebab lambatnya koneksi jaringan internet di perangkat yang kamu gunakan.

Cache sendiri merupakan data sementara yang tersimpan dalam memori penyimpanan internal smartphone. Fungsinya untuk mencatat segala aktivitas pengguna di aplikasi, seperti mencatat aktivitas login dan sebagainya.

Nantinya, informasi tersebut akan digunakan untuk memudahkan pengguna ketika akan mengakses kembali aplikasi tersebut, tanpa perlu mengulang dari awal lagi.

 

Adapun cara menstabilkan koneksi internet dengan menghapus cache yang tersimpan adalah sebagai berikut, 

  • Pilih dan download aplikasi pembersih cache di Play Store atau App Store, lanjut install ke perangkat 
  • Jika sudah, segera buka aplikasinya dan klik tombol “Bersihkan”.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan cache selesai.

2. Gunakan ad-blocker

Sering terganggu dengan tampilan iklan di situs web yang kamu sedang kamu kunjungi? Bukan cuma mengganggu secara tampilan saja, iklan-iklan tersebut juga membuat koneksi jaringan internet di ponsel menjadi berkurang kecepatannya.

Ini lantaran koneksi internet juga terbagi untuk iklan-iklan yang muncul tersebut, sehingga situs menjadi lebih lama untuk memuat data.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Berikut cara mempercepat koneksi internet di ponsel dengan menggunakan ad-blocker,

  • Download ad-blocker di Play Store atau AppStore dan klik Install,
  • Tunggu proses download dan pemasangan selesai,
  • Jika sudah, bisa langsung masuk ke ad-blocker dan aplikasi akan segera aktif memblokir iklan di situs yang dikunjungi.

3. Gunakan aplikasi vpn terbaik 

Selanjutnya, cara mempercepat jaringan internet di ponsel yang bisa kamu coba adalah dengan memasang aplikasi VPN terbaik. 

Pasalnya, selain mampu memberikan koneksi yang lebih private dan aman, aplikasi semacam ini juga memiliki kemampuan meningkatkan kecepatan jaringan internet. 

Aplikasi VPN terbaik bisa jadi salah satu cara mempercepat koneksi Internet terutama saat ingin mengakses situs buatan Amerika Serikat,, misalnya Reddit.

Salah satu aplikasi VPN terbaik yang kami rekomendasikan adalah Moove VPN. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android maupun iOS dan kamu bisa memilih server Amerika Serikat supaya kecepatan aksesnya lebih maksimal.

Jangan khawatir, aplikasi Moove VPN bisa didownload di ponsel dan digunakan secara gratis tanpa batas. Jadi tidak akan ada permintaan yang mengharuskan kamu beralih ke opsi berbayar. 

Tak perlu takut juga data pengguna akan disalahgunakan, karena salah satu aplikasi VPN terbaik ini tidak menyimpan riwayat penelusuran apapun yang dilakukan oleh pengguna.

Sehingga privasi dan keamanan data pengguna akan selalu terjaga kerahasiaannya, dimanapun dan kapanpun. 

Cara menstabilkan koneksi internet dengan aplikasi VPN terbaik ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mendownload aplikasinya di PlayStore atau Appstore. 

Selanjutnya hanya perlu mendaftar ke aplikasinya dengan memasukan alamat email dan membuat password. Jika sudah, aplikasi bisa langsung digunakan untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet yang digunakan. 

4. Tutup aplikasi jika tak digunakan

Cara mempercepat koneksi Internet pc

Salah satu cara mempercepat jaringan internet di ponsel paling efektif adalah dengan menutup semua aplikasi berjalan yang sebenarnya tak digunakan lagi.

Bukan hanya menyebabkan performa ponsel menurun, banyaknya aplikasi yang berjalan juga bisa menyebabkan koneksi internet di ponsel menjadi lebih lambat dari biasanya.

Karenanya, pastikan untuk selalu menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi sebelum beralih membuka aplikasi yang lain.

5. Aktifkan data saver

Mengaktifkan fitur data saver di ponsel yang digunakan juga jadi salah satu cara mempercepat jaringan internet, lho.

Ini karena fitur tersebut bekerja dengan lebih dulu mengkompres gambar maupun data lainnya di browser sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. 

Hal ini dilakukan untuk menghemat penggunaan data internet, terutama saat digunakan membuka situs dengan tampilan gambar yang cukup banyak.

Alhasil, jaringan internet pun menjadi jauh lebih cepat dan proses loading situs pun juga lebih ringan.

6. Tutup tabs browser ketik tak digunakan

Jika koneksi internet di PC atau laptop tiba-tiba melambat, padahal tidak ada masalah jaringan maupun kuota data, coba periksa tabs yang sedang terbuka di browser.

