Punya Dua Akun Google+ Yang Sama? Ini Cara Menyatukan Dua Akun Google+ Anda – Google, sebagai raksasa internet dan industri teknologi dunia, memiliki banyak layanan maupun produk gratis yang bisa kita manfaatkan dengan gratis maupun berbayar. Anda mungkin sudah sangat familiar dengan Google Search, Youtube, Google+, Blogspot, Android, hingga Gmail. Ya benar, itu semua adalah produk yang saat ini dikembangkan oleh Google.

Teristimewa Gmail, layanan email gratis ini memungkinkan Anda untuk mengakses seluruh layanan yang dimiliki Google hanya dengan satu akun. Dengan Gmail Anda bisa membuat akun Youtube, log in dan memainkan game serta aplikasi menggunakan Google Play Store di Android, membuat blog dengan Blogspot, memanfaatkan layanan cloud storage dengan Google Drive serta membuat dokumen online, bahkan membuat akun Gmail.

Sejatinya secara default ketika kita membuat email dengan Gmail, kita akan diarahkan untuk melengkapi profil kita yang akan otomatis dibuatkan satu akun Google+ untuk kita. Sedangkan dalam menggunakan email, kita cenderung memiliki lebih dari satu akun email untuk berbagai kepentingan. Misalnya saya sendiri, menggunakan dua akun Gmail yang berbeda untuk kepentingan tugas dan untuk kepentingan blog, akun media sosial, dan sebagainya yang lebih baik dibiarkan terpisah.

Artikel Rekomendasi: Cara Membuat Akun Google+ Page Untuk Blog

Dalam kasus saya sendiri, saya jadinya memiliki dua akun Google+ dari dua email yang berbeda. Nah, ketimbang memiliki dua akun Google+ yang sama, mengapa tidak kita satukan 2 akun Google+ tersebut?

BACA JUGA:  Memperkenalkan Google Sitelinks! Apa itu Google Sitelinks?

Dalam artikel ini saya berusaha memandu Anda untuk mengerti apa saja hal-hal penting yang harus dilakukan untuk menyatukan dua akun Google+ menjadi satu akun saja. Perlu Anda ketahui bahwa email Anda akan tetap dua, tidak terpengaruh sama sekali karena yang akan disatukan hanyalah dua akun Google+ Anda.

Cara Menyatukan Dua Akun Google+

Sebelum merging, hal-hal yang perlu Anda ketahui antara lain:

– Tentukan terlebih dahulu akun mana yang menjadi sumber (source) dan akun mana yang menjadi tujuan (destination). Di akhir merging, akun source akan dipindahkan seluruhnya ke akun destination, sehingga Anda harus menentukan terlebih dahulu mana akun source dan yang mana akun destination.

– Proses merging dua akun Google+ akan memakan waktu sekitar 7 hari. Perlu dicatat bahwa selama proses dalam 7 hari tersebut Anda masih bisa membatalkan prosesnya.

– Selama proses Anda juga memiliki akses terbatas ke akun Google+ Anda.

Sesudah merging, hal-hal yang perlu Anda ketahui antara lain:

Akun destination akan tetap ada dan semua hal dari akun source seperti circles, blocks, dan sebagainya akan dipindahkan ke akun destination. Jika orang-orang di circles Anda sama, dari info pengguna dan username, maka hal itu tidak akan terpengaruh di akun destination Anda nantinya.

BACA JUGA:  7 Website Tertua Ini Sudah Muncul Bahkan Sebelum Google dan Yahoo

Langkah-langkah Menyatukan Dua Akun Google+

1. Setelah Anda menentukan mana akun source dan akun destination, maka silahkan masuk ke Google Takeout dan log in menggunakan akun source Anda.

2. Setelah log in akan tampak gambar seperti di bawah ini:

Scroll ke bagian bawah hingga Anda menemukan bagian yang ditandai seperti gambar di atas. Arahkan ke bagian Google+ Circles dan klik kotak hitam yang ditandai dengan box warna biru. Halaman baru akan terbuka.

3. Setelah itu akan tampak seperti gambar di bawah ini:

Di bagian Source Account akan tertera email source yang tadi Anda gunakan untuk log in. Di sebelah kanan di bagian Destination Account masukkan email Google+ Anda yang ingin Anda jadikan destinasi merging. Google+ di Source Account akan dipindahkan ke Google+ Destination Account. Klik Sign in to this account dan Anda akan diarahkan ke halaman sign in dengan akun destination.

4. Akan tampak gambar seperti di bawah ini setelah Anda sign in dengan akun destination.

BACA JUGA:  8+ Video Youtube yang Paling Banyak Mendapat Dislike

Lakukan verifikasi tentang dua akun tersebut sebelum melanjutkan ke proses berikutnya.

5. Setelah itu lanjutkan ke bagian inti yaitu proses merging atau menyatukan dua akun Google+ dengan menceklis pilihan persetujuan dan klik Transfer.

Dengan begitu, menyatukan dua akun Google+ Anda akan berlangsung selama 7 hari dan Anda akan menerima email dari Google terkait proses menyatukan dua akun Google+ Anda. Ingat bahwa selama masa proses 7 hari tersebut Anda masih bisa merubah keputusan Anda dan membatalkan proses tersebut melalui akun source Anda. Selamat mencoba dan semoga berguna.

8 KOMENTAR

  1. ane nga ketemu kotak hitam yg dimaksud gan waktu ane klik opsi circles di google takeout, lalu ane harus kelik apa dong di keyboard komputer, disitu di circles cuman ada pilihannya
    1 Nilai Dipisahkan koma (CSV)
    2 HTML
    3 Vcard

    nga ada kotak item yg dimaksud gan, disitu palingan disuruh bikin arsip atau sesuaikan format arsip, mohon pencerahannya supaya ketemu kotak hitamnya yg dimaksud, biar bisa menggabungin 2 akun gmail ane

    • Gak ada kotaknya juga gapapa gan, asalkan pilihan Google+ diceklis.
      Setelah itu review lagi gan, jangan sampe semua data diceklis buat dimerge.
      Kalo mau merge Google+ ya pastikan yang diceklis Google+ aja, jangan yang lain juga ikut.

  2. Jadi G+ aja yg di centang Gan, dan Jgn Opsi yg lain, selain Google +, setelah G+ di centang, Opsi selanjutnya apa ya ?

    • Ikuti bagian seterusny aja gan. Atau kalau ada fitur dari Google lain yang agan mau satukan selain Google+ silahkan aja dipilih gan, setelah itu tinggal nunggu proses.

TINGGALKAN KOMENTAR