Project Tango, Ide Besar Baru dari Google – Andai kata, smartphone Anda menjadi sesuatu yang cukup menjanjikan untuk memahami lingkungan sekitar Anda – ukuran benda, lokasi, ataupun mengetahui siapa yang di dekat Anda, apa yang akan Anda lakukan dengan hal tersebut?

Lenovo, sebagai salah satu produsen teknologi terdepan, akan merilis sebuah smartphone yang mampu melakukannya. Di dalamnya, Lenovo memberikan sebuah software bernama Google Project Tango. Software ini memungkinkan smartphone Anda menjadi lebih baik dalam memahami apa yang ada di sekitar smartphone tersebut.


Tango lets you see more of your world. Just hold up your phone, and watch as virtual objects and information appear on top of your surroundings. So no matter where you are, there’s always a richer, deeper experience to engage with, explore and enjoy. You’ll see. – Google Project Tango

Lenovo & Project Tango dari Google

Smartphone ini akan melacak lokasi dimana Anda dan smartphone tersebut berada melalui fasilitas GPS dan Menara telephone. Tango memodifikasi smartphone untuk mengenali pergerakan dan kontur ruangan yang ada di sekitarnya. Hal ini menjadikan handphone ini menjadi salah satu smartphone yang mampu memetakan keadaan di dalam sebuah ruangan.

BACA JUGA:  10 Quotes Terbaik The Alchemist Tentang Kehidupan

Jika memang sesuai dengan kenyataan, Tango akan mampu membantu manusia dalam segala hal. Orang-orang yang memiliki hobi berbelanja furniture akan mampu memproyeksikan segala model sofa, kursi, ataupun meja makan secara real di rumah mereka.

Kemampuan Tango dalam menciptakan peta internal dari sebuah rumah atau kantor mampu melayani kemampuan semacam ini. Google pun tidak membutuhkan sebuah database seperti yang mereka lakukan pada Google Maps ataupun Street View.

Biar begitu, teknologi ini menimbulkan banyak tanda tanya mengenai privasi dan kerahasiaan dari penggunanya. Kemampuan untuk membuat peta virtual dari sebuah gedung ataupun ruangan akan menjadi sebuah pendukung kejahatan jika jatuh ke tangan yang salah.

Kesuksesan Project Tango cenderung bergantung pada luasnya aplikasi berguna yang dipakai oleh orang-orang dalam kehidupannya sehari-hari. Jika meniliki sejarah, aplikasi yang keluar pertama kali cenderung demonstratif daripada praktis.

Secara umum, Google sudah merilis perangkat Tango yang dilancarkan untuk membangun 100 aplikasi yang akan bekerja dengan ponsel baru Lenovo ini. Sebagai contoh, bulan lalu, google sudah merilis aplikasi yang menunjukkan bentuk dan kontur dari sebuah ruangan.

BACA JUGA:  Google Pagerank Update 2013 Tak Akan Terjadi, Benarkah?

Tak hanya untuk Lenovo, Google justru bersemangat untuk mengembangkan Project Tango ke smartphone lainnya. Namun, tahun ini, Google lebih berfokus pada pada kegiatan partnership dengan Lenovo.

Project Tango berdasarkan pada riset sebelumnya pada dunia robotic dan program antariksa Amerika. Dengan gambaran dan data 3 dimensi, akan membantu membentuk cara pandang orang lain untuk berinteraksi dengan e-commerce, pendidikan, dan gaming.

Artikel ini ditulis oleh Oky Tri Handoko sebagai Penulis Tamu.

TINGGALKAN KOMENTAR