Tabs yang terlalu banyak terbuka dan tak digunakan selain mempengaruhi kinerja perangkat, juga bisa memperlambat koneksi internet, lho. 

Nah, agar cara mempercepat koneksi internet PC bisa makin optimal, maka sebisa mungkin hindari membuka terlalu banyak tabs di saat yang bersamaan.

Cukup gunakan yang memang dibutuhkan saja. Semakin sedikit tabs yang terbuka, maka kinerja perangkat akan semakin optimal dan cepat.

7. Jangan terlalu banyak memasang add-ons di browser

Tak sedikit pengguna PC dan laptop yang suka sekali menambahkan berbagai jenis add-ons di browser mereka tanpa memahami manfaat sebenarnya.

Padahal, kebiasaan tersebut justru membuat browser menjadi lebih rawan mengalami error dan crash, hingga membuat kinerja browser jauh lebih lambat.

Untuk itu, ada baiknya pertimbangkan kembali apakah memang sangat dibutuhkan atau tidak saat ingin memasang add-ons di browser.

8. Update antivirus secara berkala

Tahukah kamu jika serangan virus pada PC maupun laptop juga menjadi satu faktor penyebab lambatnya koneksi jaringan internet.

Nah, salah satu cara mempercepat koneksi Internet di PC maupun laptop adalah dengan menggunakan antivirus terbaik. 

Selain itu, jangan lupa jika cara menstabilkan koneksi internet juga harus selalu mengupdate antivirus secara berkala, sehingga performanya selalu optimal. 

9. Perhatikan penggunaan modem

Selanjutnya, cara menstabilkan koneksi internet di PC maupun laptop adalah dengan memeriksa bagaimana kondisi modem yang digunakan saat itu.

Hal ini lantaran penggunaan modem dalam waktu yang cukup lama, dapat menyebabkan overheating atau terlalu panas.

Kondisi tersebut dapat menurunkan performa modem, sehingga koneksi jaringan ikut melambat.

Untuk menyiasatinya, coba matikan laptop atau PC yang digunakan, lalu lepaskan modem yang terpasang di perangkat tersebut dan biarkan dingin lebih dulu sebelum kembali digunakan. 

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Laptop, PC dan Hp

Cara mempercepat koneksi Internet WiFi

10. Cek posisi router Wi-Fi

Lanjut cara mempercepat koneksi WiFi di laptop, PC maupun smartphone yakni dengan memperhatikan posisi dan ketinggian router yang digunakan.

Pasalnya, posisi dan ketinggian router Wifi cukup berpengaruh terhadap kecepatan jaringan internet, lho. 

Jadi, pastikan selalu untuk memperhatikan posisi dan ketinggian router tersebut agar koneksi internet yang ditangkap bisa semakin optimal.

Hindari meletakkan router di area tertutup, misalnya di belakang lemari, atau area yang tertutup cor beton maupun jenis metal lainnya. Karena material tersebut bisa menghalau gelombang sinyal WiFi.

Jika sinyal WiFi dirasa mulai melemah, cobalah cara mempercepat koneksi WiFi di laptop, PC dan hp dengan mendekatkan posisi perangkat ke arah router.

11. Membatasi jumlah pengguna

Ketika ada banyak pengguna terhubung ke jaringan WiFi, maka kecepatan internetnya juga akan semakin melambat.

Ini karena jaringan yang digunakan akan dibagi sesuai jumlah pengguna yang terhubung dan disesuaikan dengan bandwidth yang diperoleh.

Sehingga kecepatan koneksi yang diperoleh pengguna tidak merata antara pengguna satu dengan yang lainnya.

Apalagi, jika pengguna menggunakan koneksi jaringan internet WiFi untuk bermain game online, maka pengguna yang lain tidak akan kebagian koneksinya.

Nah, cara mempercepat koneksi WiFi di laptop, PC maupun hp yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi pengguna yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Akhir kata 

Demikian tadi beberapa cara mempercepat koneksi internet PC, laptop dan juga smartphone yang digunakan. Kamu bisa menggunakan salah satu caranya sesuai dengan perangkat yang digunakan saat ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Catatan Editor

Jangan lupa sebelum memulai aktivitas di internet, pastikan untuk selalu menjaga koneksi jaringan agar lebih aman dengan aplikasi VPN terbaik, salah satunya Moove VPN.

Bukan hanya terjaga privasi dan keamanan data pribadimu, dengan Moove VPN, jaringan internet juga menjadi lebih lancar dan stabil. 

Bahkan tak perlu takut lagi dengan batasan geografis wilayah, karena bisa digunakan untuk membuka akses dengan domain luar negeri tanpa perlu khawatir.

Aplikasi VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni ini bisa digunakan dengan mudah dan 100% gratis, lho.

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitasmu di internet dengan Moove VPN sekarang juga!

Google Play