Bingung Pilih VPN Paling Aman? Simak 5 Tips Cerdas Berikut ini!

32
Tips memilih aplikasi VPN yang aman dan terbaik

Banyaknya kasus penyalahgunaan data yang belakangan marak terjadi membuat banyak yang ragu jika ada aplikasi VPN terbaik yang benar-benar aman. Tapi benarkah aplikasi VPN yang aman tak mampu menjaga kerahasian data milikmu, atau jangan-jangan kamulah yang tak tahu caranya memilih aplikasi VPN paling aman?

Penggunaan aplikasi VPN atau virtual private network di Indonesia memang tengah naik daun, terlebih karena ada banyak situs yang sebelumnya dapat diakses kemudian terkena internet positif alias diblokir oleh pemerintah.

Butuh VPN gratis kualitas premium? Dengan Moove VPN, semua konten di internet bisa diakses tanpa batas!

Meskipun demikian, tak sedikit yang masih enggan untuk beralih menggunakan aplikasi VPN, terutama aplikasi gratisan.

Karena dianggap justru membahayakan penggunanya, bahkan terkadang ada yang melacak aktivitas penggunanya. 

Meskipun demikian, tak semua aplikasi gratisan itu membahayakan atau suka ‘mengintip’ data pribadi penggunanya. Namun memang harus benar-benar cermat dan waspada saat memilih aplikasi terbaik untuk digunakan.

Mau tahu caranya memilih aplikasi VPN yang aman untuk menjaga aktivitasmu di internet? Simak cara selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Tips Memilih Aplikasi VPN yang Aman dan Terbaik

1. Perhatikan klaimnya 

Jangan gampang percaya dengan klaim sepihak yang menyebutkan terkait produk aplikasi VPN paling aman yang digembar-gemborkan.

Sebaiknya, kroscek pernyataan tersebut lebih dulu dari pihak ketiga yang memang benar-benar kredibel.

Jika tidak terdapat tinjauan atau ulasan terpercaya yang memberikan pernyataan bahwa klaim tersebut memang benar, maka sebaiknya pilih aplikasi lainnya yang jauh lebih aman.

2. Cermati layanan konsumen yang ditawarkan 

Tips memilih aplikasi VPN yang aman dan terbaik

Sebelum memutuskan untuk mendownload aplikasi VPN yang aman, pastikan untuk meninjau pengembang produk terlebih dahulu.

Cari tahu apakah penyedia layanan cukup memadai dalam memberikan dukungan jika muncul permasalahan saat menggunakan aplikasi terbaik buatan mereka. 

Selain itu, periksa juga apakah developer menawarkan laman chat, FAQ, forum komunitas, atau memberi tanggapan melalui sosial media ketika muncul permasalahan.

3. Cek Syarat dan Ketentuannya 

Jangan sampai lupa untuk mencermati apa saja syarat dan juga ketentuan dari penggunaan aplikasi tersebut, sebelum benar-benar mulai menggunakannya.

Umumnya, developer hanya menyatakan bahwa mereka akan menyimpan sejumlah log data. Misalnya seperti lama koneksi atau bandwith, yang nantinya akan digunakan meningkatkan layanannya.

Jika ada keterangan yang menyebutkan jika pihak developer akan menyimpan riwayat penelusuran kamu di internet, seperti situs yang dikunjungi maupun file yang diunduh. Ada baiknya untuk memilih aplikasi terbaik lainnya. 

Pasalnya, VPN yang aman tidak akan menyimpan informasi milik pengguna apapun jenisnya, bahkan IP address sekalipun.

4. Baca Ulasan Pengguna

 

Tips memilih aplikasi VPN yang aman dan terbaik

Jika masih bingung memilih aplikasi VPN yang aman untuk digunakan coba baca ulasan penggunanya. Salah satunya dengan membaca ulasan ada di laman play store atau di laman resminya.

Dengan membaca ulasan dari pengguna yang telah mendownload aplikasi tersebut, kamu bisa lebih tahu apakah ingin tetap menggunakan layanan yang ditawarkan atau tidak.

5. Pilih aplikasi VPN yang berbayar

Jika ingin menggunakan VPN yang aman dan punya kinerja yang mumpuni, pastikan untuk memilih yang berbayar, ya.

Ini karena pada umumnya aplikasi berbaya akan menawarkan fitur keamanan yang mumpuni. Bahkan, mereka juga menawarkan pengembalian dana ketika fitur keamanan dan privasi yang diberikan tidak terbukti berjalan. 

Misalnya dengan menawarkan fee trial 30 hari bagi pengguna baru untuk mencoba mengetahui apa manfaat dan benefit yang bisa diperoleh.

Sementara, kebanyakan aplikasi gratisan kerap melakukan penyalahgunaan data pribadi pengguna. 

Meskipun tidak semua demikian, karena masih ada beberapa aplikasi gratisan yang aman dan tidak menyimpan riwayat penelusuran pengguna. 

Salah satunya adalah Moove VPN, karena mampu memberikan koneksi internet aman dengan privasi yang terjaga penuh hampir tanpa batasan secara gratis.

Kamu hanya perlu mendownload aplikasinya di PlayStore, lalu mendaftarkan diri dengan email dan mulai login untuk mengaktifkan fitur keamanannya.

Demikian tadi beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih aplikasi VPN yang aman digunakan. 

Pastikan untuk memilih aplikasi terbaik dengan cermat dan benar-benar teliti, agar tidak salah pilih, ya. Semoga membantu!

Catatan Editor

Jangan lupa sebelum memulai aktivitas di internet, pastikan untuk selalu menjaga koneksi jaringan agar lebih aman dengan aplikasi VPN yang aman, salah satunya Moove VPN.

Bukan hanya terjaga privasi dan keamanan data pribadimu, jaringan internet yang digunakan pun juga menjadi lebih lancar dan stabil. 

Bahkan tak perlu takut lagi dengan batasan geografis wilayah, karena bisa digunakan untuk membuka akses dengan domain luar negeri tanpa perlu khawatir.

Aplikasi VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni ini bisa digunakan dengan mudah dan 100% gratis, lho.

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitasmu di internet dengan Moove VPN sekarang juga!

Google Play